Manfaat Berenang Untuk Tubuh Manusia [ Seabreg ] !

- Monday, July 15, 2019
Selain karena masuk dalam kategori olahraga yang nyunah, segudang manfaat berenang bagi tubuh menjadi alasan utama kenapa olahraga ini semakin populer. Menjamurnya waterpark, waterboom, kolam renang umum dan wisata air lainnya menjadi pendukung informasi kenapa kemudian olahraga renang semakin banyak diminati masyarakat.

Manfaat berenang bisa dirasakan oleh siapa saja. Tidak hanya terbatas bagi atlit renang. Semua manusia dari berbagai lapisan umur bisa menikmati manfaat berenang. Terlebih jika kegiatan berenangnya dilakukan secara teratur.

Secara umum manfaat yang bisa didapat dari olehraga berenang secara teratur yaitu bisa meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan sistem ketahanan pernafasan, meningkatkan kemampuan kardiovaskuler, meningkatkan masa otot. dan masih banyak manfaat lainnya.

Anda juga bisa mendapatkan banyak artikel di media online terpercaya terkait segudang manfaat berenang bagi tubuh manusia. Namun sebagai referensi singkat, berikut admin kelompokkan manfaat berenang untuk beberapa kelompok usia.

14 Manfaat Berenang Bagi Tubuh (Manfaat secara umum)

  1.  Melatih Pernafasan
  2.  Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang
  3.  Meninggikan Badan
  4.  Sehat Untuk Jantung
  5.  Bentuk tubuh ideal
  6.  Meredakan stress
  7.  Meningkatkan Kebugaran Tubuh
  8.  Meredakan radang sendi
  9.  Menurunkan Berat Badan
  10.  Menurunkan Risiko Terkena Diabetes
  11.  Alternatif rekreasi & meningkatkan mood
  12.  Alternatif terapi ketika cidera
  13.  Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh
  14.  Usia Lebih Panjang

8 Manfaat Berenang Bagi Anak / Bayi

Manfaat berenang bagi anak bisa mulai dirasakan ketika anak / bayi mulai berkembang. Manfaat berenang yang didapat pada saat masa perkembangan Anak ini, bersifat mental dan sosial. Tidak hanya manfaat dari terapi renang saja yang didapatkan. Berenang juga mempengaruhi dalam proses  pertumbuhan dan pengembangan rasa kepercayaan diri.

Mengajarkan sejak dini kepada anak - anak tentang kebiasaan berenang, secara tidak langsung juga mengajarkan kepada mereka tentang kegigihan, ketekunan dan nilai-nilai sosial. Selain itu yang penting juga adalah proses pembentukan dan pengembangan sikap sehat terhadap kesehatan dan kebugaran.

Berikut ini delapan manfaat berenang bagi anak / bayi:
  1.  Membantu perkembangan motorik bayi
  2.  Membantu perkembangan syaraf
  3.  Membantu proses pertumbuhan
  4.  Meningkatkan sistem imun
  5.  Membantu keberanian bayi
  6.  Agar tidak mudah terkejut
  7.  Agar tidak rewel saat mandi
  8.  Membantu adaptasi bayi di tempat lain

6 Manfaat Berenang Bagi Wanita

Hampir semua wanita di dunia ini ingin memiliki tubuh yang ideal. Tidak sedikit yang justru ingin tampil dalam kondisi yang selalu prima. Memiliki kulit sehat dan otot kencang juga dambaan setiap wanita. Nah berikut ini 6 manfaat berenang bagi wanita.
  1.  Menjaga tubuh ideal
  2.  Menjaga bentuk tubuh setelah hamil
  3.  Mengencangkan otot-otot
  4.  Mengencangkan g-spot
  5.  Detoksifikasi racun di dalam tubuh
  6.  Menghilangkan stres

8 Manfaat Berenang Bagi Wanita Hamil

Tidak hanya seorang wanita biasa yang bisa mendapatkan manfaat berenang. Ibu hamilpun memiliki banyak benefit / manfaat / keuntungan jika melakukan olahraga renang secara rutin. Tidak ada satu orang calon ibu pun yang tidak ingin kandungannya selalu sehat. dengan olahraga teratur diyakini mampu mencegah prematur dan bisa membantu proses persalinan. Baca artikel tentang berenang saat hamil trisemester.

Untuk lebih lengkapnya berikut 8 manfaat berenang bagi ibu hamil.
  1.  Meningkatkan daya tahan tubuh
  2.  Tidur lebih nyenyak
  3.  Menghindari stres
  4.  Mencegah prematur
  5.  Membantu proses persalinan
  6.  Melonggarkan otot-otot sekitar pinggul
  7.  Memperkuat paru paru
  8.  Memperkuat jantung

7 Manfaat Berenang Bagi Orang Tua

Terlebih bagi orang tua (manula). Berenang sangat minim menyebabkan cedera akibat benturan fisik. Oleh karena itu olahraga berenang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para orang tua (orang lanjut usia). Dikutip dari laman klikdokter, bahwa Olahraga berenang selain menguatkan otot-otot tubuh juga dapat melatih kekuatan otot jantung dan paru-paru mereka.

Berikut ini 7 manfaat berenang bagi orang tua.
  1.  Menjaga tulang agar tetap sehat
  2.  Menjaga agar tidak pikun
  3.  Mencegah stroke
  4.  Menjaga fungsi jantung dan paru paru
  5.  Membuat tubuh rileks
  6.  Mencegah kematian mendadak
  7.  Agar tidak mudah terserang penyakit

5 Manfaat Berenang Untuk pemulihan penyakit

Manfaat berenang untuk tubuh manusia
Diyakini bahwa berenang merupakan olahraga yang menyenangkan. Selain itu menurut Dr. Dyah Novita Anggraini bahwa berenang juga merupakan olahraga yang banyak diminati. 

Olahraga renang termasuk jenis olahraga yang minim risiko terjadinya cedera fisik, karena saat berenang seluruh tubuh ditahan oleh air. Selain itu berenang juga memberikan manfaat dalam menangani berbagai jenis penyakit menahun. Berikut di bawah ini beberapa penyakit yang dapat ditangani dengan melakukan olahraga berenang secara teratur:

Berenang dapat menangani penyakit kronik

Berenang secara teratur disinyalir dapat membantu menangani penyakit peradangan sendi atau artritis. Artritis adalah penyakit kronis merupakan penyakit yang menyerang pria maupun wanita diatas 55 tahun yang bersifat kronis dan terjadi seumur hidup.
Dengan terapi olahraga berenang secara teratur diyakini bisa mengurangi gejala nyeri yang dirasakan oleh penderita semakin berkurang.

Berenang dapat menguatkan tulang

Olahraga renang bisa mengurangi resiko terjadinya patah tulang pada wanita yang sudah menopause. Karena dengan berolahraga renang yang teratur bisa menguatkan tulang.

Berenang dapat mengurangi gejala cemas

Olah raga renang juga dapat membantu mengurangi gejala cemas penderita fibromyalgia. Fibromyalgia merupakan suatu penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh.

Berenang dapat mengurangi risiko diabetes

Dengan durasi rutin selam 30 menit, berenang dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Berenang dapat melawan risiko penyakit jantung koroner

Olahraga renang dengan teratur diyakini bisa bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke jantung. Jadi dengan berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung coroner.

Berenang dapat meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru

Berenang dengan teratur dapat membantu penderita asma, karena dengan berolahraga jenis renang ini dapat meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru. Selain 5 manfaat yang didapat dari olahraga berenang untuk penyembuahan di atas, berikut ini 5 manfaat berenang untuk pemulihan penyakit lainnya:

  1.  Renang efektif juga diterapkan untuk stroke ringan
  2.  Efektif untuk cidera ringan
  3.  Efektif melatih jantung lemah
  4.  Efektif melatih paru paru agar lebih kuat
  5.  Membantu memperkuat pernafasan
Demikian ulasan singkat tentang manfaat berenang bagi tubuh manusia terkait dengan kesehatan dan kebugaran. silahkan ditambahkan melalui komentar jika ada referensi lain yang bisa digunakan untuk melengkapi artikel kami.
 

Start typing and press Enter to search