7 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu !

- Friday, January 03, 2020
Mengetahui knowledge tentang manfaat berenang untuk ibu hamil menjadi sebuah kebutuhan bagi para bumil hari ini.

Menjadi seorang ibu merupakan salah satu impian yang diinginkan oleh hampir seluruh pasangan yang sudah menikah. Lebih-lebih pada momen pertama ketika si calon orang tua menyambut kelahiran buah hati untuk pertama kalinya. Sehingga, keistimewaan saat menyambut si buah hati diupayakan mulai dari mendengar kabar kehamilan yang dilanjutkan dengan perlakuan istimewa kebada bumil (ibu hamil).

Selain perlakuan istimewa yang diberikan oleh keluarga kepada bumil dan si bayi, biasanya dari si ibu hamil sendiri juga mengupayakan berbagai macam perlakuan yang dikhususkan demi kebaikan dirinya dan calon si buah hati. Seperti halnya makan makanan bergizi, istirahat teratur, hingga memilih metode olahraga yang tepat termasuk olahraga renang.

Akan tetapi, masih ada pula yang belum mengetahui apa saja manfaat berenang untuk ibu hamil itu sendiri. Dan jika Anda termasuk salah satunya, berikut akan dibahas berkaitan dengan apa saja manfaat berenang untuk ibu hamil.

7 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil


1. Dapat Menghilangkan Pembengkakan dan Varises


Tahukah Anda bahwa ternyata melakukan kegiatan berupa olahraga renang bagi ibu hamil dapat membantu ibu hamil meringankan ketegangan dan rasa sakit pada tubuh serta mampu pula untuk menyingkirkan pembengkakan dan varises yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Dan perlu Anda tahu juga bahwa pembengkakan dan varises merupakan dua masalah serius yang sering dihadapi seorang ibu selama masa kehamilan. Namun dengan melakukan renang dengan teratur, maka Anda dapat mengatasi keresahan tersebut ya mam….

2. Kesehatan Tubuh si Ibu Semakin Stabil


Selain dapat menghilangkan pembengkakan dan juga varises, rutin melakukan olahraga renang bagi ibu hamil juga dapat mengakibatkan punggung lebih sehat dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak berenang.

Selain itu, seorang ibu yang rutin berenang juga memiliki kesempatan untuk bisa melahirkan lebih mudah dan cepat dibandingkan seorang ibu yang tidak berenang. Hal tersebut juga sudah dibuktikan oleh fakta-fakta yang diungkapkan oleh para peneliti berkaitan dengan kelancaran dalam melahirkan yang menunjukkan kesehatan tubuh yang stabil selama kehamilan akibat berenang.

Kenapa demikian? Hal tersebut dikarenakan bahwa ketika seoran ibu hamil yang tidak boleh tidur tengkurap dan merasakan kondisi tubuh kurang mengenakan, maka akan lebih stabil dan memunculkan kenikmatan tersendiri ketika si ibu melakukan kegiatan berupa olahraga renang. Pasalnya, ketika berenang, si ibu dapat bergerak bebas.

Tidak berhenti sampai di situ. Kestabilan kesehatan si ibu hamil juga terlihat ketika berkurangnya risiko keguguran akibat adanya pergerakan otot perut berlebihan yang berakibat ke janin. Dan hal tersebut dapat terbentuk hanya karena melakukan kegiatan renang secara rutin oleh si ibu hamil.

3. Dapat Melatih Pernapasan Mama dan si Buah Hati


Selain untuk melatih pernapasan si ibu hamil, kegiatan berenang juga dapat membuat pernapasan janin lebih sehat dan kuat. Meskipun kebanyakan orang juga tahu bahwa ibu hamil dapat mencoba melakukan latihan pernapasan di luar kolam renang. Akan tetapi, kegiatan renang yang dilakukan ibu hamil akan membuat proses pernapasan menjadi lebih alami.

Dengan rutin berenang, maka pernapasan bayi yang masih tumbuh di dalam janin terus terlatih sehingga mengurangi risiko anoksia atau kekurangan oksigen saat persalinan.

Padahal, seperti yang dunia kesehatan ketahui bahwa banyak sekali penelitian yang menunjukkan bayi berpotensi mengalami anoksia ketika persalinan. Nah, selain pernapasan si ibu yang terlatih, maka pernapasan si buah hati juga turut terjaga hingga mempermudah dan meningkatkan kesehatan hingga persalinan nantinya.

4. Turut Menjaga Kestabilan Berat Badan


Jika seorang ibu hamil memiliki berat badan yang naik signifikan secara terus menerus hingga menunjukkan perbedaan angka yang cukup banyak, maka akan menimbulkan perjuangan luar biasa pasca melahirkan untuk mengembalikan seperti sedia kala.

Dengan demikian, berenang menjadi salah satu solusi untuk meringankan perjuangan mengembalikan berat badan pasca melahirkan karena olahraga jenis ini dapat membantu ibu membakar kalori hingga jumlah 600 kalori di dalam tubuh.

manfaat berenang untuk ibu hamil
Rsmelinda2.com


Sebenarnya, ideal penambahan kalori selama ibu berada dalam keadaan hamil ialah 300 kalori lebih banyak dari kebutuhan semasa tidak hamil. Akan tetapi, pada umumnya seorang wanita yang berada dalam masa mengandung memiliki nafsu makan yang besar sehingga melebihi kebutuhan kalori yang semestinya.

Tidak ada yang salah dalam hal ini. Karena sangat wajar jika seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi lebih. Karena nutrisi yang diterima oleh ibu hamil akan diteruskan juga untuk janin demi membantu perkembangan dan juga pertumbuhannya.

Baca juga manfaat berenang secara umum

5. Berenang dapat Membuat Tidur Ibu Hamil Menjadi Lebih Nyenyak


Siapa sangka bahwa berenang dapat membuat ibu hamil dapat melepas kepenatan dan menghilangkan lelah akibat aktivitas yang dilakukan sehari-harinya. Hal tersebut dikarenakan gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan ketika bumil berenang mampu menyegarkan fisik meupun mental dari bumil itu sendiri.

Nah, kesegaran fisik dan ketenangan tersebut lah yang mempu membuat bumil akan merasakan tidur yang lebih nyenyak di malam harinya. Berbeda dengan kondisi ketika bumil tidak melakukan kegiatan renang secara teratur. Maka dari itu, berenang mampu membuktikan kenyenyakan tidur oleh bumil yang menenangkan serta berkualitas pula.

Sehingga, jika Anda sebagai bumil memiliki keluh kesah atau kesulitan untuk tidur di malam hari, maka Anda dapat mencoba melakukan kegiatan berupa rutin berenang sehingga tidur pun tidak sulit melainkan nyenyak dan membuat nyaman tubuh bumil.

6. Mengakibatkan Posisi Janin Menjadi Sempurna


Tahukah ibu bahwa selain beberapa manfaat di atas, ternyata jika bumil rutin melakukan olahraga renang ternyata dapat pula membantu bayi memiliki posisi tepat di dalam Rahim. Bukan hanya itu, berenang yang dilakukan oleh ibu dalam kondisi hamil menjadikan tubuh menjadi lebih rileks sehingga bayi dan ibu yang mengandungnya pun juga merasakan emosi positif jauh dari kata stress.

Dengan kondisi rileks serta posisi janin yang sempurna, tentunya mampu membuat serta membantu kemudahan dalam persalinan nantinya. Karena, kesulitan dalam persalinan juga biasanya ditimbulkan akibat posisi janin yang tidak sesuai. Maka dari itu, jangan anggap remeh dampak yang ditimbulkan renang ketika berada dalam keadaan hamil ya mam. Pasalnya berdampak positif pula bahkan berperan dalam kemudahan proses persalinan.

7. Mampu Memperlancar Peredaran Darah


Perlu diketahui pula akibat tekanan di dalam air yang berbeda, maka hal tersebut juga mengakibatkan sirkulasi darah, getah bening, serta paru-paru Anda sebagai bumil dapat berfungsi dengan baik. Sehingga, jika bumil rutin melakukan kegiatan berupa rutin berenang, maka akan membantu melancarkan sirkulasi darah bahkan sampai berperan pada kesehatan dan menjaga fungsi jantung.

Dengan demikian, dengan rutin berenang, maka dapat membuat kebutuhan nutrisi dan oksigen bumil serta si buah hati terpenuhi serta akan berlangsung dengan baik dan juga lancar.
Demikian beberapa manfaat berenang untuk ibu hamil, semoga bermanfaat…
 

Start typing and press Enter to search