Bagaimana Cara Menguasai Teknik Dasar Mengapung dalam Olahraga Renang?

teknik dasar mengapung

Teknik dasar mengapung tergolong juga dalam teknik dasar dalam olahraga berenang.

Keinginan untuk hidup lebih sehat dan menyenangkan, membuat banyak orang mencari tahu dan belajar tentang bagaimana caranya supaya mereka bisa berenang.

Sebab, olahraga renang merupakan olaharaga yang dapat memberikan banyak manfaat. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai termasuk teknik dasar mengapung dalam olahraga renang.

Baca tentang manfaat berenang

Untuk mendukung bagaimana cara mengembangkan teknik dasar mengapung juga harus didukung dengan teknik-teknik lainnya.

Penasaran?

Berikut akan dijelaskan berkaitan dengan teknik dasar mengapung. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu strategi penting dalam berenang sebelum kita belajar teknik dasar mengapung dalam olahraga renang.

Strategi Penting dalam Berenang

1.Mengetahui Berbagai Gaya Renang

Umumnya, meskipun terkadang sebagian orang lebih mengabaikan teori, tetap saja ketika hendak belajar renang ada baiknya mengetahui terlebih dahulu berbagai gaya renang.

Dengan mengetahui teknik gaya renang, Anda dapat memperkirakan berbagai latihan yang dapat dilakukan pada saat berada di kolam renang nantinya.

2. Persiapkan Peralatan

Selanjutnya, hal penting yang harus Anda siapkan ketika hendak belajar renang adalah dengan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan peralatan dalam renang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Selain diperhatikan juga harus dipersiapkan dengan baik supaya olahraga renang Anda dapat berjalan dengan lancar.

Dengan demikian, Anda dapat belajar berenang dengan maksimal. Anda juga perlu paham berbagai peralatan renang dengan kegunaannya yang berbeda-beda pula.

Seperti persiapkan kacamata renang untuk membuat pandangan Anda di dalam air tetap jernih serta dapat melindungi mata dari berbagai gangguan.

Bukan hanya itu saja, terdapat penyumbat hidung dan telinga juga dapat dipersiapkan guna melindungi kedua bagian tersebut dari risiko masuknya air kolam ke dalam tubuh.

Kemudian ada juga papan pelampung yang dapat membantu Anda untuk menopang tubuh ketika berada di kolam renang.

3. Jangan Lupa Membiasakan Diri dalam Air

Dalam belajar renang, membiasakan diri untuk terbiasa di air juga menjadi salah satu poin penting sebelum nantinya kita melakukan teknik mengapung di air. Caranya, cukup buat tubuh dan pikiran Anda rileks untuk berada di dalam air.

Nah, untuk hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan berjalan dari tepi menuju bagian kolam yang lebih dalam dengan tetap berpegangan ada tepian kolam ataupun menggunakan papan pelampung.

Ingat, usahakan wajah Anda sesekali berada di dalam air. Kemudian terus berlatih hingga tubuh dan otak terbiasa dan merasa nyaman di dalam kolam renang.

Mempelajari Teknik Dasar Mengapung dalam Olahraga Renang

Setelah mengetahui tenik penting dalam belajar berenang, selanjutnya kita akan menuju pada pembahasan berikutnya yakni pada teknik dasar mengapung dalam olahraga renang. Untuk bisa berenang, maka salah satu yang harus dilakukan adalah dengan memanfaatkan daya apung.

1. Memegang Tepian Kolam

Ketika hendak belajar mengapung untuk menguasai olahraga renang, maka yang harus Anda lakukan salah satunya adalah memegangi tepian kolam. Cara ini umumnya banyak dilakukan untuk pemula dengan dilanjutkan bersamaan menarik napas dalam-dalam sebelum nantinya melakukan pengapungan secara perlahan.

Memegang Tepian Kolam renang

Dalam olahraga renang, memahami teknik pernapasan juga sangat mempengaruhi kemampuan Anda dalam berenang termasuk ketika belajar untuk mengapung.

Caranya, latih pernapasan Anda ketika berenang dengan mengambil napas dalam-dalam dan benamkan kepala Anda ke dalam air. Dalam latihan pertama kali, mungkin Anda hanya akan bertahan di dalam air untuk beberapa detik saja.

Tidak masalah, sebab hal itu bukanlah sesuatu yang mengecewakan. Yang harus Anda lakukan hanyalah terus latih pernapasan Anda, hingga terbiasa untuk berada di dalam air. Dengan beberapa kali percobaan sehingga semakin memudahkan Anda ketika sedang belajar teknik mengapung.

2. Angkat Kaki Hingga Sejajar dengan Tubuh

Teknik dasar mengapung selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengangkat kedua kaki hingga sejajar dengan tubuh. Hal ini dilakukan supaya semakin memudahkan Anda untuk dapat terapung di air.

mengangkat kedua kaki hingga sejajar dengan tubuh

Cobalah untuk melakukan cara ini hingga Anda merasakan keseimbangan antara tubuh dengan kedua kaki ketika berada di air.

3. Lanjutkan dengan Mencoba untuk Bergerak

Langkah selanjutnya, setelah mahir untuk menyeimbangkan tubuh dengan kedua kaki, maka kemudian yang patut dipelajari adalah teknik bergerak di dalam air.

Sebagai awalan, Anda dapat menggunakan papan pelampung untuk bergerak ke depan dengan cara rentangkan tangan menggunakan papan pelampung hingga lurus.

Setelah itu, lalu coba dorong tubuh Anda dengan menendang kedua kaki secara bergantian. Jangan lupa untuk biasakan mengambil napas dengan memutar kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian.

Mencoba untuk Bergerak

Dalam mencoba memulai bergerak dengan kondisi tetap mengapung di air, maka yang harus Anda lakukan adalah membiasakan posisi tubuh untuk siap bergerak di dalam air.

Dapat pula berlatih dengan menyesuaikan daya apung air dengan gerakan tubuh Anda ketika berenang. Pada langkah ini, pastikan pula agar posisi tubuh telah terbiasa dengan gerakan-gerakan renang seperti mengayunkan tangan, menggerakkan kedua kaki, dan lainnya.

Nah, ketika Anda telah terbiasa untuk memposisikan tubuh, maka Anda dapat dengan mudah untuk berenang dengan berbagai gerakan pada posisi mengapung di air. Kita lanjutkan ke teknik dasar mengapung yang ke empat …

4. Matangkan dengan Melatih Teknik Kaki

Supaya tetap dapat tetap terapung di air namun dengan melibatkan teknik gerakan kaki, maka yang harus Anda lakukan dengan melakukan ritme naik turun antara satu dengan yang lain secara bergantian.

Melatih Teknik Kaki

Caranya, Anda dapat melakukan latihan tersebut dengan berpegangan pada tepian kolam ataupun langsung dengan menggunakan bantuan papan pelampung sebagai latihan pemula. Itulah teknik dasar mengapung yang ke lima.

5. Lanjutkan dengan Melatih Teknik Lengan

Teknik dasar mengapung yang terakhir yaitu melatih lengan. Ketika berenang, menguasai teknik lengan sangat diperlukan. Kita harus tahu, bagaimana caranya supaya dalam keadaan mengapung kita tidak terganggu meskipun lengan mulai aktif bergerak?

Dalam olahraga renang, salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah dengan mempelajari teknik lengan. Sebab, ketika berenang tubuh akan bergerak maju ke depan jika Anda menggerakkan lengan. Sehingga teknik ini juga harus Anda kuasai.

Melatih Teknik Lengan

Meskipun terlihat sulit, akan tetapi jika Anda rajin berlatih maka besar kemungkinan dapat dengan mudah untuk mahir berenang.

Ketika berenang, maka posisikan lengan untuk lurus ke depan. Kemudian, coba gerakkan lengan dengan perlahan seperti mengayuh.

Pada langkah ini, coba untuk hindari melipat lengan ketika sedang berenang. karena Anda dapat bergerak hanya jika lengan Anda tetap berada di posisi yang lurus. Dan ketika Anda tidak bergerak dan timbul rasa panik, tentu mengapung di tengah-tengah kolam akan menjadi suatu hal yang bisa mengagetkan terutama bagi pemula.

Bagaimana, sangat seru bukan ketika Anda mulai menemukan berbagai macam cara untuk memudahkan pelatihan di bidang olahraga renang. Tambah seru lagi ketika Anda sudah mengetahui tentang bagaimana caranya menguasai teknik dasar mengapung, serta teknik penting lainnya yang harus dikuasai oleh para perenang.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk semakin mahir dalam berenang dan semoga bermanfaat…

Leave a Reply