Manfaat Berenang untuk Diet, Wanita Wajib Tahu

manfaat berenang untuk diet

Informasi tentang manfaat berenang untuk diet sangat ditunggu oleh kebanyakan perempuan hari ini. Hampir mayoritas kaum hawa ingin mendapatkan tubuh ideal dan sukses terlihat ramping.

Salah memilih kegiatan ketika sedang menjalankan program diet terkadang malah menimbulkan hasil yang berbanding terbalik dengan yang diharapkan. Maka dari itu, jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang menjalankan program diet maka Anda juga harus turut memperhatikan kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Hal tersebut bertujuan supaya program diet yang Anda jalani membuahkan hasil sesuai dengan harapan.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh kebanyakan orang ketika sedang menjalankan program diet adalah dengan melakukan olahraga yang rutin atau teratur.

Berbagai macam opsi olahraga mereka pilih guna memperlancar program diet yang sedang dijalani. Termasuk juga memilih opsi olahraga renang sebagai pendamping kegiatan olahraga untuk kebanyakan orang.

Berbincang mengenai olahraga renang dan diet, apakah keduanya memiliki keterkaitan? Jika iya, lantas apa saja manfaat berenang untuk diet yang dilakukan oleh banyak orang?

Untuk mengetahui lebih lanjut, maka Anda dapat mengetahui manfaat berenang untuk diet yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.

Manfaat Berenang untuk Diet

1. Berenang Sangat Efektif untuk Membakar Kalori

Siapa pun yang menginginkan diet sehat untuk menurunkan berat badan alias kurus, maka memilih berenang menjadi salah satu opsi yang tepat untuk Anda lakukan. Ketika Anda berenang, tubuh akan secara otomatis akan membakar kalori dengan jumlah yang cukup banyak sehingga renang dapat membantu meluruhkan lemak di dalam tubuh.

Gambarannya, jika Anda melakukan olahraga jenis ini selama 60 menit, maka Anda secara otomatis akan membakar kurang lebih sekitar 500-700 kalori. Dan dengan demikian, kalori tersebut nantinya akan diolah untuk menghasilkan energi.

Semakin banyak kalori yang akan dibakar ketika Anda berenang ketika semakin berat tubuh Anda. Namun perlu digaris bawahi dalam hal ini bahwa jumlah kalori yang dibakar ketika Anda berenang, tergantung dengan jarak, gaya, serta kecepatan berenang yang Anda lakukan.

Lakukan olahraga renang tersebut selama 30-60 menit per hari jika Anda menginginkan penurunan berat badan yang signifikan. Pada prosesnya, kegiatan tersebut akan membakar karbohidrat terlebih dahulu pada menit-menit pertama. Kemudian dilanjutkan dengan membakar lemak pada menit-menit berikutnya.

Berenang juga akan berguna dan bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke, diabetes, serta penyakit jantung jika Anda melakukannya secara rutin selama 4-6 hari seminggu.

2. Berenang Mampu Membentuk Otot Tubuh

Mengapa olahraga berenang dipercaya mampu menurunkan berat badan lantaran lemak akan membentuk otot tubuh? Hal tersebut dikarenakan semua otot tubuh akan bekerja keras saat berenang. Termasuk juga dengan otot bawah, bagian atas, otot inti, hingga pada otot punggung.

Selain itu, berenang juga dapat membuat organ jantung dan paru bekerja lebih aktif untuk menyediakan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain banyak kalori yang dibakar tubuh dan menyediakan energi saat Anda berenang, kinerja selama berenang juga dapat melatih otot untuk lebih kuat dan meningkatkan massa otot itu sendiri. Kemudian setelah itu akan membuat sistem metabolisme meningkat sehingga tubuh Anda dapat membakar kalori lebih banyak lagi.

Manfaat Berenang untuk Diet
Manfaat Berenang untuk Diet – (via hallosehat.com)

Lebih-lebih ketika melakukna olahraga yang satu ini Anda tidak akan merasa lelah meskipun sudah berenang cukup lama. Pasalnya, olahraga yang satu ini mampu mendinginkan suhu tubuh sekaligus menyegarkan tubuh Anda.

Namun, akibat gerakannya di dalam air, nantinya Anda tidak akan merasa berat saat melakukan olahraga tersebut. Sebab air yang berada di kolam renang mampu menetralisir gaya grafitasi. Sehingga hal tersebut akan menyebabkan tubuh Anda lebih mudah untuk bergerak tanpa usaha yang banyak untuk dilakukan.

Keunggulan lain dari olahraga yang satu ini diperaya sebagai olahraga dengan risiko cedera yang rendah dibandingkan dengan olahraga-olahraga yang lain. Nah, dengan Anda melakukan olahraga renang ini secara rutin, maka Anda tidak perlu merasa waswas mengalami cidera.

Cukup melakukan pemanasan sesuai intruksi atau sesuai dengan peraturan yang seharusnya dilakukan sebelum melakukan olahraga renang untuk menghindari kram ketika di kolam renang. Maka dari itu beberapa keunggulan yang ada pada olahraga renang dianggap lebih baik untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan olahraga lainnya.

3. Berenang Bermanfaat Menunjang Program Diet yang Sehat

Manfaat berenang untuk diet yang ke tiga. Di era sekarang ini, banyak sekali bermunculan produk-produk yang menawarkan dan juga menjanjikan efek-efek diet praktis yang belum tentu terjamin kebenaran dan kesehatannya.

Akan tetapi, banyak pula yang menggunakan produk-produk tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan pihak kesehatan sehingga bukannya efek bagus yang tercapai berkaitan dengan program diet akan tetapi malah efek buruk yang menimbulkan ancaman terhadap kesehatan bagi yang menjalankan program diet yang salah.

Banyaknya dampak buruk yang ditimbulkan dari program diet yang salah membuat kebanyakan orang yang hendak menjalankan program diet lebih memilih untuk beralih pada program-program yang lebih aman dan juga alami.

Salah satu yang diupayakan adalah dengan olahraga teratur. Akan tetapi, kebanyakan orang juga masih merasa bingung dengan olahraga apa yang seharusnya mereka pilih untuk mendukung program diet yang dilakukan.

Padahal terdapat salah satu olahraga yang sangat cocok untuk menunjang serta mendukung program diet secara sehat tanpa menimbulkan risiko yang berbahaya bagi kesehatan.

Berenang merupakan olahraga yang mampu mengurangi berat badan seseorang serta mengubah berbagai macam lemak jenuh menjadi energi yang dapat diserap oleh tubuh. Jika Anda melakukan olahraga tersebut secara rutin, maka diet sehat dengan hasil yang memuaskan akan segera Anda peroleh tanpa menimbulkan risiko-risioko berbahaya lainnya.

4. Memicu Tubuh yang Segar di Samping Menurunnya Berat Badan secara Normal

Jika Anda rutin melakukan olahraga jenis ini, maka nantinya selain dapat menurunkan berat badan Anda, maka tubuh Anda juga terasa akan lebih segar dibandingkan sebelum-sebelumnya sehingga semangat yang Anda miliki juga akan terus terbangun dalam beraktifitas sehari-harinya.

Memiliki tubuh dengan berat badan ideal dan juga kesegaran yang menyehatkan tentunya menjadi salah satu tujuan diet yang diimpi-impikan oleh kebanyakan orang bukan? Dan jika tujuan tersebut merupakan tujuan yang Anda inginkan, maka mulailah untuk melakukan olahraga renang setidaknya 4-6 hari selama satu minggu dengan rentang waktu kurang lebih 30-60 menit setiap satu kali Anda berenang. Inilah poin manfaat berenang untuk diet.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan gerakan renang yang Anda lakukan. Jangan sampai salah gerakan mulai dari sebelum sampai sesudah Anda melakukan kegiatan renang tersebut. Sebelum berenang, Anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindarkan dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya kram pada salah satu anggota tubuh.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan pengenalan air secara perlahan supaya tidak terjadi kaget air yang juga dapat menyebabkan kram pada tubuh Anda. Kemudian Anda dapat melakukan gerakan renang dengan gaya santai atau pun gaya-gaya berat yang sudah Anda kuasai. Akhiri dengan membersihkan badan setelah selelsai berenang. Demikian rangkaian ulasan manfaat berenang untuk diet.

Bagaimana, menyehatkan bukan jika program diet yang Anda jalani diselingi dengan olahraga renang? Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda….

Leave a Reply