4 unsur ini bisa memperindah kolam renang di rumah Anda

- Thursday, November 15, 2018
advertise here
Saya yakin jika kolam renang pribadi dirawat dengan rutin akan menghasilkan linkungan kolam renang yang bersih, air kolam renang yang jernih dan sehat buat berenang keluarga. Sayangnya dengan berjalannya waktu, kadang-kadang lingkungan yang bersih, air yang jernih saja tidak cukup. Rasa-rasanya seperti ada kebosanan yang hinggap dibenak kita.
Memperindah kolam renang
Bahkan kita berfikir, apakah ini waktu yang tepat untuk merenovasi total kolam renang kita? ....

Jika Anda memiliki rasa bosan itu,,,,

Jangan terburu-buru untuk melakukan renovasi kolam renang, jika Anda sedang dihinggapi rasa jenuh dengan tampilan kolam renang lama Anda. Ada beberapa cara untuk mengusir rasa jenuh tersebut, dengan budget yang jauh di bawah budget renovasi kolam renang.

 Simak ulasan artikel saya, terkait beberapa unsur yang bisa memperindah kolam renang di rumah Anda. Mudah mudahan dengan mengaplikasikan unsur-unsur yang saya jelaskan nanti bisa menjadi penawar rasa jenuh Anda.

4 unsur untuk memperindah kolam renang di rumah Anda 

Gambar lampu Kolam Renang indahRutinitas kerja yang kita lakukan kadang memaksa kita menjadi cepat lelah. Melepas penat dengan bersantai di lingkungan rumah kini sudah menjadi kebutuhan. Alangkah indahnya jika kita bisa melepas lelah sembari duduk-duduk di tepian kolam renang.

Namun hal ini sulit Anda dapatkan jika Anda sudah bosan dengan suasana kolam renang Anda. Saya akan berbagi masukan untuk Anda terkait beberapa unsur yang bisa memperindah kolam renang di rumah Anda.

Yukk kita mulai....

1. Coba mengganti / menambahkan lampu underwater kolam renang.

Cara pertama untuk mengusir kejenuhan suasana lama yaitu dengan mengganti atau menambahkan lampu LED underwater. Kolam renang Anda akan nampak menjadi lebih indah bukan saja karena pencahayaan di lingkungan kolam renang. Pencahayaan dari dalam kolam renang juga semakin menambah keindahan kolam renang. Terlebih pada malam hari.

Gambar lampu Kolam RenangKita bisa memilih dan menyesuaikan dengan suasana linkungan kolam renang dan juga dengan selera kita. Pencahayaan yang populer untuk LED underwater yaitu yang berwarna kekuningan, warna putih dan warna biru.

Bandingkan dan rasakan suasana kolam renang Anda setelah lampu LED underwater tersebut terpasang. Sepulang bekerja cobalah untuk bersantai sejenak bersama keluarga di tepian kolam renang di rumah Anda. Mudah-mudahan dengan penambahan pencahayaan dari lampu underwater ini mampu mengusir rasa bosan Anda.

Namun jika dengan penambahan unsur pencahayaan ini masih belum mampu mengusir kebosanan Anda, maka cobalah unsur yang ke dua yaitu

2. Peremajaan decking dan plasa kolam renang

Jika kolam renang Anda belum terpasang decking, coba aplikasikan seni decking untuk kolam renang Anda. Banyak material yang bisa digunakan sebagai decking kolam renang diantaranya:
  • Wood Plastic Composite (WPC) : Bentuknya seperti kayu karena memang bahan yang digunakan masih menggunakan serbuk kayu dan campuran plastik. Decking jenis WPC ini sangat cocok untuk kolam renang outdoor. Walaupun produk ini tergolong baru, namun ternyata cukup disambut baik di pasar Indonesia. Produk WPC ini tergolong produk ramah lingkungan yang kuat, tahan lumut dan anti rayap.
  • Kayu Solid: Material ini juga bisa Anda gunakan sebagai media untuk decking kolam renang. Menggunakan kayu solid sudah pasti terlihat lebih elegan dan mewah. Banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk decking kolam renang seperti: Kayu ulin, kayu bengkirei, Decking kayu Merbau, Decking kayu Keruing. Anda tinggal menyesuaikan dengan design lingkungan untuk menentukan kayu jenis apa yang akan Anda gunakan. 
decking wood plastic composite (WPC) kolam renang-min
Selain material WPC dan Kayu, material yang sangat populer untuk dijadikan plasa (tepian) kolam renang yaitu material batu alam. Banyak sekali jenis batu alam yang bisa Anda gunakan untuk menutup plasa tepian kolam renang Anda. Ada batu Andesit, paras jogja, batu basalto, dan lain sebagainya.


Sesuaikan kebutuhan Anda untuk merubah / menambahkan decking pada kolam renang Anda. Pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan lingkungan kolam renang (existing), sehingga penambahan seni decking ini semakin menambah keindahan kolam renang Anda.

Mudah-mudahan dengan melakukan peremajaan pada decking/plasa ataupun bibir tepian kolam renang Anda, rasa bosan bisa terusir. Jika dengan mengaplikasikan dua tips di atas Anda masih merasa jenuh, coba ikuti tips yang ketiga yaitu:

3. Penambahan taman kecil di tepian kolam renang

Menambahkan taman kecil di tepian kolam renang akan menimbulkan suasana sejuk di area kolam renang tersebut. Gunakanlah tanaman-tanaman kecil yang bisa berbunga agar nuansa indah dan kehijauan tetap bisa dipertahankan.

Banyak pilihan jenis tanaman hias / tanaman bunga yang bisa digunakan untuk menambah keindahan tepian kolam renang Anda.  Anda bisa menambahkan bambu Jepang untuk meningkatkan kesan kehijauan di tepian kolam renang. Tanaman hias bambu jepang ini, bisa tumbuh dengan baik di Indonesia selama media yang digunakan selalu tergenang air.

Gabungkan dengan tanaman berbunga lainya seperti bunga matahari, aster, kenanga anggrek dan lain sebagainya. Bagi Anda yang memiliki anggaran berlebih, Anda juga bisa meletakkan beberapa bonsai di tepian kolam renang Anda. Penambahan bonsai akan semakin menambah kesan kemewahan di linkungan kolam renang Anda.

Jika Anda kesulitan bagaimana mendesain taman kecil di tepian kolam renang, Anda bisa menggunakan jasa profesional untuk berkonsultasi ataupun menggunakan jasa mereka untuk membuatkan taman kecil tersebut.

Mudah- mudahan rasa bosan Anda dengan suasana lama kolam renang di rumah bisa terobati dengan menambahkan taman kecil ini. Namun jika belum juga terusir rasa bosanya, coba anda tambahkan unsur yang ke empat untuk memperindah kolam renang Anda yaitu:

4. Peremajaan Handrailing dan Tangga kolam renang. 

Sebagian orang menganggap penambahan handrailing dan tangga kolam renang merupakan hal yang biasa. Pada kenyataanya jika kita menggunakan handrailing dan tangga dengan desain dan material yang bagus bisa menjadi unsur yang memperindah kolam renang.

Singkatnya, coba Anda seragamkan material handrailing dan tangga kolam renangnya menggunakan bahan stainless steel grade 304. Bahan stainless ini bahan yang kuat terhadap korosi. Artinya tangga dan handrainling yang muncul di sekitan kolam renang akan selalu bersih mengkilat. Ini akan menambah kesan keindahan dan kemewahan pada kolam renang Anda.
Anda bisa melihat contoh desain handrailing dan tangga di sini.

Sesuaikan desain tangga dan handrailingnya dengan desain kolam renang Anda. Lihat juga kebutuhannya. Walaupun menggunakan material yang bisa berkesan kemewahan namun jika berlebihan justru akan mengurangi keindahan dan fungsi kolam renang secara keseluruhan.

Jika kolam renang Anda tidak terlalu luas, mungkin hanya membutuhkan satu handrailing dan satu tangga sebagai sarana keluar masuk kolam renang.

Demikian ulasan singkat saya tentang 4 unsur yang bisa memperindah kolam renang di rumah Anda. semoga bermanfaat. Thanks !

Advertisement

Add your message to every single people do comment here !

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search