Penginstalan Filter Kolam Renang

- Friday, January 01, 2016
advertise here
Filter kolam renang adalah part / bagian penting yang harus selalu berfungsi dengan baik pada kolam renang anda. Air kolam renang Anda tidak mungkin akan jernih jika fungsi filtrasinya tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Hasil filtrasi air kolam renang akan selalu sempurna jika kondisi sand filter sebagai penyaring masih mampu berkerja dengan baik.

Oleh karena itu, kita sebagai pemilik kolam renang harus selalu paham dengan komponen komponen penting yang merupakan satu kesatuan pendukung operasional sebuah kolam renang.

Kita perlu tahu berapa lama "waktu ideal" mesin (pompa kolam renang) beroperasi. Jika kapasitas pompa kolam renang anda mampu mensirkulasikan air kolam renang dalam 6 jam, maka Anda paham jika dalam enam jam tersebut kondisi air sudah dalam kondisi bersih jernih dan siap digunakan untuk berenang.

Namun jika kebiasaan sirkulas selam 6 jam ternyata kondisi air kolam renang belum jernih, masih keruh maka anda dituntut untuk curiga kenapa air kolam renang tidak se bening biasanya.

Hal terpenting yang perlu Anda ketahui yaitu tentang spesifikasi pompa kolam renang yang Anda gunakan. Dengan mengetahui spesifikasi, maka kita jadi tahu kemampuan pompa tersebut dalam mensirkulasikan air kolam renang per jam.

Inilah 2 dasar pemikiran untuk menghitung lamanya menghidupkan pompa kolam renang adalah :
  1. Cek spek dan kapasitas pompa kolam renang yang digunakan 
  2. Hitung Kubikasi air kolam renang 
Dengan mengetahui spek dan kubikasi air kolam renang, maka kita bisa mengetahui berapa lama waktu yang ideal untuk mensirkulasi air kolam renang dalam satu putaran. Minimal dalam satu hari, mesin pompa dihidupkan selama satu putaran penuh agar semua air kolam renang dan obat perawatan tersirkulasi merata ke seluruh air kolam renang. Dengan begitu maka kondisi air kolam renang akan tetap terjaga kejernihannya.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mengakibatkan air kolam renang tidak selalu jernih. Diantaranya yaitu:

  • Penambahan Air Tanah : Air kolam renang biasanya mengalami penurunan level air setelah digunakan untuk berenang. Penurunan level air kolam renang disebabkan karena air kolam tersebut tumpah ke luar kolam renang tanpa melewati gutter. Selain itu penurunan level juga bisa terjadi karena faktor penguapan (walaupun sedikit). Air tanah sudah memiliki kandungan kimia tersendiri sehingga air tanah yang masuk ke dalam kolam renang akan mempengaruhi kejernihan air kolam renang.
  • Penambahan Air Hujan : Air hujan yang masuk ke dalam kolam renang dalam jumlah banyak akan mempengaruhi keseimbangan Ph dan Chlorine kolam renang. Hal ini jelas akan mempengaruhi kejernihan air kolam renang.
  • Penumpukan Debu : Debu yang terbawa oleh angin dan masuk ke dalam air kolam renang juga menjadi pemicu air kolam menjadi tidak jernih. 
  • Sampah dan Daun : Jelas sampah dan daun yang masuk ke dalam air kolam renang akan menjadi donatur tetap sebagai pemicu tumbuhnya alga di kolam renang.
  • Fungsi filter yang tidak optimal : Seperti apa yang sudah saya ulas di atas bahwa, tanpa filtrasi yang baik mustahil air kolam renang akan menjadi jernih, bersih dan aman digunakan untuk berenang.  
Sampai di sini saya yakin anda sudah memiliki gambaran tentang penyebab keruh / tidak jernihnya air kolam renang.

Baik saya lanjutkan ya...
Sand Filter Kolam renang

Seiring berjalannya waktu, fungsi filter kolam renang akan mengalami penurunan sehingga cepat atau lambat memerlukan penggantian sand filter.

Penggantian sand filter atau bagian filter lainnya harus segera dilakukan untuk mengembalikan fungsi filterisasi bekerja dengan baik.

Dengan fungsi filter yang optimal sudah barang tentu berpengaruh kepada fungsi kolam renang secara umum, selalu tampak indah, jernih, bersih, nyaman, dan aman untuk digunakan berenang.

Berikut ini adalah video cara penginstalan Filter Kolam renang.



Jika fungsi filterisasi kolam renang anda bermasalah dan tidak bekerja dengan baik, segera lakukan perbaikan atau paling tidak segera dikonsultasikan untuk mengetahui penyebab kerusakan pada system filtrasi kolam renang Anda.

Anda juga bisa menghubungi saya jika menemukan kendala terkait permasalahan pada system filtrasi kolam renang. Dengan senang hati saya/tim saya akan mencoba memberikan informasi dan pelayanan yang terbaik. Demikian ulasan singkat dari saya tentang pengintalan filter kolam renang, semoga bermanfaat untuk Anda.
Advertisement

Add your message to every single people do comment here !

Next Post This Older
 

Start typing and press Enter to search