Perbedaan Ozon Generator dengan Salt Chlorinator

- Sunday, July 14, 2019

Perbedaan Ozon Generator dengan Salt Chlorinator - buatkolam.com. Tidak sedikit pemilik kolam renang yang sudah familiar dengan alat ozon generator dan salt chlorinator.

Sebagian pemilik kolam renang berpendapat, bahwa dengan menggunakan ke dua alat ini, air kolam renang mereka akan terhindar dari resiko / dampak penggunaan chemical perawatan kolam renang. Kedua alat ini didesain agar mampu menghasilkan zat yang dibutuhkan air kolam renang, sehingga air kolam renang bisa terjaga kejernihannya.

Seperti kita ketahui, masalah yang sering muncul ketika kita berenang di koam renang adalah adanya dampak yang namanya mata merah, rambut kusut dan bau kaporit yang menyengat. Dengan kedua alat ini, disinyalir efek chemical seperti tersebut di atas bisa dihindari. Stidaknya bisa ternetralisir.

Perbedaan Ozon Generator dengan Salt Chlorinator 


Ozon Generator dan juga Salt Chlorinator merupakan alat yang memiliki peran penting untuk menetralisir resiko penggunaan chemical pada kolam renang Anda. Walaupun memiliki fungsi yang hampir sama, akan tetapi kedua alat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing masing. Atas dasar itu, artikel kali ini akan mengulas tentang perbadaan ozon generator dengan salt chlorinator.

Ozone Generator


Ozone generator adalah sebuah komponen atau alat tambahan yang dipasangkan pada instalasi pipa kolam kolam renang. Alat ini biasanya di pasang pada inlet kolam renang  atau setelah saluran pipa dari filter kolam renang. Ozone generator ini adalah sistem yang bertujuan untuk menghasikan oksidasi. Seperti sebagai mana kita tahu bahwa ozone adalah suatu zat alami yang melindungi planet kita. Begitu juga alat ini, alat ini akan menghisalkan oksidasi yang akan berguna untuk membersihkan air dari bakteri-bakteri yang ada didalam air.

Jadi manfaat sebenarnya Ozone generator itu apa?

Begini penjelasan singkatnya, Ozon adalah O3, dan Oksigen adalah O2. Ketika Ozon disuntikkan ke dalam air, ozon tersebut akan terurai menjadi Oksigen. Ini adalah proses alami dan aman. Apa yang penting untuk diketahui adalah bahwa ketika Ozon( O3), terurai menjadi Oksigen (O2), atom Oksigen yang sendirian dengan aman mengoksidasi dan menghancurkan kontaminan air berbahaya seperti organik, kotoran, bakteri, dan virus.

Ozon tidak akan menciptakan residu kimiawi yang tidak aman karena begitu polutan teroksidasi, ia terurai menjadi Oksigen sederhana. Peningkatan oksigen dalam air membantu menjaga kesegaran dan kejernihan air. Bagi beberapa orang sudah menggunkan alat ini, mereka merasa bahwa aroma chemical yang bedada dalam kolam renang sudah tidak terlalu tercium.

Terus bagaimana dengan Salt Chlorinator? Mari kita lihat penjelasannya!

Salt Chlorinator


Perbedaan Ozon Generator dengan Salt ChlorinatorSalt Chlorinator merupakan sebuah alat yang berguna untuk mengkonversikan garam menjadi klorin. Seperti namanya nya (Salt Chlorinator) disini berarti, kolam renang Anda benar-benar tidak menggunakan chemical untuk menghasilkan klorin melainkan menggunakan garam sebagai pengganti chemical.

Garam yang digunakan untuk perawatan kolam renang yang menggunakan sistem salt chlorinator ini, akan menggunakan garam kristal atau garam krosok. Satu hal yang perlu Anda ketahui, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan alat salt chlorinator, maka Anda harus menyiapkan cadangan garam dalam jumlah yang banyak sebagai kebutuhan untuk melakukan perawatan pada kolam renang. (untuk lebih jelasnya anda bisa membaca pada artikel berikut Mengenal Salt Chlorinator, Untuk Kolam Renang Garam Bebas Chemical)

Menggunakan alat ini maka aroma bau kaporit pada kolam renang Anda tidak akan tercium lagi. Hal ini dikarenankan kaporit  atau klorin yang dihasilkan oleh alat ini adalah klorin alami dari garam terbut. Dengan demikian kolam renang yang menggukan salt chlorinator pasti terbebas dari chemical kaporit. Konsekuensinya, ketika Anda menggunakan alat salt chlorinator ini, maka Anda harus selalu siap dengan stok garam yang banyak, untuk menjaga kestabilan klorin pada kolam renang Anda.

Ketika kadar garam pada kolam renang Anda berkurang, maka air kolam renang Anda akan berubah warna menjadi hijau karena kekurangan kadar klorin. Hal penting lain nya juga, Anda harus mengecek keadaan cell pada salt generator agar kotoran di dalam cell tidak menumpuk. Penumpukan kotoran pada cell dapat mengakibatkan produksi klorin pada kolam renang Anda terganggu atau bahkan bisa berhenti memprodusi klorin.

Anda bisa membaca artikel saya agar cell di dalam salt generator tidak tersumbat oleh kerak-kerak yang dihasilkan dari garam (untuk selengkapnya Anda bisa membacanya di Merawat kolam renang salt chlorinator / Perawatan kolam renang tanpa obat kimia)

Dari beberapa penjelasan diatas  dapat disimpulkan bahwa kedua alat ini memiliki fungsi untuk mengurangi efek penggunaan chemical pada kolam renang. Sebagai contoh salt clorinator lebih aman dari penggunaan chemical karena chemical untuk kolam renang diganti dengan garam. Begitu juga dengan ozon generator walaupun masih menggunakan chemical untuk perawatannya, namun alat ini juga bisa membasmi bakteri-bakteri didalam kolam renang.

Demikian ulasan singkat saya tentang Perbedaan Ozon Generator dengan Salt Chlorinator. Anda bisa memilih sendiri sistem mana yang ingin Anda terapkan untuk kolam renang Anda. Karena memang kedua sistem ini memiliki keunggulan masing-masing untuk kolam renang Anda.

Artikel ini dikirim oleh Pak Andre dan diedit oleh admin untuk buat kolam.com. Anda bisa bisa berinteraksi langsung dengan Pak pipin dengan meninggalkan komentar melalui form komentar di bawah ini.
 

Start typing and press Enter to search