Kekurangan dan Kelebihan Memiliki Kolam Renang Pribadi di Rumah

Memiliki kolam renang pribadi di rumah

Mengetahui Kekurangan Kelebihan Memiliki Kolam Renang Pribadi di Rumah merupakan langkah awal (tahap perencanaan) sebelum memutuskan membangun kolam renang.

Kolam renang merupakan sebuah konstruksi yang dirancang untuk digunakan sebagai sarana berenang, rekreasi atau aktivitas lainnya.

Ada dua tipe kolam renang, yakni kolam renang pribadi dan kolam renang umum. Kolam renang pribadi seringkali dijadikan simbol status bagi pemiliknya. Kolam renang pribadi dinilai dapat menambah status derajat sosial seseorang.

Sebuah konstruksi kolam renang membutuhkan area yang luas dan perawatan yang tinggi, sehingga kolam renang pribadi hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu yang mempunyai area luas dan biaya lebih untuk perawatannya.

Kemudian kolam renang umum. Kolam renang umum biasanya digunakan untuk kegiatan olahraga, wahana bermain air dan juga hal-hal yang bersifat rekreasi air. Selain itu, kini kolam renang umum juga dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang menyenangkan.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia di kolam renang umum juga menjadikan kolam renang semakin banyak diminati oleh para pengunjung.
Kolam renang dapat dijadikan sebagai sarana olahraga bagi penggunaanya.

Dengan berenang seseorang akan memperoleh berbagai macam manfaat, seperti otot menjadi lentur, pikiran menjadi tenang, tubuh menjadi bugar, mengendalikan kadar gula darah dan masih banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari aktivitas berenang.

Bahkan, tidak sedikit orang yang membangun kolam renang pribadi di rumahnya demi memperoleh manfaat dari aktivitas berenang tersebut. Mereka percaya bahwa dengan berenang, mereka akan memperoleh berbagai macam manfaat sekaligus yang mungkin tidak bisa didapatkan melalui olahraga lain.

Bukan hanya itu saja, berenang juga merupakan sebuah olahraga yang sesuai bagi semua kalangan umur, sehingga berenang dapat dijadikan sebagai waktu bermain bersama keluarga sekaligus berolahraga.

Dengan memiliki kolam renang sendiri, Anda akan menjadi bisa leluasa ketika sedang berenang. Selain itu, Anda juga bisa berenang sewaktu-waktu kapan pun Anda mau. Namun, Anda juga harus mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan kolam renang yang Anda miliki.

Oleh sebab itu, jika Nada ingin memiliki kolam renang pribadi ada beberapa hal yang harus Anda dipertimbangkan sebelum membangunnya, antara lain luas area, lokasi rumah, dan kebutuhan dari penggunanya.

Hal tersebut akan menentukan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga kolam renang tersebut benar-benar nyaman untuk Anda gunakan.

Bagi Anda yang berencana membangun kolam renang pribadi, Anda dapat meletakkan kolam renang tersebut di dekat garasi rumah Anda. Dengan meletakkan kolam renang di dekat garasi, membuat Anda lebih jauh dari ruang tamu ataupun ruang lainnya.

Dengan begitu, Anda dapat berenang dengan lebih nyaman tanpa perlu mengkhawatirkan privasi Anda lagi. Selain itu, dengan posisi kolam renang yang berada di dekat garasi membuat posisi ruangan yang ada di rumah Anda menjadi lebih teratur.

Meletakkan kolam renang di dekat garasi dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan jika Anda ingin membangun kolam renang pribadi di rumah Anda.

Memiliki kolam renang pribadi memang merupakan sebuah impian bagi beberapa orang. Akan tetapi, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan ketika memiliki kolam renang pribadi.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda membaca ulasan ini sampai selesai sebelum Anda memutuskan untuk membangun kolam renang pribadi di rumah Anda.

5 Kelebihan Memiliki Kolam Renang Pribadi

1. Bebas Berenang

Ketika Anda mempunyai kolam renang pribadi di rumah, Anda akan bebas berenang kapan pun Anda mau. Anda tidak perlu lagi pergi ke kolam renang umum untuk berenang. Selain itu, dengan memiliki kolam renang pribadi membuat Anda menjadi bebas berenang seberapa lama, dengan memakai baju renang model apapun yang Anda suka.

2. Kolam Renang Lebih Bersih

Kolam renang pribadi yang hanya dipakai oleh Anda sendiri dan keluarga, tentunya lebih bersih jika dibandingkan dengan kolam renang umum yang dipakai oleh banyak orang.

Kebersihan kolam renang pribadi Anda dapat selalu Anda kontrol setiap waktu, sehingga kolam renang Anda selalu dalam keadaan bersih dan nyaman digunakan oleh keluarga.

3. Kesehatan dan Relaksasi

Padatnya jumlah aktivitas dan kesibukan Anda, terkadang membuat Anda merasa tertekan dan sulit meluangkan waktu untuk bersantai. Dengan memiliki kolam renang pribadi, membuat Anda bisa melakukan relaksasi sejenak untuk menenangkan pikiran.

Selain itu, Anda juga dapat melakukannya kapanpun Anda mau. Dengan berendam di kolam renang membuat tubuh menjadi rileks dan pikiran menjadi tenang.

4. Menambah Nilai Rumah

Memiliki kolam renang pribadi dapat meningkatkan nilai rumah Anda. Selain terkesan lebih indah dan menyenangkan, harga jual rumah Anda juga akan menjadi lebih mahal.

Bagaimana tidak, saat orang ingin membeli rumah Anda mereka akan langsung tertarik karena adanya kolam renang. Adanya kolam pribadi memberikan nuansa ketenangan dan kesejukan yang membuat rumah Anda menjadi lebih menarik.

5. Menghemat Pengeluaran

Bagi Anda yang mempunyai hobi berenang, rutin pergi ke kolam renang merupakan sebuah kebiasaan yang Anda lakukan. Jika Anda harus selalu pergi ke kolam renang umum tentunya akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih banyak.

Oleh karena itu, Anda dapat mensiasatinya dengan membuat kolam renang pribadi di rumah Anda. Anda yang biasanya harus membayar untuk pergi ke kolam renang, sekarang tidak memerlukannya lagi. Karena Anda sudah memiliki kolam renang sendiri yang bisa kapan saja Anda gunakan.

Terutama jika Anda mempunyai anak yang senang berenang. Anda bisa membuat anak Anda merasa senang sekaligus menghemat pengeluaran dompet Anda.

3 Kekurangan Kolam Renang Pribadi

1. Memerlukan Lahan Luas

Memiliki kolam renang pribadi merupakan sebuah impian banyak orang. Namun, untuk membangun kolam renang pribadi memerlukan lahan yang cukup luas.

Setidaknya lahan tersebut nyaman digunakan ketika dijadikan sebagai kolam renang.

Akan tetapi, jika Anda memiliki lahan yang luas di rumah Anda, hal ini tidak akan lagi menjadi masalah bagi Anda.

2. Memerlukan Biaya Lebih

Untuk memiliki sebuah kolam renang, biaya awal yang harus dikeluarkan tentu tidak sedikit. Mulai dari konstruksi kolam renang hingga hiasan di sekitarnya memerlukan biaya yang cukup banyak.

Selain itu, kolam renang juga harus selalu dirawat dengan baik agar nyaman ketika digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan uang lebih jika Anda ingin memiliki sebuah kolam renang pribadi di rumah Anda.

3. Bau Chemical Kurang Mengenakkan

Bau chemical kolam renang akan sangat terasa di dalam ruang. Bau chemical sangat menyengat bagi beberapa orang yang tidak tahan akan bau-bauan terutama bau klorin. Untuk menyiasatinya, anda bisa membuat banyak ventilasi pada ruangan kolam, sehingga udara akan banyak masuk ke dalam area kolam renang.

Namun, jika kolam renang Anda merupakan kolam renang outdoor, Anda dapat menyiasatinya dengan menanam tumbuhan yang memiliki aroma segar, sehingga bau dari chemical dapat diminimalisir dengan aroma tumbuhan tersebut.

Memiliki kolam renang adalah sebuah impian. Namun, sebelum memutuskan untuk membangunnya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui lebih banyak mengenai kelebihan dan kekurangan yang akan ditimbulkan.

Sekian dan terima kasih, semoga ulasan ini dapat memberikan pengetahuan bagi para pembacanya. Semoga bermanfaat….

Leave a Reply