7 Manfaat Berenang Bagi Wanita, Wajib Tahu !

Manfaat 2BBerenang 2BBagi 2BWanita

Jangan sampai menyesal gegara tidak mengetahui manfaat berenang bagi wanita. So jika Anda berkelamin perempuan, saatnya tambah pengetahuan Anda tentang manfaat berenang.

Hobi berenang menimbulkan berbagai macam manfaat karena berenang merupakan aktifitas yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh bagi setiap orang. Sehingga, akibat dari beragam manfaat tersebut membuat orang yang tidak suka berenang pun akan berusaha untuk belajar renang sampai bisa serta mahir dalam melakukannya.

Renang merupakan olahraga yang diminati banyak kalangan di berbagai macam usia. Termasuk bagi wanita. Tentunya, tidak lepas dari semua itu, olahraga renang juga memiliki manfaat bagi wanita yang rutin melakukannya.

Tahukah Anda apa saja manfaat berenang bagi wanita? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk cari tahu apa saja manfaat berenang bagi wanita dengan membaca ulasan berikut.

7 Manfaat Berenang Bagi Wanita

1. Mampu Menenangkan Pikiran dan Mengurangi Stres

Apakah Anda termasuk salah satu wanita yang memiliki kegiatan berat dan aktivitas yang cukup padat? Jik iya, maka Anda membutuhkan waktu untuk sekedar menenangkan pikiran dari serangkaian kegiatan yang melelahkan.

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan berenang secara rutin. Karena, dengan demikian, maka Anda akan dapat mengurangi stress, depresi, bahkan dapat pula memperbaiki pola tidur dengan baik sebagai seorang wanita. Maka dari itu, cobalah berenang dengan ringan serta santai untuk mendapatkan manfaatnya. Yaitu menenangkan pikiran dan juga mengurangi stres berlebih pada tubuh.

2. Berenang Mampu Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat

Ternyata, olahraga yang satu ini juga memiliki peran yang sangat penting untuk ibu hamil. Bukan hanya dapat menjaga kesehatan bumilnya saja. Melainkan juga dapat menjaga kesehatan si bayi akibat ketenangan yang ditimbulkan oleh ibu yang sedang mengandung.

Untuk wanita yang berada dalam keadaan hamil, gaya apung akan membuat persendian bebas dari beban berat untuk sementara waktu. Anda tetap dapat berenang menggunakan gaya-gaya renang yang membuat Anda nyaman dan tidak mempersulit diri Anda sendiri. Sebagai contohnya adalah penggunaan gaya dada. Jika tidak nyaman, Anda tidak perlu memaksakannya melainkan dapat mencoba gaya lain yang lebih nyaman untuk Anda coba.

3. Dapat Melatih Seluruh Otot Tubuh

Tahukan Anda bahwa olahraga renang merupakan olahraga yang membuat seluruh otot tubuh bergerak dengan leluasa. Cukup dengan menggunakan gaya yang santai saja  sudah melibatkan seluruh otot pada tubuh untuk lebih sehat dan terjaga akibat gerakan-gerakan yang ditimbulkan.
Selain itu, rutin berenang juga membuat Anda akan merasa berhasil dalam membakar kalori.

Hanya dengan berenang santai saja, Anda sudah dapat membakar kalori dengan jumlah lebih dari 200 kalori hanya dalam setengah jam saja. Sehingga, jumlah tersebut menunjukkan bahwa kalori yang dibakar seseorang ketika berenang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibakar oleh orang yang berjalan dalam rentang waktu yang sama.

Jika seorang wanita rutin berenang, maka tentunya akan merasakan energi yang lebih di dalam tubuhnya. Hal tersebut dikarenakan sistem metabolisme tubuh meningkat. Dengan kata lain, tubuh menjadi lebih maksimal dalam menggunakan karbohidrat atau lemak yang kita ketahui berperan sebagai sumber energi manusia. Berenang menjadi solusi tepat sebagai pilihan olahraga bagi wanita yang malas atau risih ketika berkeringat.

Manfaat Berenang Bagi Wanita
Blog.sukawu.com

Berenang tentunya tidak akan menyebabkan Anda berkeringat karena olahraga yang satu ini merupakan jenis olahraga yang menyandingkan Anda dengan air sehingga air tersebut akan terus mendinginkan suhu tubuh.

Maka dari itu, jika Anda termasuk salah seorang wanita yang kurang suka berkeringat namun tetap ingin menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, maka jenis olahraga bernama renang ini menjadi opsi yang sangat tepat untuk Anda pilih.

Selain menyehatkan dan tidak menimbulkan munculnya keringat, berenang tentunya juga akan lebih menyegarkan tubuh Anda sehingga akan selalu merasa sejuk dan segar dalam menjalankan aktifita sehari-harinya.

4. Dapat Mengendalikan Kadar Gula Darah

Berenang dapat pula menjauhkan seorang wanita dari penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan olahraga jenis ini mampu menjaga kadar gula darah supaya tetap terkontrol. Selain itu, berenang juga sangat baik untuk membakar kalori serta mengurangi berat badan hingga meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh seseorang.

Sehingga semakin membuktikan bahwa benar adanya olahraga renang dapat menjauhkan seseorang dari risiko penyakit diabetes yang membahayakan tubuh serta baik pula dijadikan opsi olahraga bagi wanita yang ingin menjaga berat badan supaya tetap stabil.

5. Mampu Menjaga Kadar Kolesterol Pada Tubuh Seorang Wanita

Jika Anda merupakan salah satu wanita yang mengidap kadar kolesterol cukup tinggi, maka olahraga renang ini sangat cocok untuk Anda lakukan karena mampu mengendalikan bahkan menjaga kadar kolesterol pada tubuh seseorang.

Dengan berenang tubuh Anda akan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL serta mampu meningkatkan adanya kolesterol baik atau HDL.

Namun, perlu Anda perhatikan pula, jika Anda memiliki penyakit lain seperti hipertensi atau pun penyakit berat lainnya, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga ini untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Baca juga: Manfaat berenang untuk ibu hamil

6. Berdampak Baik untuk Penderita Arthritis atau Nyeri Sendi

Jika hendak menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga namun Anda memiliki penyakit arthritis, maka olahraga renang menjadi salah satu opsi yang tepat untuk Anda supaya tetap dapat menjaga kesehatan tubuh. Karena, jika Anda melakukan olahraga lain seperti lari atau aerobik, tentunya akan membuat persendian terasa sakit serta nyeri.

Sedangkan, bagi penderita penyakit punggung, melakukan olahraga air dengan berenang ini merupakan cara terbaik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan bahwa olahraga jenis ini diungkapkan sebagai olahraga yang paling aman serta mampu secara efektif meringankan sakit punggung bagian bawah

7. Bermanfaat untuk Membantu Seseorang dalam Pemulihan Cedera

Jika Anda merupakan salah satu wanita yang sedang berada dalam fase pemulihan cedera namun ingin tetap berolahraga supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, maka berenang juga merupakan opsi yang tepat untuk Anda ambil sebagai pilihan utama dalam olahraga.

Pada kasus ini hampir semua orang juga tahu bahwa air mampu menopang tubuh hingga 90 persen sehingga tubuh terasa lebih ringan jika berada di dalam air. Dengan demikian, sebagai contoh jika Anda mengalami cedera lutut, maka Anda tetap dapat aktif berolahraga dengan berenang secara ringan tanpa menggunakan gaya yang berat.

Dengan berenang, secara tidak langsung berati Anda sedang mengupayakan pemulihan cedera sebagaimana yang diupayakan oleh salah seorang dokter sekaligus perawat lansia bernama Melinda Ratini. Jika air di dalam kolam bersuhu hangat, maka otot dan sendi akan mendapatkan efek yang lebih baik hingga pemulihan cedera semakin terbantu dengan melakukan olahraga tersebut.

Jadi, masih ragukah Anda untuk melakukan olahraga jenis ini? Tentunya dengan mengetahui berbagai macam manfaat yang ditimbulkan dari olahraga renang semakin membuat Anda bersemangat untuk melakukannya bukan? Maka tunggu apa lagi. Mulailah rajin berolahraga termasuk olahraga renang demi keberlangsungan kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply