[Case Study] Renovasi Kemiringan Kolam Renang di Jakarta Selatan

- Tuesday, August 06, 2019
Merenovasi kolam renang menjadi kebutuhan mendesak, ketika fungsi kolam renang tersebut sudah tidak maksimal. Tim buatkolam akan menceritakan sebuah kasus renovasi kemiringan kolam renang di Jakarta Selatan. Sebelum masuk ke tahapan dan proses pengerjaan renovasi tersebut, Admin berikan gambaran short report dari masalah kolam renang ini.

Case Report, Renovasi Kolam Renang


Nama Keterangan
Nama Proyek Renovasi Kolam Renang
Ukuran   15m x 5m x 1,2m - 1,5m
Lokasi  Jl. Simprug Garden II, Grogol Selatan
Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Lama Proyek 27 juni 2018 sampai 10 Oktober 2018
(3 Bulan 14 Hari)
Keluhan   
  1. Limpahan overflow tidak rata
  2. Penurunan air kolam renang 5 cm setiap 24 jam
Masukan    * Melapisi ulang kolam renang dengan
lapisan cor dan waterproof baru
* Beton setara K300
* Gelaran Besi 8mm polos
* Menambahkan tapak sebanyak 2 titik
di bagian kolam renang yang mengalami penurunan
* Diameter besi 13mm ulir
* Mengganti instalasi pipa lama
dengan pipa PVC AW baru
(ruang mesin dan kolam renang)
* Maindrain pipa diameter 2"
* Inlet pipa diameter 1,5"
* Mengganti ballvalve

Demikian tabel laporan kasus proyek renovasi yang kami dapatkan dari tim survey.

Case Study, Renovasi Kemiringan Kolam Renang :


Tim BuatKolam menerima telepon dari pemilik kolam renang. Intinya, owner melaporankan kepada kami mengenai kerusakan kolam renang miliknya. Kolam renang tersebut belokasi di Jl. Simprug Garden II, Kec Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pemilik kolam renang menginformasikan bahwa konstruksi kolam renang miliknya, mengalami penurunan air yang signifikan. Selain itu, Owner juga menyampaikan bahwa ada masalah tentang kemiringan konstruksi kolam renang. Hal ini Beliau yakini, karena limpahan air kolam renang pada overflow tidak tersebar merata ke seluruh bagian bibir overflow.

Demikian laporan yang kami terima ...

Kasus seperti ini memang bisa saja terjadi pada kolam renang. Ada beberapa kemungkinan kenapa leveling air tidak lagi merata. Bisa karena pada saat finishing kolam renang, tukang (pekerja) tidak jeli dalam menggunakan water pass sehingga level ketinggian tidak sama. Bisa juga terjadi akibat adanya gerakan tanah yang disebabkan karena getaran yang besar.

Survey


Untuk memastikan penyebabnya, kami melakukan survey ke lokasi kolam renang tersebut. Berikut foto dokumentasi hasil jepretan tim kami di lapangan :

renovasi kemiring kolam renang
Lipahan air kolam renang tidak tumpah merata ke seluruh bibir kolam
Setibanya kami di lokasi. Kami mengamati lingkungan dan sungguh beruntung kami bisa mendengar secara langsung apa yang dikeluhkan oleh pemilik kolam renang ini.

Hasil pengukuran luas kolam renang yaitu 15m x 5m dengan kedalaman 1,2m sampai dengan 1,5m. Setelah mengumpulkan data-data, kami mulai mendiskusikan dengan tim.

kami menarik kesimpulan, bahwa kemiringan kolam tersebut dikarenakan ada pembangunan besar di sebelah kediaman pemilik kolam renang. Penggunaan alat berat dalam kurun waktu yang lama"pada proyek besar" bisa menimbukan getaran yang besar. Getaran besar dalam kurun waktu lama bisa mengakibatkan turunya level tanah di sekitar proyek, sehingga berdampak kepada kemiringan di kolam renang tersebut.

Tindakan yang diperlukan


Solusi yang kami tawarkan untuk menangani kerusakan seperti ini yaitu dengan menambahkan lapisan beton baru di atas lapisan lama. Kemudian selain penambahan lapisan beton, kami juga menyarankan untuk menambahkan tapak kolam renang di sisi kolam yang mengalami penurunan level konstruksinya.

Dengan kondisi ini, bisa dipastikan bisaya untuk renovasi kemiringan kolam renang tidaklah sedikit. Bisa dipastikan anggaran untuk merenovasi kolam renang ini hampir sama dengan membuat kolam renang baru.

Estimasi Admin bahwa, pemilik kolam renang paling tidak akan mengeluarkan biaya untuk merenovasi kemiringan kolam renang nya dengan kisaran angka Rp 400.000.000, 00 an.

Sebagai tambahan: Biaya renovasi kolam renang akan berbanding lurus dengan luas kolam renang dan juga kerusakan yang ada pada kolam renang yang akan direnovasi.

Ruang lingkup pekerjaan renovasi kemiringan kolam renang :

  • Pembongkaran
  • Pembesian ulang dan Pengecoran Ulang
  • Waterproofing
  • Pemasangan mosaic
  • Penggantian jalur baru instalasi plumbing system
  • Perbaikan kemiringan kolam renang

Eksekusi


Setelah terjadi kesepakatan antara owner kolam renang dengan tim kami. Kemudian dilengkapi dengan adanya surat perintah kerja (SPK). kami mulai melakukan pekerjaan pada tanggal 27 juni 2018 dari tahap proteksi area kerja, pengurasan air kolam renang dan membongkar mosaic lama, berikut foto dokumentasinya:

pembongkaran mosaic lama
pembongkaran mosaic lama
Ketika kami melakukan pembongkaran mosaic lama, kami mulai memperhatikan struktur bagian - bagian kolam renang yang mungkin saja mengalami keretakan. Dugaan kami benar, ada keretakan disisi kolam yang turun.

Dengan mengetahui adanya keretakan, maka kami mulai memperbaikinya dengan cara mengupas sedikit bagian keretakan tersebut dan menambalnya kembali dengan plasteran dan waterproofing. Hal ini kami rasa cukup, mengingat nantinya akan ada lapisan cor kembali di depan keretakan tersebut.

keretakan dinding kolam renang
keretakan dinding kolam renang

Selanjutnya yaitu pekerjaan waterproofing. Pekerjaan ini sangat penting dalam pembangunan kolam renang baru ataupun dalam proses renovasi kolam renang. Proses waterproofing kami melapisinya sebanyak dua lapis agar hasilnya lebih maksimal.

pengerjaan water proofing
pengerjaan water proofing
Dalam proses waterproofing kami juga memperkuat lapisan sudut kolam renang dan jalur pipa dengan menggunakan jaring. Menambahkan jaring memiliki tujuan, agar waterproofing lebih mengikat dan tidak mudah merenggang. Ini bentuk antisipasi agar lebih kuat merekat dan tidak mengakibatkan keretakan pada waterproofing.

Proses selanjutnya yaitu menambahkan tapak pada sisi kolam renang yang miring, prosesnya dengan cara menggali pada sisi kolam renang. Disamping menambahkan tapak, pekerjaan ini juga dimaksudkan untuk mengecek keadaan tanah sekitar kolam renang.

penambahan tapak pada sisi miring
penambahan tapak pada sisi miring
Dalam proses ini, tapak menggunakan besi dengan diameter 13mm ulir berukuran 60cm x 60cm.

Pekerjaan selanjutnya adalah pemasangan pipa baru pada kolam renang. Instalasi pipa menggunakan pipa PVC AW karena kami yakini akan lebih tahan terhadap korosi dan bahan kimia.

Untuk jalur maindrain kami menggunakan pipa berdiameter 2 inch dan jalur inlet berdiameter pipa 1,5 inch yang dibagi menjadi 6 titik.

pemasangan pipa baru
pemasangan pipa baru

 Pekerjaan selanjutnya adalah pembesian, besi anyaman menggunakan besi 8mm.

Pembesian kolam renang ulang
Pembesian ulang

pembesian kolam renang
pembesian kolam renang

Setelah pemasangan besi, pekerjaan selanjutnya yaitu pengecoran. Untuk pengecoran dalam kasus ini, kami menggunakan mutu beton K300.

pengecoran kolam renang
pengecoran kolam renang

pengecoran beton k300
pengecoran beton k300

Setelah proses cor (pengecoran) sudah mengeras, proses selanjutnya adalah waterproofing tahap kedua, kami mengaplikasikan dengan dua lapis agar hasilnya lebih maksimal.

waterproofing tahap ke 2
waterproofing tahap ke 2


Pekerjaan selanjutnya adalah pengetesan kebocoran. Kami ingin memastikan kembali dan untuk meyakinkan customer bahwa masalah kebocoran sudah teratasi. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari bongkar ulang jika memang kebocoran kolam renang belum teratasi.

pengetesan kebocoran
pengetesan kebocoran

Setelah melalui pengetesan kebocoran selama 5-7 hari, kolam renang dikeringkan kembali dan kami mulai mempersiapkan pekerjaan pemasangan mosaic.

pemasangan mosaic ulang
pemasangan mosaic ulang

Kami juga mulai mengerjakan penggantian pipa pada ruang mesin. Pipa yang digunakan juga menggunakan pipa pvc agar lebih tahan terhadap korosi.

penggantian pipa pada ruang mesin
penggantian pipa pada ruang mesin
Baca juga artikel penting tentang 3 Posisi Umum tentang Instalasi Pipa Jalur Inlet.

Kemudian..

Proses renovasi konstruksi selanjutnya yaitu pemasangan batu alam. Pemasangan batu alam harus dilakukan secara teliti dengan menggunakan waterpass agar tirai air overflow tumpah air bisa merata maksimal.

pemasangan batu alam
pemasangan batu alam

Dilanjutkan dengan proses pengisian air pada kolam renang. Air yang digunakan berasal dari air PAM dengan menggunakan truk tangki yang dapat membawa 8 m3 air setiap truk.

pengisian air kolam renang
pengisian air kolam renang


Setelah air terisi penuh, kami melakukan proses treatment awal, agar ph dan cl air berada pada angka yang ideal.

treatment awal pembeningan
treatment awal pembeningan

Berikut ini hasil renovasi kemiringan kolam renang dan kebocoran yang sudah kami selesaikan.

hasil akhir renovasi kolam renang
hasil akhir renovasi kolam renang

Pada bagian konstruksi kebocoran sudah teratasi, karena kolam renang sudah di waterproofing ulang. Ditambah lagi dengan pengecoran ulang menggunakan mutu beton setara K300. Diperkuat dengan dan anyaman besi 8mm.

Pemipaan juga kami tarik ulang menggunakan pipa PVC AW dan sebagian valve menggunakan kuningan agar lebih kuat. Untuk masalah kemiringan kolam renang juga sudah teratasi dengan cara pembuatan tapak baru. Pekerjaan renovasi ini terselesaikan pada tanggal 10 Oktober 2018 ( 3 Bulan 14 Hari ).

Video Renovasi kolam Renang

Anda bisa melihat tahap demi tahap proses terkait proses renovasi kemiringan kolam renang pada video kami di halaman youtube ini.


Demikian ulasan kami tentang report case renovasi kemiringan kolam renang di jakarta selatan. Jika Anda membutuhkan bantuan kami terkait urusan renovasi kolam renang, dengan senang hati kami siap membantu Anda.

Silahakan menghubungi Tim BuatKolam melalui nomor kontak yang tersedia di halaman jasa renovasi kolam renang. Kami didesikasikan untuk bisa melayani Anda. Dimulai dari perencanaan, pembuatan, renovasi dan ataupun pengadaan perlengkapan kolam renang.

Semoga bermanfaat.
This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search