3 Poin Penting dalam Proses Pembesian Kolam Renang

- Wednesday, May 10, 2017
Pekerjaan pembesian kolam renang merupakan sebuah proses yang tidak bisa dipisahakan dalam tahap pembangunan kolam renang. Pembangunan kolam renang tidak akan sukses berjalan tanpa adanya proses pembesian.

Pekerjaan pembesian umumnya dilakukan ketika lahan tempat pembangunan kolam renang sudah melalui beberapa tahap diantaranya, telah dilakukan pembowplangan, juga sudah dilakukan proses penggalian lahan yang akan dibuat untuk kolam renang.

Karena pekerjaan pembesian merupakan pekerjaan struktur, maka proses pembesian harus dilakukan dengan sempurna sehingga bisa menghasilkan struktur kolam renang yang tidak diragukan kekuatannya.

Berapapun ukuran kolam renang Anda, baik itu kolam renang pribadi ataupun kolam renang komersial jika sudah ngomongin tentang struktur kolam renang, wajib hukumnya untuk dikerjakan dengan standard yang benar. Kita harus perhatikan bagaimana seharusnya aplikasi terhadap pembesian sloof kolom, kolom kolam, lantai dan juga pembesian pada dinding kolam renang.

Kemudian bagaimana pembesian untuk kontur tanah yang miring, bagaimana perlakukan pembuatan struktur kolam renang jika lokasi tanah tidak stabil. Ini merupakan catatan penting yang perlu Anda ketahui sebelum masuk ke tahapan pembangunan kolam selanjutnya.

Yang terpenting jika Anda ingin membangun kolam renang, jangan pernah terbesit untuk menekan anggaran biaya pembuaan kolam renang, sehingga Anda nekat mengurangi spek penulangan / struktur kolam renang. Jika struktur kolam renang sudah dikerjakan dengan standar yang baik, kemudian proses waterproofing juga menggunakan material dan cara aplikasi yang benar, maka kecil kemungkinan kolam renang Anda akan mengalami kebocoran di kemudian hari.

Pada prinsipnya garansi kolam renang yang vital terletak pada garansi struktur. Umumnya struktur kolam renang yang bagus, mampu bertahan lebih dari 10 tahun diluar (external cause) seperti gempa bumi, tsunami, kebakaran dan lain sebagainya.

Catatan Penting Terkait Proses Pembesian Kolam Renang

Seperti yang sudah saya tulis di atas bahwa proses pembesian merupakan bagian dari pekerjaan struktur maka kita harus teliti dan hati-hati dalam mengerjakannya.

Proses Pembesian Kolam Renang


Berikut di bawah ini adalah beberapa poin / catatan penting ketika kita akan melakukan pekerjaan pembesian khususnya pembesian tulangan.

Diantarannya yaitu:
  1. Besi harus bebas dari kotoran terlebih minyak : Ini menjadi sangat penting karena jika besi dalam kondisi berminyak akan mengakibatkan melemahnya daya rekat beton. Dengan kondisi seperti ini maka ada potensi struktur kolam renang kita tidak sesuai dengan harapan.
  2.  Peletakan tulangan pembesian harus diatur sehingga ada space / ruang yang tersedia untuk proses pemadatan beton.
  3. Jika ada besi yang disambung maka harus ada overlapping yang sesuai perhitungan atau spesifikasi teknis
Dari tiga catatan di atas intinya kita harus mengerjakan pekerjaan pembesian dengan ketelitian dan kehati-hatian untuk menghindari hasil struktur yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Sebagai tambahan referensi untuk Anda, berikut ini adalah salah satu contoh proses pembesian kolam renang yang dikerjakan oleh tim Dimulti Pool. Menurut sumber bahwa video proses pembesian kolam renang tersebut merupakan dokumentasi pribadi yang diambil pada saat mengerjakan proyek pembuatan kolam renang di salah satu customernya tepatnya di wilayah Jakarta selatan.

Dalam video tersebut kita bisa melihat aplikasi pembesian kolam renang yang memberikan besi lapis dua khususnya yang diperuntukkan untuk lantai kolam renang. Ini bisa menjadi value added bagi Anda yang akan membangun kolam renang. 


Silahkan hubungi 021 8430 5011 ext 22 jika anda memerlukan konsultasi dan membutuhkan bantuan terkait proses pembesian untuk kolam renang Anda.

Mohon  maaf jika artikel ini jauh dari sempurna. Namun, saya berharap semoga artikel singkat tentang proses pembesian ini bisa menjadi rujukan anda dalam melakukan pembangunan kolam renang.
 

[ Komentar harus pinter !!! ] - Silahkan berkomentar yang sopan, baik dan sesuai dengan konten artikel yang dibahas, agar komentar Anda kami publish !!!

 

Start typing and press Enter to search