Tips Agar Air Kolam Renang Tetap Jernih

agar air kolam renang tetap jernih

Mempertahankan agar air kolam renang tetap jernih, tidaklah serumit yang dibayangkan. Menjadi repot ketika kita tidak mengetahui prinsip dasar perawatan kolam renang.

Menjaga kebersihan kolam renang sangat penting dilakukan. Tujuannya agar kolam renang tersebut tetap nyaman digunakan serta baik untuk kesehatan.

Dalam menjaga kebersihan kolam renang kualitas air tentu saja sangat penting diperhatikan. Faktanya jauh lebih nyaman berenang, jika air kolam bersih dan sehat.

Air kolam renang yang baik adalah air yang tidak menimbulkan bau serta warnanya bersih. Mengganti air kolam renang secara berkala merupakan langkah terbaik untuk membuat air kolam tetap bersih.

Biar nantinya penggunaan air tidak terlalu boros, maka ada acara lain yang bisa digunakan untuk membuat air kolam tetap bersih. Berikut ini kami bagikan tips agar air kolam renang tetap jernih dan segar. 

9 Tips Agar Air Kolam Renang Tetap Jernih

Seperti apa yang sudah kami ulas di awal paragraf, menjaga kejernihan memang tidaklah sulit bagi orang yang berkecimpung di bidang perawatan kolam renang. Faktanya sebagian pemilik kolam renang, jarang yang mengetahui cara melakukan perawatan agar air kolam renang tetap jernih.

Oleh sebab itu informasi di bawah ini mungkin bermanfaat untuk Anda.

1. Rutin Nyalakan Pompa Kolam Renang Minimal 6 Jam

rutin nyalakan pompa kolam renang
rutin nyalakan pompa kolam renang

Kolam renang yang baik sudah selayaknya menggunakan pompa kolam renang. Tujuannya agar pompa tersebut dapat membuat sirkulasi di dalam air tetap terjaga.

Jika kolam renang Anda sudah memiliki pompa, maka sebaiknya rutin nyalakan pompa tersebut setiap harinya. Setidaknya nyalakan pompa kolam renang minimal 6 jam setiap harinya. Tujuannya agar tetap tercipta sirkulasi yang baik pada air kolam tersebut.

Bukan hanya itu, mesin tersebut nantinya dapat membuat kotoran dan debu yang ada pada kolam akan tersaring oleh filter. Dengan demikian air kolam nantinya tetap jernih serta terhindar dari lumut dan kekeruhan.

2. Sikat Dinding dan Lantai Kolam Secara Berkala

sikat dinding lantai rutin
sikat dinding lantai rutin – via pinterest

Hal selanjutnya yang juga penting dilakukan agar kualitas air kolam renang tetap jernih (terjaga) adalah dengan rutin menyikat lantai dan dinding kolam renang tersebut.

Hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika kolam renang Anda konsepnya outdoor. Dinding kolam dan lantai kolam renang sangat rentan dihinggapi oleh lumut dan alga.

Jika Anda membiarkannya selama satu minggu tanpa pernah dibersihkan, hal ini dapat membuat kualitas air jadi buruk nantinya. Bukan hanya itu, permukaan kolam juga cepat rusak nantinya jika ditumbuhi oleh lumut dan alga.

Oleh karena itu Anda wajib membersihkan lantai dan dinding kolam tersebut dengan cara menyikatnya. Sebisa mungkin sikat lantai dan dinding kolam setiap 3 hari sekali. Dengan demikian kualitas air kolam renang tetap jernih dan terjaga kebersihannya. 

3. Rajin Bersihkan Filter Kolam Renang

pembersihan ruang mesin dan filter
pembersihan ruang mesin dan filter

Agar kinerja filter tetap baik dalam menyaring debu, Anda juga perlu rajin membersihkan filter kolam renang tersebut. Jika air kolam keruh, tentunya kinerja filter nantinya semakin berat, karena banyak debu yang harus disaring. Penggunaan pompa kolam secara rutin akan membuat filter bekerja semakin ekstra pula.

Hal ini tentu saja dapat menyebabkan terjadinya penumpukan debu pada filter. Jika tidak dibersihkan, maka filter nantinya tidak dapat bekerja maksimal.

Bahkan jika tumpukan debu dibiarkan terlalu lama di filter, hal ini bisa membuat filter cepat rusak. Oleh karena itu sebaiknya seminggu sekali bersihkan filter dari tumpukan debu sehingga kinerjanya semakin maksimal. 

4. Cek Kadar pH dan Chlorine Pada Kolam Renang

mengukur kandungan klorin dan ph
test kit – mengukur kadar klorin dan ph

Untuk menjaga kualitas air kolam renang tetap baik dan sehat, maka sangat penting juga untuk melakukan pengecekan terhadap kadar pH dan Chlorine pada kolam renang tersebut.

Pada kolam renang, biasanya tingkat pH yang baik berada di angka 7.4. Jadi Anda bisa menggunakan alat pengukur pH atau Test Kit untuk mengetahui kadar pH air kolam anda.

Jika pH pada air kolam kurang dari 7 atau mencapai angka 8, maka sebaiknya tambahkan senyawa chlorine pada air kolam renang tersebut.

Senyawa chlorine nantinya mampu menjaga pH air kolam berada di angka ideal. Mengukur kadar pH merupakan salah satu tips agar air kolam renang tetap jernih.

5. Tambahkan Obat Kimia Kolam Renang

Penambahan zat kimia pada kolam renang juga perlu dilakukan agar kualitas air tetap bersih serta bebas dari berbagai jenis bakteri dan penyakit.

Penggunaan obat kimia pada kolam renang sudah jamak dilakukan karena hal tersebut merupakan langkah perawatan kolam renang. Hingga saat ini berbagai jenis chemical untuk kolam renang sudah banyak ditemukan.

Berikut ini beberapa jenis obat kimia kolam renang yang cocok digunakan.

Soda Ash

Soda Ash merupakan salah satu obat kimia yang rutin digunakan pada kolam renang. Soda Ash ini biasanya digunakan saat pH pada air kolam kurang.

Jika terjadi penambahan air kolam atau terkena hujan, tentu kadar pH pada air kolam jadi berubah. Oleh karena itu Soda Ash ditambahkan agar kada pH air kolam jadi ideal kembali. Biasanya Soda Ash ini dilarutkan terlebih dahulu ke dalam ember, sebelum dicampurkan ke air kolam.

Copper Sulphate

Selain Soda Ash, Copper Sulphate juga menjadi salah satu zat kimia yang rutin ditambahkan ke air kolam renang. Copper Sulphate ini digunakan agar alga dan lumut tidak tumbuh di air kolam tersebut.

Selain mencegah timbulnya alga dan lumut Copper Sulphate juga dapat membuat kejernihan air kolam semakin baik, dan membuat warna air tampak kebiruan. Sebelum dimasukkan ke dalam kolam renang, Copper Sulphate ini juga harus dilarutkan ke wadah kecil terlebih dahulu. 

Poly Aluminium Chloride (PAC)

Obat kimia lain yang juga banyak digunakan pada kolam renang adalah Poly Aluminium Chloride atau sering disebut sebagai PAC. Obat yang satu ini bentuknya seperti bubuk. Bisa dibilang bahwa PAC sering digunakan sebagai pengganti tawas, karena memiliki fungsi yang sama.

PAC ini akan mengikat seluruh kotoran atau debu yang terdapat pada air kolam, sehingga kotoran tersebut jadi terendap nantinya. Dengan demikian proses pembersihan air kolam nantinya lebih mudah dilakukan. Zat ini sangat berguna untuk membantu menjaga agar air kolam renang tetap jernih.

Chlorine

Chlorine merupakan salah satu obat kimia yang paling banyak digunakan sebagai pembersih kolam renang. Saat ini berbagai jenis chlorine sudah bisa ditemukan di pasaran, dan setiap jenis chlorine memiliki fungsi yang berbeda – beda.

Chlorine powder 60% atau sering disebut kaporit merupakan jenis yang paling banyak digunakan pada kolam renang. Kaporit ini sangat bagus digunakan untuk menjaga air kolam renang tetap jernih, bersih serta terbas dari berbagai jenis bakteri. 

Keempat jenis obat kolam renang tersebut perlu digunakan agar kualitas air kolam semakin baik nantinya. Tetapi perlu diingat bahwa penggunaan obat kimia sebaiknya jangan terlalu sering dan pastikan takaran yang digunakan tidak berlebih.

Terlalu banyak menggunakan obat kimia pada air kolam tidak baik bagi kesehatan nantinya. Misalnya saja jika Anda menggunakan kaporit terlalu banyak di kolam renang, maka kaporit tersebut nantinya bisa membuat mata perih saat berenang. Oleh karena itu pastikan memakai obat kimia sesuai dengan takaran yang dianjurkan.  

6. Jaga Kebersihan Sekitar Kolam Renang   

Menjaga kebersihan air kolam renang juga dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sekitar kolam renang tersebut. Pinggiran kolam renang juga harus dibersihkan secara rutin.

Misalnya di sekitar kolam tersebut terdapat pohon yang daunnya sering berguguran di pinggir kolam, maka Anda harus rajin membersihkan daun – daun gugur tersebut. Jika tidak, maka daun tersebut bisa masuk ke dalam kolam, dan membuat kualitas air semakin buruk nantinya.

Jika pinggiran kolam tetap terjaga dengan baik, maka hal ini akan membuat kolam renang semakin bersih dan nyaman digunakan. Kolam yang bersih bukan hanya membuat Anda nyaman berenangan nantinya, tetapi juga dapat membuat penggunanya semakin sehat. Ini tindakan sederhana, namun memiliki peran yang penting dalam menjaga agar air kolam renang tetap jernih.

7. Jaga Kebersihan Ruang Mesin Pompa

Tips agar air kolam renang tetap jernih berkaitan juga dengan perawatan ruang mesin kolam tersebut. Biasanya ruang mesin tidak jauh letaknya dari kolam renang.

Ruang mesin tersebut juga sangat penting diperhatikan kebersihannya, karena jika ruang mesin tidak bersih, maka hal ini bisa berpengaruh buruk pada kualitas air kolam. Saat ruang mesin kotor, hal ini dapat memperpendek usia mesin pompa tersebut.

Ketika fungsi pompa menurun, sudah pasti mempengaruhi sistem sirkulasi air kolam renang tersebut. Itulah alasan kenapa membersihkan ruang mesin juga wajib dilakukan. Ini masih erat kaitannya dalam upaya menjaga air kolam renang tetap jernih.

Sebisa mungkin bersihkan ruang mesin dan pompa mesin tersebut seminggu sekali, agar performa mesin tetap terjaga. Biasanya mesin pompa air kolam yang sudah berusia lebih dari 3 tahun, performanya semakin menurun. Oleh karena itu perawatan mesin tersebut wajib dilakukan agar tetap awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang. 

8. Lakukan perawatan Bulanan

Perawatan bulan juga perlu dilakukan agar kualitas air kolam renang tetap jernih, bersih dan sehat untuk digunakan. Perawatan bulanan yang dimaksud dalam pembersihan kolam secara total.

Jadi anda perlu melakukan perawatan ekstra sekali dalam sebulan agar kolam renang tersebut tetap terjaga dengan baik. Jika anda tidak memiliki waktu untuk melakukannya, maka Anda bisa menggunakan jasa pembersih professional.

Saat ini sudah banyak jasa perawatan kolam renang yang menghadirkan tarif murah. Jadi jasa ini nantinya melakukan service ekstra untuk kolam renang Anda, sehingga kualitas airnya semakin baik dan kolam renang semakin awet.

Tidak ada salahnya membayar jasa tukang untung merawat kolam renang Anda, agar kualitas kolam tersebut semakin baik nantinya. 

9. Akibat Jika Salah dalam Perawatan Kolam Renang

Melakukan perawatan terhadap kolam renang tentu mudah dilakukan jika diterapkan secara benar. Walaupun perawatan mudah dilakukan, banyak juga orang yang kerap lalai melakukannya, sehingga mengakibatkan hal buruk.

Salah satu hal yang wajib diperhatikan pada kolam renang adalah terkait kadar pH airnya. Selalu pastikan bahwa kadar pH berada di angka ideal.

Jika sampai kadar pH air kolam renang mencapai 8, maka hal ini dapat membuat berbagai jenis bakteri tumbuh pada kolam renang tersebut. Jika air kolam tidak sehat, maka hal ini dapat membahayakan pengguna kolam renang tersebut.

Banyak orang menganggap masalah pakaian merupakan hal sepele dalam  kolam renang. Jika anda ingin kolam tersebut tetap terawat dengan baik, maka sebaiknya saat berenang, gunakanlah pakaian khusus untuk renang.

Hal ini bukan hanya demi kenyamanan Anda tetapi juga untuk membuat kebersihan air kolam tetap terjaga. Selain itu ini juga tindakan antisipatf untuk menjaga agar air kolam renang tetap jernih. Pakaian renang dirancang khusus dengan kain dan warna yang aman untuk air kolam. Dengan demikian kualitas air kolam tetap terjaga nantinya.

Yang paling penting diterapkan dalam perawatan kolam renang adalah pembersihan harus rutin dilakukan. Jangan sampai Anda membiarkan air kolam tidak dibersihkan selama satu minggu, karena hal ini sangat berpotensi menimbulkan penyakit dan merusak kolam tersebut nantinya. Itu lah beberapa tips agar air kolam renang tetap jernih dan sehat yang mudah diterapkan. Selamat mempraktekan !

Leave a Reply