Berbagai Macam Ukuran Kolam Renang dan Kegunaannya

Mengetahui berbagai macam ukuran kolam renang sangat diperlukan. Kita jadi lebih paham tentang ukuran, fungsi dan kegunaan kolam renang tersebut.

Kolam renang saat ini sudah banyak ditemui baik untuk keperluan pribadi maupun yang umum. Standar pengukuran untuk kolam renang sendiri nyatanya berbeda-beda tergantung penggunaannya. Umumnya ukuran kolam renang dibedakan menjadi tiga macam yaitu untuk perlombaan, pribadi dan komersial.

3 Macam Ukuran Kolam Renang

1. Ukuran Kolam Renang untuk Lomba

standar ukuran kolam renang

Pernahkah Anda mendengar kegunaan kolam renang untuk perlombaan? Tentu saja saat ini perlombaan olahraga di cabang ini semakin berkembang. Bahkan tidak hanya untuk tingkat per daerah saja, melainkan tingkat Nasional dan Internasional. Ada beberapa hal yang perlu dipenuhi untuk membangun kolam renang yang ditujukan untuk keperluan lomba ini.

Berikut ini penjelasannya ..

a. Panjang

Untuk ukuran kolam renang sebagai lintasan perlombaan, maka panjang lintasan yang dibutuhkan adalah 50 meter. Sementara untuk lebarnya membutuhkan ukuran 25 meter. Ukuran ini adalah ukuran standart keselamatan dan kemampuan para atlet yang berkompetisi di dalamnya, sehingga tidak bisa untuk diganggu gugat ataupun dikurangi dan ditambahi sesuka hati.

b. Kedalaman

Untuk kedalaman dari kolam renang sendiri ditetapkan sedalam 1,35 meter untuk ukuran yang minimum. Ukuran ini diambil dari 1 meter pertama lintasan sampai dengan 6 meter ukuran start dari dinding kolam renang. Ukuran ini juga tidak bisa diganggu gugat dan menyesuaikan dengan kedalaman yang dipilih dari minimum sampai yang maksimum.

c. Temperature

Untuk suhu yang direkomendasikan bagi kolam renang yang diperuntukkan sebagai perlombaan adalah 25 °C – 28 °C. Ukuran ini adalah ukuran yang aman dimana air tidak sedang panas maupun dingin sehingga tidak akan membuat atlet kesakitan saat melakukan proses perlombaan.

d. Lebar Lintasan

Untuk ukuran lebar lintasan bagi kolam renang yang diperuntukkan sebagai lintasan perlombaan, lebar yang direkomendasikan adalah 2,5 meter dengan jarak minimum 0,2 meter pada luar lintasan bagian pertama dan terakhir.

perlombaan

e. Tali Lintasan

Untuk tali lintasan ini adalah untaian tali yang menjulur disetiap panjang kolam renang yang berguna sebagai sekat antara wilayah satu atlet dengan wilayah atlet yang lainnya.

Tali ini juga dibedakan menjadi dua macam dimana untuk tali nomor 1 dan 8, talinya akan berwarna hijau. Dimana tali untuk nomor 2, 3, dan 7 warnanya adalah biru. Terakhir untuk tali nomor 4 dan 5 memiliki warna kuning.

f. Balok Start

Balok ini berguna sebagai awal start dimana nantinya para atlet akan bersiap-siap untuk memulai pertandingannya. Standart ketinggiannya adalah 0,5 – 7,5 meter dari permukaan air.

g. Papan Pengukur Waktu

Papan ini digunakan untuk mengukur waktu kecepatan dari atlet saat menyelesaikan lintasan renangnya. Ketebalan yang direkomendasikan untuk papan ini adalah sebesar 1 cm.

2. Ukuran Kolam Renang untuk Pribadi

Kolam renang selanjutnya adalah kolam renang yang diperuntukkan bagi kepentingan pribadi. Kolam renang ini biasanya dibangun pada masing-masing rumah untuk keperluan latihan pribadi, latihan kebugaran atau sekedar bermain bersama dengan keluarga tersayang.

Ukuran kolam renang yang direkomendasikan untuk keperluan pribadi sebenarnya tidak ada patokan khusus yang bisa dijadikan pedoman.

Tentunya hal ini berkaitan dengan kemampuan dari pemilik kolam renang atau segi keamanan yang perlu diperkirakan sendiri, seperti contohnya ketika memiliki anak balita atau bayi yang sering menggunakan kolam renang sebagai tempat bermainnya. Tentu saja ukuran kolam renangnya tidak boleh terlalu dalam karena akan membahayakannya.

Untuk orang-orang yang memiliki lahan yang luas dan diperuntukkan sebagai kolam renang, maka ukuran yang direkomendasikan adalah 3 x7, 3×8, 3×10 meter dengan kedalaman 1,2 – 1,5 bahkan 2 meter. Tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keamanannya.

Anda juga bisa membuat kolam renang dengan konsep yang minimalis dan simple tentu saja bisa dengan memakai jasa desain pembuat kolam renang sebagai ahlinya.

Anda juga bisa mengkonsep sendiri keinginan kolam renang yang Anda inginkan dengan memaksimalkan lahan yang ada. Diskusikan dengan ahlinya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan indah. Terdapat banyak sekali jasa kontraktor renang yang bisa dimintai tolong jika Anda kesulitan untuk merumuskan desain kolam renang sesuai dengan ketersediaan lahan Anda.

3. Ukuran Kolam Renang untuk Komersial

ukuran kolam renang komersial

Untuk ukuran kolam renang sebagai bahan komersial ini sebenarnya juga tidak ada patokan khusus yang bisa dijadikan panutan. Tergantung juga dengan kebutuhan pangsa pasar yang ingin diraihnya. Bisa juga menyediakan kolam renang dengan kedalaman yang tinggi atau bisa juga yang dangkal.

Kolam renang untuk komersial ini biasanya disediakan oleh pihak hotel, penyedia wahana bermain air atau wahana bersenang-senang umum lainnya.

Biasanya tidak hanya tersedia satu jenis kolam renang saja melainkan sudah disediakan banyak jenis ukuran kolam renang yang diperuntukkan bagi masing-maisng umur untuk meningkatkan segi keamanan di dalamnya.

Umumnya kolam renang untuk komersial berukuran 25 meter persegi. Ukuran ini adalah ukuran umum yang digunakan untuk kolam renang dewasa di beberapa wahana yang ada.

Setiap penyedia jasa komersialpun juga berbeda-beda dalam memberikan konsep dan sentuhan untuk setiap wahana kolam renang yang disediakannya. Hal ini tentunya mengikuti bentuk bangunan atau luas lahan yang digunakan.

Untuk daerah perhotelan yang menyediakan kolam renang sebagai fasilitasnya, tentu saja hanya menghadirkan kolam renang dengan satu sampai dua tipe kolam renang dengan ukuran yang berbeda saja.

Mengingat fokus utamanya yang bukan hanya bergerak pada bidang kolam renang saja. Kolam renang di daerah perhotelan dibuat lebih elit dan elegan serta tidak begitu banyak permainan di dalamnya.

Biasanya hanya disediakan beberapa kursi yang bisa digunakan untuk beristirahat atau berjemur bagi para pengunjung hotelnya. Yang boleh menikmati fasilitas ini juga hanya orang-orang yang menginap pada hotel tersebut dan tidak mengizinkan orang luar untuk ikut masuk ke dalamnya. Keestetikaan penataan juga sangat diperhatikan untuk memberikan view yang indah saat dilihat dari lantai atas dekat jendelanya.

Untuk komersial seperti wahana khusus penyedia permainan air kolam renang, bisa menghadirkan banyak varian ukuran yang bisa disesuaiakan dengan kemampuannya.

Tersedia juga berbagai macam bentuk permainan yang mendukung dan perabot sebagai penunjang saat bermain bersama keluarga. Disediakan juga tempat berjualan untuk mengisi perut yang kosong selepas bermain dengan air.

Untuk komersial di beberapa wahana campuran yang tidak berfokus pada kolam renang biasanya membuat kolam renang dengan desain yang berfokus pada satu jenis saja.

Semisal kolam renang untuk berenang saja maka tidak akan ada permainan lain yang dipasang pada kolam renang tersebut. Lalu jika kolam renang sengaja dibuat untuk bermain maka ditambahkan area permainan air di dalamnya.

Tidak ada batasan inovasi yang bisa dibatasi untuk urusan komersial ini. Hal ini disebabkan karena sebagai pemilik usaha pastinya memiliki banyak cara untuk mendapatkan pangsa pasar yang menguntungkan.

Itulah beberapa jenis ukuran kolam renang berdasarkan kegunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *