7 Metode Cara Cepat Agar Bisa Renang Bagi Pemula

- Thursday, December 26, 2019

Mahir berenang merupakan kemapuan yang hampir ingin dimiliki oleh kebanyakan orang di bidang olahraga. Akan tetapi, masih banyak pula yang masih belum mahir dalam menguasai olahraga jenis itu. Sehingga, alasan itulah yang membuat orang-orang mencari tahu metode-metode berenang yang tepat supaya mereka tahu bagaimana cara cepat agar bisa renang bagi pemula.

Alasan yang mencolok kenapa kebanyakan orang mencari tahu bagaimana cara cepat agar bisa renang adalah karena mereka tahu bahwa manfaat dari berenang itu sendiri sangatlah banyak.

Selain itu, alasan mereka ingin cepat-cepat bisa berenang berikutnya dapat berupa keinginan yang kuat karena olahraga yang satu ini terlihat menyenangkan.

Cara cepat agar bisa berenang
(merdeka.com)


Jika Anda sedang mencari bagaimana cara cepat agar bisa berenang meskipun notabennya Anda adalah sebagai pemula, maka langkah Anda untuk membaca artikel ini merupakan suatu langkah yang tepat.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan di bawah ini.

7 Metode Cara Cepat Agar Bisa Renang Bagi Pemula


1. Awali dengan Memulainya dari Kolam Dangkal


Jika Anda benar-benar merupakan pemula dan sama sekali belum bisa berenang, maka Anda dapat memulainya dari kolam renang yang dangkal terlebih dahulu. Dengan Anda memulainya dari kolam renang yang dangkal, maka risiko untuk tenggelam serta ketakutan berlebih juga dapat dihapuskan.

Selain itu, dengan memulai latihan di kolam yang dangkal nantinya Anda juga akan lebih mudah untuk melakukan serangkaian latihan entah dari instruksi jarak jauh si pelatih maupun dari bimbingan secara langsung dan dekat.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah cukup dengan jalan-jalan, duduk di air, merendam badan, dan buang rasa gengsi sejauh-jauhnya. Anda sangat perlu melakukan langkah yang satu ini untuk membiasakan diri Anda dengan air serta memahami bagaimana cara mengapung secara perlahan dengan mudahnya.

2. Lanjutkan dengan Perlahan Pada Kolam yang Lebih Dalam


Setelah Anda terbiasa dan nyaman di dalam air serta tidak takut di air pula, maka saatnya Anda mencoba untuk membiasakan diri di kolam yang lebih dalam dari sebelumnya.

Berusahalah untuk Anda menuju ke dalam kolam yang lebih dalam dengan permukaan air setinggi bahu atau ketiak.

Namun, jika Anda masih memiliki rasa takut dengan air, maka Anda dapat melakukan adaptasi dengan air pada kedalaman ketiak atau bahu secara berangsur-angsur atau berkali-kali hingga rasa takut yang Anda miliki dapat hilang. Sehingga Anda sudah terbiasa dengan air.

Pada kolam dengan kedalaman yang lebih dalam dari sebelumnya ini Anda dapat berlatih dengan cara mencelupkan secara perlahan seluruh anggota tubuh. Lakukan berkali-kali hingga Anda terbiasa dan tidak kaget dengan air.

3. Atasi Ketakutan dengan Latihan Bernapas di Dalam Air


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika Anda masih memiliki rasa takut terhadap air, maka Anda dapat mencelupkan badan secara keseluruhan ke dalam air dengan menahan napas secara perlahan dan keluarkan secara perlahan pula di atas permukaan air.

Jika Anda masih takut melakukannya di kolam yang dalam, maka Anda dapat mencobanya terlebih dahulu di kolam yang dangkal dengan berpegangan pada tepian kolam.

Setelah itu, Anda dapat melakukannya dengan meletakkan wajah ke permukaan air dan hembuskan napas sampai menghasilkan gelembung di air. Kemudian Anda dapat berdiri kembali dan silakan bernapas secara normal di udara bebas.

4. Mulailah untuk Belajar Mengapung


Caranya tidak sesulit seperti yang diasumsikan oleh kebanyakan pemula yang sedang mencoba belajar berenang. Di antaranya Anda dapat melakukannya dengan berpegangan pada tepian kolam. Kemudian dapat dilanjutkan dengan menarik napas dalam-dalam setelah itu angkat kaki sembari badanmu bersandar ke belakang. Jangan sampai tegang sehingga badan Anda dapat mengapung dengan rileks.

Meskipun langkah yang satu ini membutuhkan banyak sekali percobaan, tetap saja Anda harus berlatih terus menerus sampai dapat mengapung selama minimal 15 sampai 30 detik saja. Selanjutnya cobalah untuk mengapung secara perlahan tanpa berpegangan pada tepian kolam. Sehingga, latihan renang Anda juga lambat laun memiliki progress yang perlahan tetapi pasti.

Jika Anda sudah dapat mengapung dalam berbagai keadaan, maka silakan lanjutkan dengan membalikkan badan Anda supaya tidak telentang dan dapat diiringi dengan berpegangan di tepi kolam kemudian tarik napas dalam-dalam dan masukkan kepala di air sembari kaki menendang air.

5 .Berusaha Berenang Sejauh Lintasan dengan Bantuan Pelampung


Setelah Anda bisa mengapung tanpa berpegangan di tepi kolam dan telah yakin bahwa tubuh Anda lebih ringan dari massa jenis air, maka Anda dapat melanjutkannya dengan menyiapkan alat pelampung untuk Anda berenang.

Dengan bantuan alat pelampung tersebut cobalah untuk berenang satu lintasan saja sebagai permulaannya. Anda dapat menggunakan papan pelampung atau pelampung sponge panjang yang menurut Anda paling cocok untuk Anda gunakan.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memutar kepala ke samping untuk bernapas sembari menyelesaikan satu lintasan yang menjadi target awal Anda. Akan tetapi, selingi dengan istirahat yang cukup sebelum nantinya Anda kembali berlatih.

6. Terus Membiasakan Berenang Sepanjang Satu Lintasan Disertai Gunakan Tangan untuk Mendayung Maju


Mencoba lagi untuk satu lintasan berikutnya dengan melepas satu tangan pada papan pelampung. Caranya cukup dengan menggerakan lenganmu dalam pose mendayung ke air yang dilanjutkan angkat dari dalam air serta kembalikan kepada posisi semula.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkannya dengan mengganti tangan satunya dan ulangi langkah tersebut serta jangan lupa untuk putar kepala Anda ke samping ketika harus menarik napas. Nah, ingat pula untuk beristirahat dan silakan ulangi sesuai dengan kemampuan serta kemauan Anda.

7. Kali Ini Cobalah Berenang Tanpa Menggunakan Pelampung


Jika Anda sudah mulai merasa nyaman, maka cobalah untuk berenang tanpa menggunakan pelampung. Akan tetapi, jangan jauhkan pelampung tersebut dari diri Anda. Tetap sandingkan saja di sepan Anda untuk berjaga-jaga.

Selain itu, papan pelampung tersebut juga berguna untuk menunjang teknik latihan selanjutnya. Yakni dengan cara dorong papan pelampung ke arah depan akan tetapi cobalah untuk tidak memegangnya.

Setelah itu, mulailah dengan untuk menggunakan tangan Anda dalam gerakan mendayung gaya bebas dengan kaki menendang pada gerakan menendang lembut bergantian. Tetapi perhatikan supaya tangan tetap lurus dan memutar kepala ke samping sembari bernapas.

Nah, ketika pada tahap ini Anda menyentuh papan pelampung, maka gunakan papan tersebut sebagai penyokong tubuh ketika Anda beristirahat. Atau dapat pula digunakan dalam melakukan teknik sebelumnya secara berkala dengan mendorong kembali pelampung tersebut dan terus berenang.

Setelah itu silakan Anda beristirahat jika lelah dan kembalilah berlatih sesuai kemampuan dan kemauan Anda sendiri. Hal ini sangat sinergi dengan teori teknik dasar berenang.

Jangan lupa sebelum memulai berlatih untuk menyiapkan semua perlengkapan renang yang Anda perlukan untuk mendukung pelatihan renang yang Anda usahakan. Semoga berhasil…
 

Start typing and press Enter to search