Masih Bingung dengan Gerak Dasar Berenang? Berikut Pembahasannya

gerak dasar berenang

Gerak dasar berenang sangat erat kaitannya dengan teknik dasar berenang, teknik dasar mengapung. Gerakan ini merupakan sebuah dasar agar cepat bisa berenang.

Seiring dengan perkembangan zaman, ditemukan pula berbagai macam perkembangan olahraga termasuk pada olahraga yang melibatkan air. Menyinggung pembahasan berkaitan dengan olahraga air, terdapat banyak macam olahraga air tersebut terutama yang paling banyak disukai yakni olahraga renang.

Jenis olahraga ini sudah banyak dan sering dijumpai pada perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional. Selain memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, menekuni olahraga renang juga akan membuat seseorang termotivasi untuk menjadi atlet renang yang berprestasi.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara berenang yang benar melalui gerak dasar dalam berenang. Bagaimana caranya? Langsung saja yuk! ikuti pembahasan gerak dasar berenang untuk pemula berikut.

Pengertian Olahraga Renang

Sebelum Anda mengetahui gerak dasar berenang dalam cakupan teknik dasar berenang, sebagai pembukaan jawablah pertanyaan berikut. Yakni menurut Anda apa sih pengertian olahraga?

Olahraga sendiri merupakan suatu bentuk aktifitas fisik yang sudah direncanakan dan tersusun dengan gerakan-gerakan yang diulang-ulang dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani.

Sedangkan untuk olahraga berenang merupakan olahraga yang dilakukan di air dengan mengikuti berbagai macam gerakan sesuai aturan dengan alat bantu atau pun tanpa alat bantu.

Seperti yang Anda ketahui bahwa banyak orang yang memiliki hobi renang, kenapa? Hal tersebut dikarenakan olahraga renang ini termasuk olahraga pembakar kalori pada tubuh yang paling mudah sehingga tidak heran ketika dijumpai banyak orang yang menyukai olahraga ini.

Bukan hanya itu saja, pengaruh renang yang menonjol terhadap pertumbuhan tulang tubuh seperti menambah tinggi badan, membuat olahraga jenis ini menjadi salah satu olahraga yang semakin disukai baik untuk kaum laki-laki maupun perempuan.

Baca juga: manfaat berenang bagi tubuh

Gerak Dasar Renang

Gerakan dasar berenang merupakan salah satu poin penting yang harus dikuasi oleh para perenang termasuk untuk para pemula. Sehingga, bagi siapapun yang ingin mahir dalam berenang, tentu gerak dasar berenang menjadi salah aspek yang wajib dipelajari secara rutin.

Mengetahui gerak dasar berenang merupakan langkah awal sebagai pemenuhan cara belajar berenang untuk pemula yang paling efektif. Nah, tahukah Anda, ada berapa gerak dasar dalam olahraga renang?

Gerak dasar berenang terbagi menjadi 4, yakni:

  1. Pernafasan.
  2. Melucur.
  3. Mengampung.
  4. Koordinasi

Untuk penjelasan lebih dalam dari olahraga yang memiliki kemampuan untuk menambah tinggi badan, menambah masa otot, serta menambah nafsu makan dapat Anda cek pada penjelasan di bawah ini.

1. Teknik Dasar Pernafasan

Gerak dasar berenang yangpertama yaitu teknik pernafasan. Pernafasan merupakan teknik dasar renang paling utama yang wajib dikuasi. Sebab, ketika seseorang tidak menguasai teknik pernafasan ini, maka mereka juga akan kewalahan dalam melakukan gerakan-gerakan lain dalam berenang.

Mengelola pernafasan dengan baik secara teratur dalam berenang merupakan salah satu cara yang efektif dalam teknik dasar berenang. Sedangkan untuk caranya sendiri, Anda dapat melakukan pernafasan dalam berenang dengan berdiri di pinggir kolam renang yang tidak terlalu dalam terlebih dahulu.

Usahakan untuk berdirilah di pinggir kolam sekirannya se-ukuran dada sehingga kepala masih di atas permukaan air. Setelah itu, silakan tarik nafas melalui mulut dan tahan untuk beberapa saat.

Kemudian lanjutkan dengan memasukkan kepala Anda ke dalam air. Akan tetapi, bila kiranya tidak kuat, barulah angkat kepala dan hembuskan melalui hidung.

Jangan lupa untuk melakukan menarik nafas dengan mulut dan menghembuskannya dengan hidung.

Ada 5 tahapan untuk melakukan teknik dasar pernafasan dalam olahraga renang, yaitu:

  1. Latihan menahan nafas.
  2. Latihan membuang nafas.
  3. Latihan menarik dan membuang nafas.
  4. Latihan pernafasan posisi horizontal.
  5. Latihan bernafas dengan berenang.

Agar bisa lancar belajar pernafasan untuk latihan berenang, lakukan secara rutin sebanyak 10 sampai 15 kali supaya semakin cepat pula untuk Anda dapat mempelajari teknik berenang lainnya.

Akan tetapi, tidak mudah untuk bisa melakukan secara rutin tanpa ada niatan yang bersungguh-sungguh. Oleh sebab itu, teteplah berusaha dan pantang menyerah adalah kunci keberhasilan dari setiap latihan.

2. Teknik Meluncur

Gerak dasar berenang yang kedua adalah teknik meluncur. Teknik dasar meluncur merupakan gerakan tubuh secara horizontal dibawah permukaan air kolam renang. Caranya cobalah Anda berdiri membelakangi dinding kolam renang. Apabila Anda benar benar pemula, usahakan utuk melakukan di tingkat kedalaman yang masih bisa Anda kendalikan. Pilih yang dangkal untuk menghindari resiko.

Kemudian tempalkan salah satu telapak kaki Anda, boleh yang kanan atau yang kiri pada dinding kolam renang dengan keadaan jari-jari kaki menghadap ke bawah sebagai media tolakan saat mau meluncur nantinya.

Setelah itu, lanjutkan dengan mendorong badan melalui tolakan kaki yang sudah dilakukan dan meluncurlah sejauh mungkin dengan tangan sejajar di depan.

Perhatikan, kepala diusahakan masuk dalam air sehingga kuping sejajar dengan lengan tangan. Anda perlu melakukan gerakan ini berulang ulang bisa 10 sampai 15 kali untuk menemukan keseimbangan tubuh Anda. Hingga dirasa cukup bisa dalam meluncur.

3. Teknik Mengapung

Gerak dasar berenang yang ketiga yaitu mengapung. Bagaimana menurut Anda dengan teknik atau gerakan yang satu ini? Apakah menurut Anda mengapung di air itu gampang, atau justru sebaliknya? Memang mengapung di atas air itu juga memerlukan teknik khusus dan tidak bisa dikuasai secara langsung.

Dengan demikian, cara berenang yang baik dan benar, juga dipelajari oleh atlet olaharaga renang dengan memakai teknik mengapung.

Nah, perlu Anda ketahui pula bahwa terdapat beberapa faktor psikologis yang membuat seorang sulit untuk mengapung di dalam air, seperti rasa panik atau kurangnya rileksasi, kurang Percaya diri, takut tenggelam yang berlebih, serta rauma dengan hal buruk.

Ada banyak cara untuk bisa mengapung di air yang umumnya mudah dipelajari jika sudah mampu untuk menghilangkan 4 faktor di atas. Ketika seseorang sudah mampu mengapung, maka orang tersebut juga akan mudah untuk menambah kesimbangan dan konsentrasi dari setiap perenang.

Sedangkan keseimbangan dalam berenang dalam hal ini sangat diperlukan terutama supaya bisa mengapung di atas air. Untuk macamnya, terdapat beberapa macam teknik mengapung dalam olahraga renang kali ini. Seperti:

Mengambang dengan Terlentang

Penasaran dengan tutorialnya? Perhatikan cara berikut.

  • Hal yang pertama dilakukan adalah menyelam.
  • Ingat untuk langsung melakukan lompatan. Akan tetapi, lakukan dengan turun dari pinggir kolam renang dan terus berpegangan terlebih dahulu.
  • Tahan nafas di dalam air dengan tetap berpegangan pada sisi kolam renang.
  • Hindari perihal terburu-buru untuk langsung ke dalam kolam renang karena kita belum mengetahui kedalaman kolam renang yang akan dijadikan tempat kita berenang.
  • Jangan lupa untuk dorong badan sedikit menjauhi dari tepi serta usahakan untuk tetep rileks dan tidak panik ya.
  • Selanjutnya, mulai gerakan kaki seperti katak dan gerakan kaki membuka.
  • Kemudian mulai pula untuk menggerakkan kedua tangan Anda seperti gerakan ayam yeng mengepakkan sayapnya dan dilanjutkan dengan menggerakan telapak tangan dari atas ke bawah secara berulang-ulang, sepaya mendapat dorongan ke atas sehingga membantu dalam mengapung di atas air nantinya.
  • Lakukan gerakan tangan dan kaki ini dengan berulang-ulang dan jika nafas terasa sudah tidak kuat serta kaki dan tangan Anda sudah mulai lemas, segera untuk menepi agar bisa rileks lagi kemudian jika masih memungkinkan maka lanjutkan latihan Anda.

Selain cara mengapung yang sudah disebutkan, di bawah ini juga disebutkan 6 cara untuk bisa mengapung di air tanpa pelampung:

  1. Usahakan untuk cari lokasi air yang lumayan dalam atau minimal kedalaman kolam sedagu.
  2. Lanjutkan langkah Anda dengan menarik nafas sekuat-kuatnya.
  3. Kemudian dorong kaki, sehingga kaki bisa sejajar di atas permukan air dan jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh ketika mengapung di atas air.
  4. Setelah itu, hadapkan muka ke arah langit.
  5. Lanjutkan dengan rentangkan tangan ketika mengapung.
  6. Akhiri dengan melakukan gerakan-gerakan kecil pada bagian kaki dan tangan ya.

Menuju poin terakhit dalam gerak dasar berenang yaitu koordinasi.

4. Koordinasi

Koordinasi juga merupakan gerak dasar berenang yang terakhir, jadi tanpa menciptakan koordinasi yang baik, bisa dikatakan Anda belum mengusai teknik gerak dasar berenang.

latihan koordinasi gerakan renang adalah sebuah bentuk / upaya latihan yang terpadu dari semua unsur gerakan yang ada pada gerak dasar renang, yaitu dimulai dari gerakan pernfasan, meluncur yang dilanjutkan dengan gerakan kaki, lengan. Dilakukan dengan saksama sehingga terwujudlah suatu gaya renang bebas yang baik dan benar.

Tujuan terpenting dari latihan koordinasi ini adalah mengatur keseimbangan dan tenaga penggerak atau pendorong. kaki dan lengan tidak bekerja sendiri-sendiri, Irama gerakan kaki harus sesuai dengan irama gerakan lengan

Anda juga perlu tahu bahwa dalam melakukan teknik / gerak dasar berenang ini, Anda harus benar-benar dalam kondisi rileks atau dalam artian tidak tegang maupun dalam kondisi panik.

Demikian pembahasan berkaitan dengan gerak dasar berenang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply