11 Manfaat Berenang Bagi Manusia, Wajib Tahu

- Friday, January 03, 2020
Olahraga berenang adalah jenis olah raga yang disunahkan Nabi. Selain menyenangkan, menyehatkan juga banyak manfaat berenang bagi manuasia.

Banyak di luar sana orang-orang berusaha menjalankan pola hidup sehat dengan melakukan berbagai macam cara. Di antaranya menjaga pola makan, istirahat teratur, serta olahraga rutin demi menunjang program pola hidup sehat yang dilakukan.

Berbicara mengenai olahraga yang dipilih untuk menunjang pola hidup sehat sangatlah beragam. Namun, memilih satu di antara banyaknya jenis olahraga untuk pola hidup sehat biasanya membuat per orangan bingung mana satu yang tepat untuk mereka.

Lebih-lebih jika Anda hendak mencari jenis olahraga yang tidak menimbulkan keringat dan menyegarkan. Nah, jika itu mau Anda maka berenang adalah jawaban tepatnya.

Selain dapat menyegarkan bagi siapa pun yang melakukannya, berenang juga memiliki berbagai macam manfaat yang dapat Anda peroleh jika melakukannya secara teratur.

Apa saja manfaat tersebut? Berikut akan dijelaskan berkaitan dengan apa saja manfaat berenang bagi manusia.

11 Manfaat Berenang Bagi Manusia


1. Menenangkan Pikiran serta Mampu Mengurangi Stres


Berenang dengan santai dan juga rutin akan membuat Anda merasa lebih tenang dan bahkan mampu mengurangi sres. Hal ini sangat bermanfaat jika Anda berada dalam kondisi banyak masalah, banyak pikiran, dan lain sebagainya. Karena dengan demikian Anda dapat menanggulanginya dengan cara berenang. Selain menyehatkan, juga dapat membuat Anda lebih rileks dan tenang.

2. Bermanfaat untuk Melatih Seluruh Otot Tubuh


Berenang merupakah olahraga yang membuat siapa pun yang melakukannya mampu menggerakkan seluruh anggota tubuh sehingga sangat mampu untuk melatih otot-otot tubuh supaya tetap sehat.



3. Bermanfaat Sebagai Olahraga Tepat Bagi Seseorang yang Malas Berkeringat


Berolahraga dengan terus-terusan disandingkan dengan air membuat olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang tidak membuat seseorang yang melakukannya mengeluarkan keringat melainkan malah menyegarkan siapa pun yang melakukannya.

Sehingga, jika Anda termasuk orang yang risih jika berkeringat namun tetap ingin melakukan pola hidup sehat dengan olahraga, maka berenang menjadi solusi tepat untuk memecahkan masalah Anda tersebut.

4. Bermanfaat untuk Menjauhkan Risiko Penyakit Jantung dan Paru-Paru pada Seseorang


Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika Anda berenang mampu membuat jantung serta paru-paru Anda menjadi lebih sehat. Apa lagi jika Anda melakukan olahraga yang satu ini dengan teratur. Maka, kesehatan jantung dan paru-paru Anda juga semakin terjaga.

Tanpa harus lelah-lelah memikirkan metode atau cara apa yang digunakan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Cukup berenang santai dan teratur, maka kesehatan tubuh juga terjaga.

5. Bermanfaat untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah Seseorang


Selain beberapa manfaat di atas, berenang juga dapat mengendalikan kadar gula darah seseorang sehingga olahraga jenis ini dipercaya sebagai salah satu olahraga yang tepat untuk siapa saja yang hendak mencegah penyakit diabetes.

6. Bermanfaat Menjaga Kadar Kolesterol Pada Tubuh Seseorang


Selain mampu mengendaikan kadar gula darah, dengan berenang Anda juga dapat menjaga kolesterol sehingga terhindar dari penyakit-penyakit berat yang disebabkan oleh kolesterol yang tinggi. Namun, jika dalam hal ini Anda sudah menderita penyakit berat seperti darah tinggi, penyakit jantung dan lain sebagainya, tetap lakukan konsultasi kepada dokter sebelum melakukan olahraga jenis ini ya…

7. Bermanfaat untuk Penderita Arthritis atau Nyeri Sendi


Pada umumnya, pendertita nyeri sendi atau Arthritis bingung memilih olahraga apa yang mereka lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tanpa membuat sendi-sendi mereka nyeri dan sakit. Pasalnya, jika mereka melakukan olahraga seperti lari, sepak bola, dan olah raga lainnya, tentunya lama kelamaan akan membuat sendi mereka terasa nyeri.

Nah, dengan demikian, jika Anda ingin tetap berolahraga tanpa mengganggu sendi Anda, maka berenang menjadi solusi yang tepat karena olahraga jenis ini mampu menjaga kesehatan tubuh termasuk sendi tanpa membuatnya nyeri terlebih dahulu.

8. Bermanfaat untuk Membantu Seseorang dalam Pemulihan Cedera


Jika Anda berada dalam fase pemulihan cedera dan bingung bagaimana harus berolahraga, maka akan sangat tepat jika Anda memilih berenang sebagai opsi pertamanya. Lebih-lebih jika Anda berenang di air hangat. Maka selain menyehatkan tubuh Anda, hal tersebut dipercaya dapat membantu proses pemulihan cedera secara tidak langsung.

9. Bermanfaat untuk Membakar Kalori


Jika Anda melakukan olahraga jenis ini selama 60 menit, maka Anda secara otomatis akan membakar kurang lebih sekitar 500-700 kalori. Kalori tersebut nantinya akan diolah untuk menghasilkan energi.
Lakukan olahraga renang tersebut selama 30-60 menit per hari.

Manfaat Berenang Bagi Manusia
Jatim.tribunnews.com
Kegiatan renang tersebut akan membakar karbohidrat terlebih dahulu pada menit-menit pertama. Dilanjutkan dengan membakar lemak pada menit-menit berikutnya.

Berenang juga akan berguna dan bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke, diabetes, serta penyakit jantung jika Anda melakukannya secara rutin selama 4-6 hari seminggu.

10. Berenang Bermanfaat Menunjang Program Diet yang Sehat


Banyaknya dampak buruk yang ditimbulkan dari program diet yang salah membuat kebanyakan orang yang hendak menjalankan program diet lebih memilih untuk beralih pada program-program yang lebih aman.

Salah satu yang diupayakan adalah dengan olahraga yang teratur. Kebanyakan orang juga masih merasa bingung dengan olahraga apa yang seharusnya mereka pilih untuk mendukung program diet yang dilakukan.

Jika Anda bingung memilih mana satu yang dapat menunjang program diet Anda, maka Anda harus tahu bahwa terdapat salah satu olahraga yang sangat cocok untuk menunjang serta mendukung program diet secara sehat tanpa menimbulkan risiko yang berbahaya bagi kesehatan.

Berenang merupakan olahraga yang mampu mengurangi berat badan seseorang serta mengubah kalori untuk diubah menjadi zat yang lebih bermanfaat. Jika Anda melakukan olahraga renang secara rutin, maka diet sehat dengan hasil yang memuaskan akan segera Anda peroleh tanpa menimbulkan risiko-risioko berbahaya.

11. Bermanfaat untuk Memicu Tubuh yang Segar di Samping Menurunnya Berat Badan secara Normal


Jika Anda rutin melakukan olahraga berenang, maka nantinya selain dapat menurunkan berat badan Anda, maka tubuh Anda juga terasa akan lebih segar dibandingkan sebelum-sebelumnya. Oleh sebab itu, semangat yang Anda miliki juga akan terus terbangun dalam beraktifitas sehari-harinya.


Memiliki tubuh dengan berat badan ideal dan juga kesegaran yang menyehatkan tentunya menjadi salah satu hal yang diimpi-impikan oleh kebanyakan orang. Jika tujuan tersebut merupakan tujuan yang Anda inginkan, maka mulailah untuk melakukan olahraga renang.

Kegiatan tersebut dapat Anda lakukan setidaknya 4-6 hari selama satu minggu dengan rentang waktu kurang lebih 30-60 menit setiap satu kali Anda berenang. Akan tetapi, hal yang perlu diperhatikan tidak hanya itu saja.

Melainkan Anda juga perlu memperhatikan gerakan renang yang dilakukan. Jangan sampai salah gerakan yang justru malah menimbulkan kram dan lain sebagainya. Sehingga, mulailah dengan pemanasan sesuai aturan dan berenang dengan hati-hati.

Banyaknya manfaat yang ditimbulkan dari olahraga renang seharusnya membuat orang-orang semakin tergugah untuk melakukan olahraga jenis ini. Sehingga, manfaat yang ada pun dapat diperoleh dengan baik. Semoga artikel manfaat berenang bagi manusia dapat menambah wawasan Anda…
 

Start typing and press Enter to search