Cara Menjernihkan Kolam Renang Berwarna Hijau yang Paling Praktis

- Thursday, January 24, 2019
advertise here
Idealnya kolam renang harus selalu dalam kondisi jernih dan sehat buat berenang. Faktanya kita sebagai pemilik kolam renang sering menjumpai air kolam renang kita berwarna hijau. Atas dasar situasi perubahan warna air kolam renang tersebut akhirnya tim BK mengulas tentang cara paling praktis untuk menjernihkan kolam renang berwarna hijau.

Sebelum sampai kepada tutorial tentang cara menjernihkannya, alangkah baiknya kita juga mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan air kolam renang berubah warna menjadi hijau atau bening tetapi kehijauan.

3 faktor utama penyebab air kolam renang berwarna hijau

1. Penyebab yang datang dari lingkungan kolam renang


Faktor lingkungan sangat berperan dalam memberikan andil untuk merubah warna air kolam renang menjadi kehijaun. Faktor faktor tersebut diantaranya yaitu:

+ Penambahan air sumur :

Untuk kolam renang jenis skimmer, yang dikondisikan tidak memiliki balancing tank (bak penampungan air) maka level air kolam renang akan sering turun terlebih setelah digunakan untuk berenang. Penambahan air sumur menjadi alternatif untuk mengembalikan level air kolam renang ke posisi normal. Dengan penambahan air sumur maka bisa mengakibatkan air kolam renang berkabut dan juga menjadi penyebab air kolam renang berwarna hijau. 

+ Penambahan air hujan :

 Air hujan sebenarnya tidak jahat untuk kolam renang, bahkan air hujan memiliki kandungan kadar Ph yang juga dibutuhkan oleh kolam renang. Akan tetapi, penambahan air hujan menjadi kurang baik ketika kadar chlorine dalam kolam renang tidak dalam kondisi yang ideal. Jika kadar klorin rendah di dalam kolam renang, maka penambahan air hujan akan mengakibatkan air kolam renang berwarna hijau.

+ Penumpukan debu :

Penumpukan debu yang paling berdampak untuk kolam renang jenis skimmer. Tidak adanya pembuangan pada kolam renang jenis skimmer ini, maka otomati berpotensi terjadinya penumpukan debu. Penumpukan debu yang terjadi di kolam renang akan memicul tumbuhnya alga. Tumbuhnya alga akan mempengaruhi air kolam renang berwarna hijau.

+ Sampah daun : 

Tanaman bunga dan atau tumbuhan yang sengaja dipeliharan di tepian kolam renang jika tidak dirawat dengan baik juga akan mengakibatkan air kolam renang berwarna hijau. Selain itu tumbuhan yang rantingnya menjorok ke bagian atas kolam renang juga akan memicu tumbuhnya lumut di tepian kolam renang.

Itulah 4 faktor lingkungan yang menjadi penyebab air kolam renang berwarna hijau.

2. Penyebab yang datang dari faktor sistem mekanikal / system filtrasi kolam renang


+ Mesin Kolam Renang:

Jika kolam renang Anda menggunakan mesin pompa yang kapasitasnya tidak sesuai dengan jumlah volume air kolam renang, maka sirkulasi air menjadi tidak optimal. Dengan sirkulasi yang tidak maksimal, maka setiap pemberian chemikal / obat perawatan kolam renang menjadi lama / bahkan sulit merata ke seluruh air kolam renang. Dengan begitu dampak dari obat perawatan tersebut tidak merata maksimal sehingga menjadi pemicu air kolam renang berwarna hijau.

+ Tabung Filter :

Tidak jauh berbeda dengan pompa kolam renang. Tabung filter memiliki fungsi untuk menyaring kotoran pada kolam renang. Jika Anda menggunakan tabung filter yang ukurannya tidak sesuai dengan ukuran kolam renang, maka kotoran tidak tersaring dengan optimal dengan begitu kotoran yang tidak tersaring dengan sempurna akan kembali masuk ke dalam kolam renang melalui inlet fitting.

Dengan kondisi tersebut maka akan memicu air kolam renang berwarna hijau. Jadi sebaiknya gunakanlah pompa dan filter sesuai dengan kebutuhan kolam renang Anda. Sesuaikan ukuran dan kapasitasnya sehingga system filtrasi bisa berjalan maksimal.

+ Penggumpalan pasir silica :

Kondisi pasir silica yang sudah menggumpal maka akan berpengaruh terhadap kerja filter. Filter tidak akan mampu menyaring kotoran dengan baik. Pasir silica memiliki peran yang sangat penting untuk menyaring kotoran dan partikel kecil dalam air kolam renang. Akibat hal tersebut maka akan berdampak terhadap air kolam renang berwarna hijau.

Jika filter Anda menggunakan media penyaringan pasir silica, sebaiknya Anda perlu melakukan penggantian secara berkala agar sistem filtrasi kolam renang tetap maksimal. Dengan maksimalnya system filtrasi maka potensi air kolam berubah warna menjadi kehijauan bisa diminimalisir.

+ Vacuum kolam renang tidak lancar

Apabila vacuum kolam renang tidak lancar / mampet / tersumbat maka kolam renang tidak bisa dibersihkan. Jika kolam renang tidak bisa dibersihkan menggunakan vacuum yang sudah terintegrasi sudah bisa dipastikan air kolam renang dengan sangat mudah akan berubah warna kehijauan.

3. Penyebab yang datang dari faktor chemical / obat-obatan kolam 


Kolam renang konvensional tidak mungkin terleas dari kegiatan treatment / perawatan menggunakan chemical perawatan. Pemberian chemical yang kuran ataupun pemberian chemical tertentu yang berlebihan bisa berdampak terhadap perubahan warna air kolam renang Anda.

Berikut di bawah ini jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan air kolam renang berwarna hijau:

+ Pemberian granular kurang :

Pada saat melakukan perawatan kolam renang, perawat terlalu sedikit dalam memberikan granular. Dengan kurangnya pemberian granular / chlorine pada kolam renang, bisa menyebabkan dinding kolam renang cepat berlumut dan keruh. Dengan begitu, air kolam renang berpotensi akan terlihat  kehijauan.

+ Berlebihan menggunakan soda ash :

Ketika kondisi air kolam renang memiliki kadar chlorine rendah, Maka umumnya perawat kolam renang akan menambahkan soda ash dengan tujuan untuk meningkatkan kadar klorin agar seimbang. Akan tetapi jika penambahan soda ash tersebut berlebihan maka yang terjadi bahwa air kolam akan berubah menjadi putih keruh seperti susu. Sebaiknya, tes kadar klorinya terlebih dahulu dengan cermat, baru kemudian baru memutuskan chemical apa yang perlu diberikan dan berapa kira-kira porsi / ukuran untuk kondisi kolam tersebut.

Cara Menjernihkan Kolam Renang Berwarna Hijau

menjernihkan kolam renang berwarna hijauCara ini hanya bisa diterapkan untuk kolam renang konvensional yang perawatannya masih menggunakan chemical. Tentunya tidak berlaku ubntuk kolam renang yang sudah terinstal salt chlorinator (kolam renang garam)

Yang terpenting dalam pemberian chemical ini, kita harus memperhatikan takarannya. Pemberian chemical tidak boleh terlalu sedikit atau juga terlalu banyak. Seperti yang sudah saya ulas di atas pemberian chemical yang tidak sesuai takaran justru membuat kondisi kolam bertambah buruk.

Berikut adalah cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau dengan pemberian chemical.

Menjernihkan kolam renang berwarna hijau [ Untuk Kolam renang skimmer ]

Pertama, masukkan kaporit 60% kedalam saluran skimmer. Kaporit yang dimasukkan harus sesuai takaran dan kondisi kolam. Saat pemberian kaporit, usahakan saluran skimmer dan maindrain dalam keadaan terbuka. Dan sebelum melakukan proses ini, pastikan bahwa mesin tetap dalam kondisi dinyalakan dan posisi handle multi valve berada pada posisi recirculation.

Setelah kaporit sudah tercampur, kemudian masukkan trussi yang telah dicairkan. Setelah itu, masukkan PAC, soda ash, dan tawas ke dalam kolam renang . Jarak waktu dalam pemberian chemical antara chemical satu dengan chemical lainnya masing masing sekitar 10 menitan.

Jika obat sudah tercampur, nyalakan mesin selama kurang lebih 2 jam. Kemudian dimatikan dan lihat reaksi nya. Apabila kondisi reaksi chemical sudah dalam keadaan mau mengendap, matikan mesin  untuk selanjutnya tinggal melakukan proses vacuum jika kotoran sudah terlihat mengendap sumua.

Jika air sudah jernih tambahkan granular 90% sesuai dengan takaran, dan nyalakan mesin selama 8 jam. Tujuannya supaya chlorine dapat mengikat air dan meatikan seluruh kuman-kuman. Dan juga, jangan lupa untuk mengecek kadar pH dan chlorine dalam air. Jika pH 7,2 – 7,6 ppm berarti air sudah ideal, sehingga air kolam renang sudah bersih dan jernih siap untuk digunakan.  Itulah cara menjernihkan kolam renang berwarna hijau yang tim BK dapatkan dari sumber ini.

Menjernihkan air kolam renang berwarna hijau [ Untuk Kolam Renang Overflow ]

Adua dua kemungkinan jenis warna hijau yang bisa kita jumpai. Pertama air kolam renang berwarna hijau lumut / hijau pekat dan yang satu lagi adalah air kolam renang berwarna hijau bening.

Oleh karena itu tim BK akan mencoba mengurai satu persatu bagaimana mengatasi perubahan kedua warna hijau tersebut. Langsung saja kita simak

Menjernihkan kolam renang berwarna hijau lumut



Menjernihakan kolam renang berwarna hijau lumut tidaklah begitu merepotkan bagi orang yang terbiasa melakukan perawatan kolam renang. Ini menjadi merepotkan ketika yang akan melakukan pembeningan adalah Anda yang tidak pernah sama sekali melakukan perawatan dan treatmen air kolam renang.

Kondisi warna air kolam renang berwarna hijau pekat bisa dipastikan bahwa kolam renang Anda kekurangan Chemical.

Sebelum Anda memulai pemberian chemical alangkah baiknya bersihkan area kolam renang dan dinding dalam kolam renang Anda, menggunakan sikat kolam renang. Setelah dirasa cukup dalam menyikat semua bagian dinding kolam renang, lakukanlah tindakan vacuum. Pekerjaan ini bertujuan untuk mengangkat lumut dan alga yang tumbuh atau menempel pada keramik / mozaik kolam renang bisa terangkat ke permukaaan.

Jika Anda rela melakukan pekerjaan ini, maka kebutuhan chemical terkait untuk treatmen juga tidak terlalu banyak. Selain itu jika kita tidak menyikat dinding kolam renang, chemical tidak akan mampu mengangkat lumut yang sudah melekat di area dinding kolam dengan sempurna.

Setelah itu, berikan chemical yang berupa granular 90% kedalam kolam renang anda. Sesuaikan pemberian chemical tersebut dengan luas kolam renang Anda. Selain itu lihat juga tingkat kerusakan air kolam renang tersebut. Jika dirasa perlu, Anda bisa menambahkan soda ash secukupnya.

Kemudian sirkulasikan air kolam renang lebih lama dari biasanya, dengan tujuan agar penambahan chemical tersebut cepat merata ke seluruh air kolam.

Menjernihkan kolam renang berwarna hijau bening


Tidak perlu heran jika kita menjumpai kolam renang yang berwarna hijau berning. Pada dasar kolam renang tersebut terlihat jelas, tidak terdapat tumbuhnya lumut maupun alga.

Penyebab kolam renagn berwarna hijau bening ini karena kandungan senyawa Seng (Zn) pada kolam renang terlalu tinggi. Tingginya kadar seng tersebutlah yang membuat warna air kolam renang anda berubah.

Jika Anda menjumpai kondisi seperti ini, cara menjernihkan air kolam renang berwarna hijau bening tersebut yaitu dengan menambahkan chemical berupa Ganular 90% dan ditambahkan juga trussy secukupnya. Maksudnya pemberiannya menyesuaikan dengan ukuran luas kolam renang dan tingkat kerusakan air pada kolam renang Anda.


Kemudian sirkulasikan mesin kolam renang lebih lama dari biasanya dengan tujuan agar semua chemical yang ditambahkan cepat merata ke seluruh air kolam renang.

Jika cara tersebut belum mendapatkan hasil, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu melakukan pengendapan pada kolam renang Anda. Jika Anda membutuhkan tutorial tentang cara pengendapan air klam renang, silahkan gunakan fasilitas google di sini.

Supaya kotoran-kotoran pada kolam renang anda mampu mengedap. Setelah mengendap langkah selanjutnya hanyalah membuang endapan kotoran tersebut dengan cara melakukan vacuum secara keseluruhan.

Demikian artikel padat merayap dari tim BK tentang cara menjernihkan kolam renang berwarna hijau. semoga bermanfaat untuk Anda. Silahkan hubungi tim BK jika membutuhkan bantuan untuk menjernihkan kolam renang.  
Advertisement

Add your message to every single people do comment here !

 

Start typing and press Enter to search