Peluang Usaha Kolam Renang, Analisis, dan Cara Membuka Bisnisnya

Peluang Usaha Kolam Renang

Kini sudah banyak bermunculan usaha kolam renang umum di sejumlah daerah. Dahulu bisnis kolam renang ini hanya digeluti para pemain besar.

Sekarang ini ada beberapa UKM yang juga turut meramaikan dan mengelola bidang usaha ini. Banyak hal menarik dari usaha kolam renang ini, tapi kenapa di daerak tertentu masih sedikit yang menjalankan bisnis ini.

Hasil survei menunjukkan faktor minimnya peminat ini dikarenakan sebagian besar orang belum mengetahui tata caranya. Banyak yang mengira kalau usaha kolam renang memerlukan modal usaha yang sangat besar. Padahal sebetulnya budget yang digunakan itu relatif.

Analisis Keunggulan Peluang Usaha Kolam Renang

Di bawah ini terdapat beberapa ringkasan mengenai hal-hal apa saja yang membuat usaha kolam renang ini sangat menarik dan layak digeluti, di antaranya.

1. Biaya Operasionalnya Murah

Dalam hal biaya operasional usaha ini relatif murah, karenanya usaha ini bisa dianggap sebagai bisnis jasa murni yakni serupa dengan bisnis penyewaan lapangan sepak bola, hotel, salon, tukang cukur, dan lain sebagainya. Anda tak perlu menghabiskan budget besar untuk perawatan.

2. Tak Memerlukan Banyak Tenaga Terampil

Mengelola usaha kolam renang, tidak terlalu banyak membutuhkan tenaga terampil ataupun pekerja khusus lainnya. Setidaknya semua tenaga kerja bisa menjalankan tugasnya tanpa keterampilan khusus atau keahlian khusus.

Beberapa pekerja yang digunakan cukup dengan sejumlah karyawan untuk bagian penjaga kolam atau safeguard, petugas kebersihan, dan penjual tiket serta pemasaran.

3. Aset Kolam Renang Utuh

Pada dasarnya usaha ini adalah jasa penyewaan properti dalam wujud kolam renang. Mengingat kolam renang ialah properti yang direntalkan, maka Anda sebagai pemilik dan segenap pegawai usaha tersebut senantiasa menjaganya.

Dengan begitu, maka properti bisnis ini akan selalu utuh. Jadi, usaha ini tak sama seperti bisnis yang saat habis Anda mesti membelinya kembali.

Investasi yang dilakukan relatif selamanya utuh dan bahkan dapat berkembang seiring dengan naiknya harga properti.

Meskipun bisnis kolam renang Anda tidak berjalan dengan baik atau sepi pengunjung, Anda masih bisa menjualnya dengan nilai jual yang setara sebagaimana harga propertinya.

Malahan bisa lebih tinggi karena harga properti umumnya seiring waktu akan terus meningkat.

4. Sebagai Sumber Lapangan Kerja

Dengan adanya kolam renang umum ini, maka secara tidak langsung bisa mMembuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Misalnya saja petugas / tukang parkir biasanya diberikan ke warga sekitar, termasuk juga dengan penjual berbagai jajanan yang berjualan di sekitar lokasi atau di dalam area kolam renang (Jika Anda menyediakan lokasi khusus untuk kantin).

Keberadaan wahana rekreasi kolam renang akan membuat perekonomian lingkungan tempat kolam renang itu lebih hidup.

5. Customer Datang dengan Sendirinya

Tantangan pebisnis dalam mengembangkan usaha biasanya ialah marketing. Lakunya sebuah produk dan jasa adalah target utama dari seorang entrepreneur.

Aktivitas berenang bukan olahraga musiman, tak ada batasan usia baik orang tua maupun anak-anak, dan laki-laki dan perempuan bisa menggunakan fasilitas di wahana.

Manakala fasilitas kolam renang Anda terbilang komplit dan lokasinya mudah diakses, maka dengan sendirinya akan mendatangkan banyak pengunjung ke kolam renang Anda.

Anda pun dapat melakukan kerjasama dengan sekolah atau pada guru-guru. Dengan struktur kerja sama ini para guru dan sekolah bisa mengajak siswanya tiap ada agenda olahraga renang untuk mengunjungi tempat kolam renang Anda.

Destinasi wisata kolam renang biasanya ramai pengunjung di hari libur. Kebanyakan yang datang adalah rombongan keluarga.

Melihat animo masyarakat ini, maka peluang usaha kolam renang berpotensi bisa berkembang dengan baik.

Terlebih bila Anda melakukan kerja sama instansi manapun atau dengan memberikan promosi agar pelanggan Anda makin meningkat.

Tips Membuka Usaha Kolam Renang Agar Ramai Pengunjung untuk Pemula

Bila Anda tertarik memulai bisnis ini, berikut sejumlah cara jitu membuka bisnis kolam renang supaya ramai pengunjung, khususnya bagi pemula, yakni:

1. Mendesain Bangunan Kolam Renang dengan Baik dan Benar

Saat Anda akan menjalankan bisnis ini, tentu saja Anda harus mendesain bangunan kolam renang dengan apik.

Sebaiknya kolam renang yang dibangun memiliki fasilitas lengkap, seperti adanya tempat pemandian umum, tempat parkir yang luas, beberapa ruangan ganti pakaian yang nyaman, dan beragam fasilitas lainnya.

Tersedianya bermacam-macam fasilitas ini membuat para konsumen nyaman, kalau pengunjung nyaman nantinya akan menjadi pelanggan setia di rekreasi kolam renang Anda.

2. Menentukan Target Customer

Merintis usaha kolam renang umum atau khusus, tidak boleh sembarangan. Tentukan lebih dahulu siapa yang menjadi target market bisnis Anda.

Kalau Anda mengincar golongan anak-anak umur dibawah 5 tahun, tentunya kedalaman kolam renang berkisar 40 cm.

Sementara bila target Anda kalangan remaja, baiknya kedalaman kolam mencapai 80 cm saja. Dan jika Anda membidik orang dewasa untuk kedalaman kolam renangnya bisa lebih dari 100 cm.

Tapi kalau ingin bisnis kolam renang ini ramai pengunjung, langkah terbaik ialah membuat berbagai jenis kolam dengan ukuran kedalaman yang berbeda.

Jadi di dalam area wahana ada kolam renang khusus anak-anak. Lalu ada pula kolam renang bagi para remaja. Dan di tempat lain ada kolam renang khusus kalangan dewasa.

Sehingga target pasar lebih luas yakni keluarga besar. Dengan begitu hal ini akan memberikan kesan dan citra kalau bisnis kolam renang Anda fasilitasnya lengkap.

Anda bisa membaca artikel kami tentang berbagai ukuran kolam renang.

3. Tiket Terjangkau

Apabila Anda menargetkan pangsa pasar untuk kalangan anak-anak dan remaja, nominal tiket masuk harusnya dibandrol murah atau setidaknya bisa dijangkau oleh golongan tersebut.

Jadi, penetapan harga tiket masuk baiknya sebesar 10 ribu rupiah. Akan tetapi jika Anda membidik paket keluarga untuk ekonomi menengah ke atas. Di sini harga tiket masuk bisa Anda kenakan sebanyak 50 ribu rupiah per orangnya.

4. Menjaga Kebersihan kolam dan Area Sekitarnya

Menjaga fasilitas dalam area kolam renang agar tetap layak pakai, penting sekali. Bagaimana bila tempat kolam renang Anda terdapat hewan berudu ditambah lagi airnya keruh.

Sudah dipastikan para pelanggan Anda langsung pulang dan tak ingin kembali lagi ke tempat Anda. Lagipula siapa yang mau berenang di kolam yang kotor seperti itu. 

Melihat situasi tersebut, penting bagi Anda menjaga kebersihan usaha rekreasi air terutama kolam renang di sana. Upayakan Anda memiliki alat perlengkapan perawatan kolam renang yang lengkap.

Termasuk penyaring / filter kotoran khusus kolam renang yang sesuai dengan ukuran kolam renangnyanya. Sehingga hasilnya maksimal dan kolam jadi lebih bersih, sehat, dan tidak berbau.

Lakukan perawatan air kolam renang dengan rutin agar kejernihan, kesehatan dan keamanan kolam renang tetap terjaga. Anda bisa beljar menghitung biaya perawatan kolam renang dengan mudah.

5. Menyediakan Berbagai Alat Penjualan untuk Berenang

Destinasi usaha kolam renang umum yang ramai biasanya mempunyai fasilitas lengkap. Jadi dalam area kolam renang ini, menyediakan beraneka gerai usaha yang menjual ataupun menyewa peralatan renang.

Misalnya kacamata renang, pelampung, ban, baju renang, plastik khusus ponsel agar tidak masuk air, dan banyak lagi lainnya.

Gerai ini berguna bagi pengunjung yang tak dapat berenang. Mereka bisa belajar berenang dengan memanfaatkan pelampung yang dijual atau yang disewakan.

Ketika pengunjung lupa membawa kacamata renang, maka tak perlu risau sebab para pengunjung bisa membeli kacamata renang maupun lainnya di tempat tersebut dalam satu area wahana kolam renang.

6. Memperhatikan Kualitas dari Pelayanan yang Ditawarkan

Mengembangkan usaha harus diimbangi dengan kualitas layanan. Bila jasa yang Anda berikan adalah jasa yang terbaik, lalu semua konsumen menyukainya, sudah tentu akan berdampak positif pada kesuksesan usaha Anda.

Sehingga bisnis ini tetap bertahan dan mendapat banyak pengunjung. Oleh karena itu, Anda harus menyuguhkan pelayanan berkualitas dan terbaik. Jadi, selain kelengkapan fasilitas, layanan yang ramah, murah senyum dan bersahabat sangat disukai konsumen pastinya.

7. Gencar Promosi

Gencar berpromosi adalah cara paling efektif untuk memperkenalkan usaha ini ke khalayak umum. Anda harus melakukan yang namanya pemasaran bisnis tersebut.

Anda bisa mempromosi wahana kolam renang umum dengan membagikan brosur, memberi info dari mulut ke mulut, memasang pamflet, membuat iklan di media cetak maupun elektronik, pemasangan spanduk dan lainnya.

Menurut analisis yang ada, sebetulnya bisnis kolam renang umum mudah sekali mendapatkan pengunjung.

Wahana rekreasi air sangat disukai banyak orang, sehingga tanpa melakukan promosi yang extrim pun para costumer akan datang sendiri ke tempat Anda.

Terlebih jasa serta fasilitas yang di usaha kolam renang Anda sangat komplit dan nyaman.

Ragam Fasilitas Kolam Renang yang Mesti Dibangun

Membuka usaha ini pastinya Anda harus membangun kolam renang utama, bila memungkinkan buatlah kolam renang untuk anak. Upayakan pula untuk buat kolam khusus perempuan.

Hal ini diperlukan untuk mengakomodir para wanita yang tak ingin auratnya terlihat oleh pengunjung laki-laki. Selain fasilitas ini, sebaiknya Anda menambah beberapa fitur penting dalam usaha kolam renang tersebut.

waterslide
waterslide

Demi meningkatkan pengunjung dan memberi kenyamanan pada pelanggan dalam melakukan aktivitas, diperlukan fitur pendukung berupa ruang tunggu, kamar mandi, kamar bilas, kamar ganti, tempat peralatan renang, penyewaan ban, loker penitipan barang, loket tiket, kantin, hingga sejumlah wahana permainan (waterslide / prosotan, ember tumpah, dll) di kolam renang Anda.

Fasilitas tersebut dapat Anda bangun sesuai kebutuhan, agar lebih optimal dan hemat biaya prioritaskan pembangunan fasilitas yang paling bermanfaat serta yang menguntungkan tentunya bagi bisnis kolam renang Anda.

Dapatkan Izin Usaha Membangun Bisnis Kolam Renang

Pastikan Anda telah mengantongi izin usaha sebelum wahana kolam renang dibuka secara luas. Jika Anda sudah memiliki izin usaha berarti usaha Anda telah aman untuk dipublish.

Dengan begitu usaha Anda dapat berjalan lancar tanpa dicap ilegal oleh pemerintah. Anda pun akan memperoleh izin pemakaian air tanah dan membayar retribusi yang ditetapkan PEMDA setempat.

Analisis Dana Bisnis Kolam Renang

Mendirikan bisnis kolam renang yang komplit fasilitasnya, membutuhkan budget yang lumayan besar. Karenanya ada dua variabel biaya yakni investasi di awal dan dana operasional harian. Berikut penjabaran rincian biayanya:

1. Dana Investasi Awal Bisnis Kolam Renang

  • Dana lahan usaha kolam renang sebesar Rp. 700 juta.
  • Biaya membangun kolam renang Rp. 950 juta.
  • Mendirikan fasilitas tempat makan atau kantin dan tempat istirahat bagi pengunjung Rp. 80 juta.
  • Fasilitas mushola dan kamar ganti sebesar Rp 40 juta.

2. Budget Operasional

  • Gaji pegawai Rp. 15 juta per bulan.
  • Anggaran air dan listrik Rp 1.500.000,-
  • Izin usaha kolam renang Rp 200.000,-
  • Biaya tidak terduga Rp. 500.000,-

Bila Anda mengira bisnis ini tidak menghasilkan dan sulit berkembang, maka Anda sangat salah. Dalam merintis usaha tentu perlu strategi jitu, Anda cukup jalankan tips di atas dengan begitu peluang usaha kolam renang Anda akan ramai dikunjungi. 

Leave a Reply