3 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Instalasi Lampu Kolam Renang

- Wednesday, January 23, 2019
Lampu kolam renang diyakini bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi pemilik properti kolam renang. Selain bisa mempercantik area kolam renang pada malam hari, penambahan lampu di sekitar kolam renang juga mampu menciptakan suasana yang lebih hidup. Instalasi lampu kolam renang yang baik dan benart juga bisa menambahkan rasa aman di area kolam renang.

Penekanan cahaya pada spot tertentu dalam area kolam renang disinyalir bisa menciptakan mood dan hasrat berenang lebih baik. Warna cahaya berpengaruh terhadap kinerja seseoran.

Menurut informasi yang didapatkan oleh tim BK (buatkolam.com), cahaya yang paling bagus adalah putih, karena cahaya putih bisa memberikan efek yang lebih segar, terlebih jika Anda baru tiba dari kantor. Jika cahaya lampu kuning, disinyalir bisa membuat seseorang kurang bersemangat.


Warna biru umumnya memberi efek menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi dan migraine. Warna biru juga bisa memberikan kesan profesional dan kepercayaan diri.

Biru diyakini bisa merangsang kemampuan berkomunikasi, ekpresi artistic dan juga sebagai simbol kekuatan. Menurut goodminds, bahwa warna biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih kemudian untuk warna biru muda diyakini mempu untuk membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kosentrasi.

Lampu kolam renang yang paling banyak digunakan oleh pemilik kolam renang diantaranya yaitu: berwarna putih, kuning dan biru. Jadi Anda yang sedang berencana untuk melakukan instalasi lampu kolam renang bisa memilih dan menyesuaikan warna lampu apa yang sesuai dengan selera Anda.

Sebaiknya acuan / dasar dalam memilih lampu kolam renang, selain masalah selera juga perlu mempertimbangkan bagaimana kondisi lingkungan di area kolam renang Anda. Jadi aspek lingkungan harus tetap diperhatikan agar penambahan lampu kolam renang bisa memberika nilai tambah dan tidak merusak estetika lingkungan.

3 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Instalasi Lampu Kolam Renang


Ada  tiga hal yang wajib diperhatikan dan disiapkan dalam pemasangan atau instalasi lampu kolam renang diantaranya yaitu:

1. Cara Penyambungan  Kabel

Lampu kolam renang umumnya yang memiliki ukuran voltase 12v dan 24v. Dengan ukuran voltase tersebut terbilang aman bagi manusia. JIka dalam proses instalasi lampu kolam renang sudah dilakukan dengan benar, maka Anda tidak perlu cemas jika berenang dalam kondisi lampu menyala terkena sengatan arus listrik.

Perhatikan masalah jenis kabel. Dalam instalasi lampu kolam renang sebaiknya kabel yang dipergunkan menyesuaikan dengan ukuran watt lampu yang akan digunakan, paling tidak minimal kabel yang digunakan memiliki diameter 1,5 mm.

Sambungan kabel harus dibuat seaman mungkin dari kebocoran arus listrik, dalam penyambungan kabel diusahkan menggunakan isolasi yang khusus dipergunakan di dalam tanah ataupun yang digunakan di dalam air.

Titik sambungan harus diusahakan berada di luar kolam renang, selain untuk mempermudah dalam melakukan perbaikan (bila ada masalah dalam sambungan), titik sambungan kabel di luar kolam renang juga merupakan tindakan preventif agar sambungan tersebut tidak terkena air kolam renang secara langsung.

Namun, jika ada faktor lain yang mengharuskan kita untuk menyambung di dalam air, pastikan bahwa kita menggunakan isolasi yang khusus diperuntukan untuk sambungan kabel  di dalam air.

Kemudian perlu diperhatikan juga mengenai jalur instalasinya. Untuk jalur instalasi lampu kolam renang sebaiknya kabel di pasang setelah kolam dilakukan waterproofing .

Untuk jalur instalasi kabel, sebaiknya di rangkai dari arah titik lampu yang sudah ditentukan kemudian di arahkan ke atas menuju bibir kolam. Selanjutnya keluar dari kolam, baru dilakukan penyambungan. Seperti apa yang sudah saya ulas di atas bahwa penyambungan dilakukan di luar kolam renang agar menghindari kebocoran arus listrik.

Jika jalur instalasi lampu kolam renang di tembuskan ke beton kolam renang, Anda harus pastikan bahwa air tidak akan bocor melalui lubang kabel. Sudah banyak kasus kolam renang bocor yang disebabkan karena kurang tepatnya dalam penarikan instalasi, sehingga air kolam renang bocor melalui jalur kabel.

Menurut saya, kabel yang digunakan dalam instalasi lampu kolam renang sebaiknya menggunakan kabel jenis NYY warna hitam. Karena kabel jenis ini aman untuk ditanam di tanah ataupun di beton. Agar kabel terlindung dari benturan atau goresan, gunakan pipa pelindung.

Hal kedua yang harus diperhatikan yaitu:

2. Trafo

trafo kolam renang
Secara umum Trafo (transformator) adalah sebuah alat untuk menaikkan atau menurunkan tegangan AC. Sama halnya trafo lampu kolam renang. Trafo kolam renang juga berfungi untuk menurunkan tegangan listrik 220V menjadi 12V AC atau 24V AC. Dengan tegangan yang sudah diturunkan  tersebut maka sudah aman untuk manusia. Agar keaman bener-benar terjamin trafo harus dilengkapi dengan  fuse.

Pemasangan fuse memiliki tujuan, jika terjadi kerusakan pada jalur lampu ataupun cover lampu ke masukan air kemudian mengalami korsleting / hubungan arus pendek, maka fuse akan memutus aliran listrik yang menuju lampu tersebut.

Sebaiknya ukuran trafo juga disesuaikan dengan kebutuhan lampu yang akan dipasang. Pemasangan trafo ini idealnya tidak terlalu jauh dari titik lampu. Jika anda memasang trafo terlalu jauh dari titik lampu pasti akan mengurangi keterangan dari lampu tersebut.

Kemudian hal yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah.

3. Panel Lampu

Box panel lampu kolam renang
Agar rangkaian lampu kolam renang aman dan juga rapi buatlah panel lampu. Dengan adanya panel lampu akan mempermudah anda dalam pengoprasian lampu. Bicara mengenai panel pasti anda akan membutuhkan yang namanya Box panel.

Dalam box panel tersebut, Anda bisa menambahkan beberapa komponen seperti  kontaktor, saklar dan juga timer untuk mengatur ritme nyala lampu kolam renang. Pemasangan box panel dapat dipasang di dalam ruang pompa kolam renang ataupun di luar ruang mesin. Box panel harus dipastikan  terpasang di tempat yang aman dari air hujan dan juga percikan air kolam renang.

Apabila tiga hal yang wajib diketahui dan disiapkan ketika Anda memasang lampu kolam renang. Jika dari ketiga hal tersebut sudah dipenuhi, InsyaAlloh instalasi okay dan aman untuk berenang pada saat lampu dalam kondisi menyala.

Demikian ulasan singkat saya mengenai instalasi lampu kolam renang semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini dikirim oleh Pak Aris dan diedit oleh admin untuk buatkolam.com. Anda bisa bisa berinteraksi langsung dengan Pak Aris dengan meninggalkan komentar melalui form komentar di bawah ini 

 

Start typing and press Enter to search