Mengenal Macam Desain Kolam Renang

jenis macam desain kolam renang

Mengenal jenis dan macam desain kolam renang kadang memberikan suntikan inspirasi tersendiri bagi kita.

Kolam renang saat ini sudah menjadi destinasi wisata. Banyak digunakan untuk latihan kebugaran dan juga digunakan untuk area permainan.

Ukurannyapun semakin bervariasi. Disesuaikan dengan kebutuhan para pemiliknya. Begitu pula dengan desain kolam renangnya. Saat ini sudah banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhannya.

6 Macam Desain Kolam Renang

1. Lap Pool

Lap Pool (Kolam renang lintasan) adalah kolam renang yang dirancang dan dibangun terutama untuk tujuan kebugaran dan kesehatan.

Untuk kolam renang jenis ini merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang memiliki lahan lebar sangat terbatas, tetapi lahan memanjang yang berlebih.

Modelnya memang sedikit mirip dengan saluran air. Hanya bentuk modelnya lebih lebaran sedikit. Cocok dipasang untuk konsep rumah yang minimalis dengan kolam renang yang melingkar di luar rumahnya.

Untuk model lap pool ini memang tidak memiliki akses yang banyak untuk penggunanya.

Maksimal yang bisa masuk dalam jenis desain kolam renang ini adalah 2-3 orang dewasa saja. Selebihnya akan berdesak-desakan. Tentu saja model yang seperti ini membutuhkan waktu yang lebih lama dan melelahkan untuk proses pembersihannya.

Meskipun memiliki lebar yang terbatas, Namun panjang yang mengelilingi tersebut nampaknya juga bisa membuat pinggang encok jika tidak menggunakan alat bantuan yang memadai.

Desain kolam renang lap pool ini banyak digunakan pada daerah perkotaan yang menerapkan prinsip konsep minimalis dan simpel di lingkungan rumahnya.

2. Competition Pool

Competition Pool adalah kolam yang dirancang untuk digunakan secara rutin untuk menyelenggarakan kompetisi renang terorganisir seperti yang disponsori oleh perguruan tinggi, universitas, liga renang, dan klub renang.

Kolam renang jenis ini, dibangun untuk kepentingan kompetisi. Jadi sudah menggunakan standar yang jelas. Tidak bisa diganti-ganti, karena harus mengikuti aturan dan pakem yang jelas.

Dengan begitu pembangunan kolam renang seperti ini (sebagai alat kompetisi dan lintasan renang atlet) tidak boleh sembarangan didirikan. Karena membutuhkan izin khusus untuk membangunnya.

Hal ini berkaitan dengan aturan keselamatan para atlet yang menggunakan kolam renang tersebut. Selain itu juga harus menyesuaikan standart panjang lintasan yang pas dengan jenis kompetisinya.

Kecuali jika memang ingin mengadopsi kolam renang kompetisi ini hanya untuk kepentingan pribadi dan komersial. Tentunya penggunaan dan pembangunannya tidak akan begitu ribet.

Kolam renang dengan desain kompetisi ini nampaknya banyak dipilih bagi orang-orang yang memiliki lahan yang cukup lebar, namun jarang digunakan untuk kepentingan pribadi.

Bisa jadi digunakan untuk kepentingan komersial yaitu penyedia jasa tempat untuk latihan para atlet atau orang-orang yang ingin melatih fisiknya. Bisa juga untuk kepentingan pribadi. Namun harus disesuaikan dengan kemampuan penggunanya sebagai antisipasi dari sisi keamanannya.

3. Exercise Pool

Exercise pool juga dikenal dengan nama renang spa. Pada dasarnya, kolam ini lebih kecil dari kolam renang ukuran penuh dan bahkan lap pool. Tetapi masih memungkinkan untuk melatih gaya renang Anda. Karena menghasilkan arus yang kuat yang memungkinkan Anda untuk berenang di tempat. Anggap saja mirip dengan treadmill tetapi berbasis di air.

Anda sedang membutuhkan desain kolam renang yang diperuntukkan sebagai ketahanan atau latihan ketahanan terhadap air?

Mungkin jenis desain kolam renang ini bisa jadi pilihannya. Anda bisa membuatnya dengan ukuran yang cukup kecil dan lebih mini daripada ukuran kolam renang pada umumnya.

Dalam kolam renang ini biasanya dilengkapi dengan alat yang berguna untuk menggerakkan arus air sehingga membuat airnya seolah-olah sedang bergerak.

Air yang bergerak tentunya semakin menyulitkan seseorang untuk bertahan dalam ruang yang penuh air dan aliran yang tak beraturan tersebut.

Latihan inilah yang banyak digunakan untuk atlet profesional atau orang-orang yang ingin mengantisipasi ketika terjadi banjir atau tenggelam dalam arus yang lepas untuk kebutuhan perlindungan diri. Tentu saja kolam renang yang satu ini banyak disediakan untuk penyewaan umum.

Namun Anda juga bisa membangunnya sendiri pada lahan yang tidak cukup luas namun cukup untuk membangun sepetak ruang untuk kolam renang yang memiliki arus ini.

Selain berguna untuk pertahanan diri nyatanya berlatih renang dengan air yang memiliki arus akan sekaligus menaikkan kesehatan dan juga berguna untuk kebugaran bagi seseorang yang melakukannya dengan telaten dan benar.

Kolam yang diperuntukkan sebagai latihan ini tidak ada standart khusus yang harus dipenuhi. Hanya saja untuk kuat tidaknya aliran yang diberikan haruslah benar-benar dipertimbangkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Alirannya harus tepat tidak boleh terlalu kuat dan tidak boleh terlalu lirih untuk memaksimalkan hasil yang akan didapatkannya nanti.

4. Public Pool

Public pool adalah kolam renang yang dirancang khusus untuk kepentingan publik/umum.

Desain kolam renang untuk keperluan publik pool memanglah dibuat sedemikain rupa. Sengaja diperuntukkan untuk kepentingan wisata dan atau penggunaan bersama.

Biasanya penggunaan untuk publik ini ada di tempat wisata, perhotelan atau area bermain air yang tepat. Publik pool juga tidak memiliki desain yang pakem, jelasnya desain dari kolam renang untuk umum ini menyesuaikan dengan pangsa pasar yang akan ditujunya.

Semisal memang diperuntukkan bagi anak-anak maka publik pool ini akan dikonsep lucu dan lebih berfokus pada kepentingan bermain anak-anaknya.

Terdapat pula berbagai macam permainan yang bisa dipilih untuk menjadi daya tarik dalam kolam renang yang dibuat untuk umum tersebut. Desain dan hiasan disekelilingnya juga dibuat sedemikian rupa untuk membuat kolam renangnya semakin menarik dimata anak-anak dan menjaga keselamatan anak-anaknya.

Namun jika kolam renang yang digunakan untuk komersial namun memang ditujukan untuk orang dewasa, maka ukuran kedalaman yang diberikan juga akan semakin dalam dan tidak ada ornamen kekanak-kanakan yang menghiasi di sekitar kolam renang yang telah disediakan.

Kolam renang untuk keperluan umum bagi dewasa ini nyatanya banyak digunakan untuk keperluan latihan dan juga tempat berkumpul bersama sesama penyuka olahraga renang.

5. Kolam Renang Pribadi

Desain kolam renang untuk keperluan pribadi ini nyatanya tidak ada pakem khusus yang bisa dipilih atau dijadikan pedoman. Ukuran dan desain juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan yang ada.

Kolam renang untuk pribadi nyatanya disesuaikan pula dengan pengguna kolam renangnya. Dimana jika ada balita atau bayi yang senang bermain dengan air maka bentuk kolamnya tidak boleh terlalu luas dan dalam.

Hal ini berkaitan dengan keselamatan yang diutamakan sebagai pemilik kolam renangnya. Selain itu hiasan di sekitarnya juga bisa disesuaikan dengan konsep rumah yang ada.

Jangan lupa juga untuk memberikan beberapa ornamen yang ada di sekitar kolam renang untuk membuatnya semakin cantik dan indah untuk dinikmati.

6. Playpool

Playpool adalah kolam renang yang dirancang dan dibangun dengan tujuan sebagai sarana permainan anak-anak.

Desain kolam renang untuk keperluan bermain ini nyatanya banyak digunakan untuk kepentingan komersial maupun pribadi.

Kegunaan playpool ini tentunya digunakan untuk tempat bermain anak. selain itu, bisa juga untuk karya wisata bersama keluarga besar yang memiliki banyak anak dan menyukai permainan air.

Nyatanya kolam renang playpoll ini bisa digunakan sebagai pemasukan yang menjanjikan.

Pembuatan desain kolam renang playpool bisa disesuaikan dengan keadaan lahan dan juga pangsa pasar yang ada.

Berikan desain yang sedang digemari oleh banyak orang termasuk anak-anak. Lengkapi dengan bentuk permainan yang banyak disukai oleh anak-anak masa kini. Tentunya jenis kolam renang playpool ini akan sangat disukai oleh anak-anak dan berhasil menarik perhatian siapa saja.

Itulah beberapa macam desain kolam renang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dalam pembangunannya.

Leave a Reply