5 Langkah dan Cara Pencucian Filter Kolam Renang yang Benar

- Friday, April 05, 2019
advertise here
Halo, bertemu kembali dengan saya Pipin. Kali ini saya akan mengulas tentang pengoperasionalan handle filter kolam renang, berikut langkah-langkah dan cara pencucian filter kolam renang yang benar.

Kita sama sama tahu bahwa perawatan kolam renang dengan tindakan vacuum adalah rutinitas setiap minggu. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga agar kolam renang selalu dalam kondisi jernih. Selain itu kegiatan vacuum juga bertujuan untuk memebersihkan kotoran yang mengendap di dasar kolam renang.

Kotoran akan disaring melalui tabung filter kemudian air yang sudah terfilter masuk kembali ke kolam renang melalui inlet fitting dengan kondisi air sudah bersih. Debu-debu hasil proses vacuum akan terfilter / tertampung pada tabung filter.

Jika kemarin saya sudah mengulas tentang bagian bagian filter kolam renang, kali ini saya mengambil judul tentang cara pencucian filter kolam renang. Semoga dengan pembahasan ini, Anda sebaga pembaca bisa mendapatkan tambahan pengetahuan kemudian menjadi tahu dan mengerti tahapan pencucian filter kolam renang. kalau saya pribadi termotivasi untuk menulis artikel ini untuk sekedar berbagi pengalaman saja.

Lanjuttt...

Multiport filter kolam renang merupakan alat kendali aliran air pompa kolam renang. Mengapa saya menyebut alat kendali tekanan pompa, karena kerja multiport ini mengarahkan aliran tekanan mesin. Agar bisa berfungsi sebagai filtrasi kedalam tabung filter, backwash dan membuang air kolam renang. Hanya dengan mengoprasikan handle kontrol.

Pada bagian atas terdapat beberapa nama mode yang memberikan petunjuk penggunaan multiport filter. Perputaran handle searah jarum jam dengan menekan terlebih dahulu sebelum memutarkanya. Mengapa harus searah jarum jam, karena pengoprasian secara continue akan mengurangi resiko keusakan seal pada katup.

Berbeda bila bolak balik dalam penggunaanya, akibatnya seal akan aus. Sehingga saat dilakukan backwash, kotoran tidak terbuang seluruhnya ke saluran pembuangan. Melainkan akan ikut keluar juga melalui inlet fitting.

Ini sangat menyebalkan. Kita bermaksud membuang kotoran ehh ternyata kotoran yang akan dibuang malah ikut masuk ke kolam renang melalui inlet....hmm kadang merasa terhina juga sebagai perawatan kolam renang he...he..he..

5 Langkah dan Cara Pencucian Filter Kolam Renang


Filter dalam pembahasan ini adalah filter kolam renang yang bermerek hayward. Akan berbeda dengan merek filter lain, tetapi untuk pengoprasianya sama. Hanya posisi tempat penggeseran yang berbeda.

Lalu bagaimana proses pencucian filter kolam renang setelah dilakukan vacuum kolam renang. Simak lebih lanjut, berikut langkah-langkah dalam pencucian filter kolam renang.

1. Matikan pompa kolam renang


Langkah pertama dalam pencucian filter kolam renang. Sebelum proses backwash filter kolam renang, pastikan mesin kolam renang dalam posisi off.

Memindah hadle control saat pompa mesin dalam kondisi hidup, memicu keusakan seal handle. Pasir akan masuk ke handle berakibat kerasnya handle control saat diputar.

Mematikan mesin terlebih dahulu juga akan menjaga kualitas lateral. Perhatikan saluran pipa pembuangan bila terpasang ball valve, buka terlebih dahulu. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah lupa membuka kran pembuangan ini. Oleh sebab itu perlu diperhatikan.

2. Bersihkan saringan strainer pompa

saringan strainer pompa - Pencucian filter kolam renang
saringan strainer pompa - Pencucian filter kolam renang
Langkah kedua. Kebersihan saringan pompa juga perlu dilakukan. Tutup semua valve kolam renang sebelum membuka saringan. Bersihkan kotoran yang terdapat dalam saringan pompa dengan selang kran air yang mengalir.

Cek kipas pompa dari kotoran yang menghambat perputaran kipas. Tutup kembali dengan memastikan seal permukaan strainer benar-benar pada posisi yang tepat. Tidak terganjal dan terlipat. Karena memicu kebocoran saat mesin kolam renang berhenti beroprasi. Buka kembali seluruh valve yang tertutup.

3. Putar handle control ke mode backwash

Putar handle control ke mode backwash
Putar handle control ke mode backwash / buatkolam.com

Langkah ketiga. Setelah pembersihan saringan pompa kolam renang dan memastikan kondisi mesin off. Langkah selanjutnya tekan handle control multivalve, putar searah jarum jam menuju mode backwash. Nyalakan mesin kembali, perhatikan glass control yang terdapat di multiport. Tunggu sampai air jernih dan matikan kembali. Untuk kolam renang type over flow, bila tidak ingin air bersih kolam renang berkurang, pencucian filter bisa menggunakan saluran balancing tank.

4. Pindahkan handle control ke rinse

Pindahkan handle control ke rinse - pencucian filter kolamr enang
Pindahkan handle control ke posisi rinse

Kemudian langkah ke empat. Setelah mematikan mesin, tekan handle dan putar ke arah rinse. Perhatikan glass control untuk beberapa menit. Setelah sudah terlihat jernih, matikan kembali mesin pompa kolam renang. Selanjutnya kembalikan handle ke posisi filter dengan cara menekan terlebih dahulu. Setelah rangkaian tersebut sudah terlaksana, dan sebelum menyalakan mesin, kembali tutup valve disaluran pembuangan. Pastikan seal saringan strainer tidak ada kebocoran.

5. Pastikan valve inlet fitting dalam posisi terbuka 


Langkah ke lima dalam pencucian filter kolam renang. Sebelum menyalakan mesin, buka valve inlet. Bila kolam renang Anda type over flow, tutuplah valve saluran vacuum kolam renang. Gunakan saluran pipa maindrain untuk menjalankan sirkulasi air kolam renang. Saluran vacuum kolam renang tidak ada cover pelindung, sehingga sangat berbahaya bagi anak-anak yang menyentuh lubang vacuum ini. Bagi orang dewasa pun jika tersedot bagian punggung akan sedikit mengagetkan. Penting saya sampaikan walaupun pada artikel sebelumnya sudah dibahas.

Pasang tangga khusus ruang mesin yang terbuat dari stanlees. Bertujuan untuk mempermudah akses masuk ke dalam ruang mesin. Selain itu, mencegah saluran instalasi dan filter khusunya pipa sebagai pijakan. Yang beresiko pipa terinjak dan patah. Anjuran untuk menggunakan bahan stailess steel, karena tahan akan kelembaban dan tahan korosi.

Kejadian yang sering ditemukan di lapangan adalah chemical yang ditaruh atau disimpan di ruang mesin kolam renang. Sebagian orang tidak menyadari bahwa ini akan berdampak buruk. Sifat chlorin yang korosif akan membuat bodi mesin kolam dan semua yang berbahan besi jadi berkarat. Karena terkena uapan chlorin yang tersimpan di ruang mesin kolam renang.

Simpanlah chlorin / kaporit di dalam wadah platik yang tertutup rapat dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Periksa kondisi filter secara berkala, mulai dari pergelangan penghubung handle multiport dengan tabung filter.

Yang sering terdapat tetesan air dari seal yang sudah mengerut. Berikan ruang udara pada tutup ruang mesin, bertujuan sebagai jalur keluarnya uap panas yang ditimbulkan dari mesin kolam renang yang beroprasi.

Rangkain dan tahapan pencucian filter kolam renang seperti yang saya sebutkan di atas, sebaiknya  dilakukan secara rutin setiap minggu. Setelah proses vacuum kolam renang atau tidak sedang dilakukan vacuum pun filter tetap harus dicuci.

Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran dalam filter dan menjaga kinerja filter agar berfungsi maksimal saat proses filtrasi / sirkulasi air kolam renang.

Demikian pembahasan mengenai proses pencucian filter ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi ini. Mohon maaf bila terdapat susunan kata yang kurang tepat dan bahasa yang kurang berkenan.

Silahkan meninggalkan komentar, jika ada hal yang perlu dilengkapi ataupun hal yang perlu ditanyakan. Terima kasih.

Artikel ini dikirim oleh Pak pipin dan diedit oleh admin untuk buatkolam.com. Anda bisa bisa berinteraksi langsung dengan Pak pipin dengan meninggalkan komentar melalui form komentar di bawah ini.
Advertisement

Add your message to every single people do comment here !

 

Start typing and press Enter to search