3 Tips Agar Pompa Kolam Renang Lebih Awet

- Sunday, March 24, 2019
advertise here
Menjaga agar pompa kolam renang lebih awet sangat diperlukan bagi Anda yang memiliki kolam renang. Kegiatan perawatan kolam renang seperti tindakan vacuum kotoran, backwash serta pemberian chemical tidak akan berdampak optimal terhadap air kolam renang Anda, jika pompa kolam renang Anda bermasalah.

Tindakan perawatan seperti apa yang saya sebutkan diatas menjadi akan menjadi sia sia, jika sistem sirkulasi dan fungsi filtrasi tidak berjalan dengan lancar. Sistem sirkulasi air kolam renang sangat bergantung dengan kerja pompa kolam renang.

Pompa kolam renang yang terawat akan mampu mensirkulasikan air kolam renang dengan maksimal. Menjaga agar fungsi pompa kolam renang agar tetap bisa berfungsi dengan optimal adalah sebuah kebutuhan bagi setiap pemilik properti kolam renang.

Mesin pompa kolam renang harus selalu siap dalam menjalankan tugasnya sebagai penggerak air kolam renang untuk melewati proses filterisasi. Mengingat begitu pentingnya sistem filtrasi untuk menjaga kejernihan air kolam renang, maka fungsi pompa merupakan hal yang utama yang wajib diperhatikan.

Anda harus bisa menjaga dan merawat pompa kolam renang Anda agar selalu dalam kondisi yang prima sehingga mampu mensirkulasi air kolam renang dengan maksimal. Atas kebutuhan sistem filtrasi tersebut, berikut saya urai tips agar pompa kolam renang Anda tetap awet.

3 Tips Agar Pompa Kolam Renang Lebih Awet

Tiga tip yang akan saya uraikan, merupakan tindakan preventif yang bisa Anda lakukan ketika Anda sedang berencana untuk melakukan instalasi atau pemasangan mesin pompa kolam renang. Kemudian juga uraian kecil yang nantinya menjadi kegiatan atau rutinitas terkait perawatan pompa kolam renang.

1. Penempatan Pompa Kolam Renang

Agar pompa kolam renang lebih awet, pompa tidak boleh ditempatkan pada ruangan yang lembab. Ruang mesin pompa harus dalam kondisi kering / bebas dari air. Tidak direkomendasikan ditempatkan dalam ruang yang terdapat genangan air. Jika dalam ruang pompa terdapat air yang mengenang, harus dilakukan pengeringan secepatnya. Cari tahu penyebab adanya genangan air tersebut dan atasai masalahnya.

Penempatan Pompa Kolam Renang
Penempatan Pompa Kolam Renang


Tidak sedikit petugas perawat kolam renang yang sering mengabaikan permasalah seperti ini, sehingga banyak kasus pompa kolam renang terendam air. Anda atau petugas perawat kolam renang harus perduli pada kondisi ruang pompa tersebut. Kondisi ruang pompa sangat mempengaruhi awet dan tidaknya sebuah pompa kolam renang yang berada di dalamnya. Dengan ruangan yang terjaga dari air maka pompa Anda akan lebih awet. 

Kemudian, Ventilasi udara juga wajib disediakan di ruang pompa kolam renang. 

Selain harus terbebas dari genangan air, fentilasi udara juga sangat diperlukan untuk mengurangi hawa panas yang ditimbulkan oleh kerja mesin. Perlu di perhatikan juga bahwa dalam pembuatan ruang pompa, harus disediakan akses keluar masuk bagi perawat kolam renang untuk mengoperasionalkan / menjalankan tugas di ruang pompa kolam renang.

Artinya, dalam pembuatan ruang pompa tidak hanya sekedar ruangan yang bisa utnuk menampung pompa dan filter saja. Kebutuhan akan ventilasi juga sangat diperlukan agar sirkulasi udara di dalam ruang pompa tetap terjaga. Seperti apa yang sudah saat kutip di atas, Anda harus mempersiapkan tangga sebagai akses masuk ke ruang pompa karena keberadaan ruang pompa umumnya berada di bawah level kolam renang.

Kemudian, jangan pernah menyimpan checmical kolam renang di dalam ruang pompa. 

Chemical kolam renang memiliki sifat korosif tinggi, oleh karena itu tidak dianjurkan untuk menyimpan chemical di dalam ruang pompa. Tindakan ini untuk menghindari terjadinya karat pada pompa dan bagian lain yang mengunakan besi yang berada di ruang pompa.

Itulah poin pertama yang wajib Anda lakukan agar pompa kolam renang Anda bisa lebih Awet. Jika poin pertama masalah penempatan sudah Anda lakukan semua, maka poin kedua juga tidak kalah penting untuk menunjang pompa kolam renang lebih awet.

Mari kita masuk ke poin kedua……. 

2. Panel Pompa

Agar pompa kolam renang lebih awet sebaiknya dalam pemasangan pompa dilengkapi dengan box panel pompa. Pompa 3 (tiga) phase sangat dianjurkan untuk dilengkapi dengan panel, karena dengan dipasangnya panel akan mengontrol keamanan pompa dari terbakarnya gulungan pada dinamo yang disebabkan arus listrik yang tidak setabil.

penel box pompa kolam renang
penel pompa kolam renang


Untuk pompa 1 (satu) phase sebaiknya dalam pemasangan juga dilengkapi dengan pemasangan panel pompa, agar lebih aman dan mempermudah dalam pengoperasionalan pompa. Jika tidak dipasangi panel sangat beresiko. Karena apabila terjadi penurunan voltase bisa mengakibatan pompa terbakar. Dengan voltase yang selalu setabil akan menambah awet pada pompa kolam renang Anda.

Dalam pemasangan panel pompa, tambahkan satu komponen yang tidak kalah penting yaitu timer. Dengan terpasangnya timer pada panel pompa, maka akan mengatur (on/off) hidup dan mati pompa jadi lebih teratur. Intinya, lengkapi segala kebutuhan keamanan dalam box panel Anda. Rangkaian panel pompa umumnya terdiri dari kontaktor, mcb, timer, dan sebagainya. Setidaknya dengan menambahkan feature pada box panel bisa menjaga agar lebih aman dan rapih.

Setelah dua poin tips untuk menjaga agar pompa kolam renang lebih awet, kini giliran tips yang ketiga sebagai pengkap informasi untuk Anda.

3. Penggantian Komponen yang Sudah tidak Berfungsi

Sebagai perawat kolam renang yang sering keluar masuk ke dalam ruangan pompa, dituntut untuk lebih peka terhadap gejala- gejala yang semestinya tidak terjadi pada pompa. Seperti adanya air yang netes dari bagian body pompa, ataupun suara dari pompa yang terdengar lebih keras dari biasanya, terdapat kotoran / penumpukan kotoran pada strainer,  dan lain sebagainya.

Kotoran yang menumpuk pada strainer tersebut sangat berdapak pada tenaga pompa kolam renang. Misalnya tenaga yang dikeluarkan pompa besar, namun karena adanya kotoran yang menahan jadi hisapan yang dihasilkanpun jadi lemah. Selain itu, kotoran yang menumpuk juga akan berdampak pada pompa menjadi lebih cepat panas. Jika kondisi demikian terus dibiarkan, cepat atau lambat pasti akan merusak salah satu komponen pompa tersebut.

Namun apabila sudah terlanjur mengalami kerusakan pada komponen pompa, sebaiknya segera ditidak lanjuti untuk melakukan perbaikan atau penggatian dari komponen yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan demikian fungsi pompa kolam renang bisa kembali bekerja dengan maksimal.

Jika salah satu komponen pompa sudah mengalami kerusakan dan tidak segera diperbaikin, pasti akan berdampak ke komponen yang lainnya. Sehingga dalam melakukan perbaikan akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Maka segera lakukan penggantian komponen pompa yang rusak secepatnya sebelum kerusakan lebih fatal terjadi. Demikian ulasan saya tentang tindakan previntif sekligus tips agar pompa kolam renang lebih awet, semoga bermanfaat.

Artikel ini dikirim oleh Pak Aris dan diedit oleh admin untuk buatkolam.com. Anda bisa bisa berinteraksi langsung dengan Pak Aris dengan meninggalkan komentar melalui form komentar di bawah ini.

Advertisement

Add your message to every single people do comment here !

 

Start typing and press Enter to search