2 Kategori Perawatan Kolam Renang Rutin, Wajib Anda Ketahui

- Wednesday, March 09, 2016
advertise here
Seiring berjalannya operasional sebuah kolam renang, tentunya akan berbanding lurus dengan jadwal perawatan dan juga biaya perawatan kolam renang tersebut.

Perawatan Kolam renang
Sebuah kewajaran jika para pemilik kolam renang mendapati situasi seperti itu. Hal ini tidak bisa kita hindari karena sebuah mesin kolam renang semakin lama beroperasi, maka beban biaya perawatan dan pola perawatannya kolam renangnya "secara menyeluruhpun" akan mengikuti.

Itulah resiko yang harus dihadapai para pemilik kolam renang untuk bisa tetap menjaga kegunaan dan fungsi kolam renang itu sendiri. Sama halnya mesin kendaraan bermotor, semakin berumur maka biaya perawatannya semakin banyak.

Ada 2 (dua) jenis kelompok kategori perawatan kolam renang yang perlu Anda ketahui. Kedua jenis kelompok kategori perawatan ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten agar kolam renang Anda terjaga keseimbangannya.

Dengan melakukan perawatan rutin, air kolam renang Anda juga akan terkontrol kejernihannya, terpantau kesehatan airnya sehingga kolam renang Anda tidak terhambat operasionalnya secara menyeluruh.

Apa saja kategori jenis perawatan rutin yang harus dilakukan?

Kelompok kategori jenis perawatan kolam renang yaitu kategori perawatan yang dilakukan tanpa menggunakan chemical dan kategori kelompok perawatan yang menggunakan Chemical.

Mari kita lihat lebih rinci tentang kelompok perawatan tersebut:

Perawatan Kolam Renang Tanpa Chemical

Kelompok kategori perawatan yang bisa dilakukan tanpa menggunakan chemical yang saya maksud adalah kegiatan pembersihan di area kolam renang diantaranya seperti:
  • Pembersihan Area kolam renang dari daun daun menggunakan serokan : Dengan menyempatkan waktu secara rutin melakukan kegiatan ini, maka secara tidak langsung Anda juga sedang menghambat tumbuhnya lumut di kolam renang. Perlu diketahui bahwa endapan daun yang terhenti lama di dasar kolam renang merupakan salah satu pemicu tumbuhnya lumut.
  • Pembersihan / Penyikatan bibir kolam / gutter secara manual : Dengan membersihkan bibir kolam dan gutter secara rutin bisa menghambat pertumbuhan alga. Selain itu dengan kondisi got yang selalu bersih maka secara tidak langsung akan meringankan kerja filter kolam renang. Got kolam renang merupakan saluran yang berperan untuk menampung limpahan air kolam renang dan mengalirkannya menuju balancing tank selanjutnya akan masuk filter dan dialirkan kembali ke dalam kolam renang.
  • Pembersihan area balancing tank : Membersihkan area balancing tank dengan rutin juga akan membantu kerja filter dan jelas sangat membatu tetap terjaganya kejernihan air kolam renang.
  • Pembersihan ruang mesin kolam renang : Membersihkan ruang mesin kolam renang secara rutin sangat bermanfaat untuk tetap menjaga kebersihan area mesin. Selain itu dengan area mesin yang selalu bersih secara tidak langsung juga ikut menjaga fungi dan kegunaan valve handle.
  • Pembersihan peralatan peralatan kolam renang (mesin kolam, filter kolam, sikat, vacuum, dll) : Rutinitas membersihkan peralatan pembersih kolam renang sangat baik dilakukan untuk menjaga keawetan peralatan tersebut
Dengan melakukan perawatan rutin terhadap item item tersebut di atas, sudah jelas sangat bermanfaat dan juga membantu memperingan tugas perawatan yang menggunakan chemical.

Perawatan Kolam Renang Menggunakan Chemical

Kelompok kategori perawatan kolam renang yang dilakukan menggunakan chemical yang saya maksud adalah perawatan kualitas air kolam renang.

Cepat atau lambat air kolam renang akan berubah warna. Air kolam renang bisa berubah warna menjadi kehijauan, keruh, berkabut, tidak jernih. Perubahan warna air tersebut bisa diakibatkan karena cuaca ataupun bisa karena dampak dari endapan kotoran yang lama tidak dibersihkan.

Sudah barang pasti jika kita mendapati perubahan warna air kolam renang, itu karena dampak dari komposisi PH dan Chlorine yang tidak stabil.

Jika hal tersebut terjadi, maka anda wajib melakukan penjernihan / pembeningan kolam renang dan mengembalikan kadar PH dan Chlorine pada posisi seimbang.

Kunci dari perawatan air kolam renang yang berlumut, berwarna Hijau, kekuningan, berkabut dll

Semua permasalahan air kolam renang Anda akan terselesaikan dengan baik jika kita pemilik kolam renang dan atau perawat kolam renang mampu menjaga keseimbangan PH air kolam renang di rentang 7,2 - 7,6ppm pada skala test kit.

Begitu juga dengan kadar Chlorine, Residual Chlorine yang ideal untuk air kolam renang adalah 1,0 – 1,5 ppm.

Jadi masalah air kolam renang yang berlumut kehijauan, kekuningan, berkabut akan terselesaikan jika kada ph dan klorin nya terjaga pada ukuran ideal pada skala test kit.

Ini Contoh Video Cara Penjernihan Air Kolam Renang Yang berwarna Hijau




Ini Contoh Video Pengecekan kadar Chlorine dan PH air kolam renang dengan kondisi air sudah sangat Jernih



Demikian ulasan singkat tentang jenis perawatan yang menggunakan chemical yang saya maksud.
Untuk menghemat beban biaya perawatan sebuah kolam renang, sebaiknya pemilik ikut andil dalam melakukan kebersihan lingkungan kolam renang.

Melakukan kegiatan kebersihan lingkungan secara tidak langsung juga akan berdampak kepada biaya perawatan. Lingkungan kolam yang bersih akan menghambat tumbuhnya alga/lumut sehingga dengan terhambatnya lumut akan menekan penggunakaan chemical perawatan kolam renang.

Akan tetapi ....

Jika anda tidak memiliki waktu untuk melakukan kegiatan perawatan kolam renang.
Jika anda tidak memiliki keahlian merawat kolam renang.
Jika anda tidak ingin fokus anda terganggu gara gara kolam renang.
Jika anda tidak ingin report dengan urusan kolam renang, tetapi anda ingin tahu dan memastikan kolam renang anda tetap terus terjaga.

Anda bisa menggunakan jasa profesional perusahaan kontraktor kolam renang yang juga melayanai jasa perawatan kolam renang. Demikian artikel singkat dari saya tentang tips perawatan kolam renang rutin dengan dan tanpa obat obatan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Advertisement

Add your message to every single people do comment here !

 

Start typing and press Enter to search