5 Bagian Filter Kolam Renang, Berikut Fungsi dan Kegunaanya

- Thursday, April 04, 2019
advertise here
Sebagai pekerja di bidang jasa perawatan kolam renang, tidak sedikit pertanyaan yang menhampiri saya seputar filtrasi dan perawatan. Salah satunya bertanya mengenai bagaimana proses penyaringan air kolam renang. Nah artikel saya kali ini akan mengulas seputar bagian filter kolam renang berikut fungsi dan kegunaannya.

Ada dua filter kolam renang yang populer digunakan yaitu sand filter dan cartridge. Kali ini saya tidak akan mengurai tentang cartridge. tetapi mengulas khusu mengenai sand filter dengan merek Hayward.

Filter, umumnya menggunakan media penyaringan berupa pasir. Sistem penyaringan ini sangat populer dan sudah lama dipergunakan untuk membantu sistem filtrasi kolam renang. Media penyaringan menggunakan pasir silica, semakin menjadi primadona akhir-akhir ini. Pasir silica memiliki tepian runcing yang memiliki kemampuan untuk menahan partikel-partikel kecil / kotoran yang berada pada air kolam renang. Ukuran pasir silica tersebut berkisar antara 0,45-0,55 mm.

Kualitas pasir silica menjadi alasan selanjtutnya, kenapa kemudian menjadi semakin populer digunakan untuk media penyaringan air kolam renang. Namun demikian bukan berarti media filter jenis ini bebas dari perawatan. Pembersihan secara berkala harus dilakukan agar fungsi filtrasi tetap bisa optimal. Selain pembersihan harus rutin dilakukan, penggantian pasir kadang juga diperlukan.

Jika sudah tetrjadi penggumpalan akibat jarang dilakukan, maka pasir silica filter tidak lagi optimal dalam menyaring kotoran. Dengan tidak optimalnya fungsi filtrasi ini, maka kotoran akan kembali masuk ke dalam kolamr enang saat dilakukan proses vaccum. 

Proses pencucian filter kolam renang bisa dilakukan dengan mengoprasikan handle filter. Hal ini bertujuan untuk membuang kotoran yang mengendap / tertahan pada media pasir penyaringan. Dengan melakukan pencucian filter maka aliran air kolam renang menjadi lancar dan tidak tersendat akibat penumpukan kotoran. Dengan kata lain, dirkulasi air kolam renang menjadi lancar, sehat tidak mengalami hambatan yang bisa melemahkan saluran sirkulasi air kolam renang.

5 Bagian Filter Kolam Renang


Pola kerja penyaringan filter kolam renang adalah air kotor dihisap oleh pompa kolam renang, pada posisi handel mode filter, air kotor akan masuk ke ruang filter. Dengan tekanan pompa kolam renang, air akan tertekan dari atas masuk kedalam kumpuluan pasir tabung filter.

Partikel kotoran kolam renang akan tertahan oleh pasir silika. Partikel kotoran yang besar akan tertahan dipermukaan atas, pasir akan menyaring kotoran yang lebih halus dilapisan bawah pasir penyaringan.

Glass Control


glass control filter kolam renang
glass control - filter kolam renang

Dibagian multipot terdapat glass control yang berguna untuk menentukan lamanya proses pencucian filter kolam renang. Ketika proses backwash dialakukan, air kotor yang terdapat di dalam tabung kolam renang akan melewati glass control. Sehingga Anda dapat memperkirakan berapa lama backwash filter kolam renang perlu dilakukan.

Handle Control

Handle control filter kolam renang
Handle control - filter kolam renang

Handle control pada multiport berfungsi untuk mencuci filter dan membuang air kolam renang. Menguras air kolam renang bisa menggunakan pompa kolam renang. Dengan mengoperasikan valve pada mode waste. Jadi tidak perlu menggunakan pompa bantuan, misalkan pompa celup. 

Pressure Gauge

Pressure gauge - filter kolam renang
Pressure gauge - filter kolam renang

Pressure gauge terdapat dibagian samping multipot. Perangkat ini berfungsi untuk mengetahui besarnya tekanan aliran air dalam filter. Batas tekanan air tidak boleh melebihi 30 psi. Disini Anda perlu mencatat angka tekanan air terakhir saat membilas filter. Ini perlu dilakukan, agar bisa mengetahui jadwal kapan harus dilakukan pencucian filter kembali.

Bila tekanan air meningkat diatas nominal angka terahir backwash filter, ini merupakan indikasi bahwa filter kolam renang harus dibersihkan / dicuci. Tekanan air terdeteksi menurun dari terahir pencucian filter, kemungkinan terdapat kotoran di saringan mesin kolam renang. Penyebab umum yang lain, pompa kolam renang menghisap udara. Dari instalasi yang bocor maupun kekurangan air. Pastikan kipas dalam pompa bersih dari kotoran yang menghambat perpuratan kipas.

Lateral

lateral - filter kolam renang
lateral - filter kolam renang

Dalam tabung filter kolam renang, terdapat lateral atau slot berbentuk tabung dengan lubang bergaris kecil disekelilingnya. Perangkat ini berguna untuk menahan pasir penyaringan agar tidak keluar (untuk masuk) ke kolam renang dan sebagai saluran kembalinya air bersih ke kolam renang setelah melalui proses filtrasi.

Indikasi bila terjadi kerusakan lateral, inlet fitting kolam renang akan mengeluarkan pasir. Ada batasan kapasitas filter kolam renang untuk menahan kotoran, sehingga pencucian filter harus dilakukan secara berkala.

Underdrain / Pembuangan

underdrain, pembuangan - filter kolam renang
underdrain, pembuangan - filter kolam renang

Bagian bawah tabung filter kolam renang terdapat underdrain / pembuangan. Berfungsi untuk membuang air dalam filter, pada saat ingin mengganti pasir silica. Di eropa drain ini berguna untuk membuang air saat musim dingin tiba. Dimana pada saat musim dingin kolam renang tidak difungsikan untuk sementara.

Note:

Apabila, dilakukan vacuum kolam renang kemudian inlet fitting mengeluarkan kotoran kembali walaupun sudah dilakukan pencucian filter. Maka pertanda pasir silica harus segera diganti. Gunakan pasir silica yang dijual oleh toko kolam renang. Isikan pasir silica ke dalam tabung sesuai ukuran filter.

Anda bisa membaca dan melihat video penginstalan sand filter kolam renang

Pengisian pasir ke dalam tabung filter tidak boleh penuh, sisakan ruang dalam tabung filter agar ada raung untuk air kolam masuk ke dalam tabung. Jika tabung filter dipenuhi pasir, arus sirkulasi air yang keluar dari inlet fitting akan lambat / tersendat. hal ini disebabkan tidak adanya ruang air dalam tabung filter kolam renang.

Air kolam renang jernih, bersih dan nyaman digunakan adalah kombinasi dari dua faktor penting. Yaitu bahan kimia yang ideal / seimbang dan proses filtrasi yang baik. Tanpa sirkulasi yang baik tentu akan sulit mewujud.

Perawatan dengan memperhatikan petunjuk yang ada adalah langkah awal yang harus diperhatikan. Menjaga agar kerja filter maksimal dengan kualitas penyaringan yang baik. Tak lupa saya mengingatkan agar selalu konsultasi ke toko kolam renang kepercayaan Anda, sebelum membeli peralatan filter kolam renang.

Demikian ulasan singkat tentang filter kolam renang, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan meninggalkan komentar, jika ada hal yang perlu dilengkapi ataupun hal yang perlu ditanyakan. Terima kasih.

Artikel ini dikirim oleh Pak Pipin dan diedit oleh admin untuk buatkolam.com. Anda bisa bisa berinteraksi langsung dengan Pak Pipin dengan meninggalkan komentar melalui form komentar di bawah ini.


Add your message to every single people do comment here !

 

Start typing and press Enter to search