Cara Vacuum Kolam Renang yang Benar


Cara vacuum kolam renang yang benar perlu diketahui untuk mendapatkan hasil air kolam renang yang bersih, jernih maksimal. Proses vacuum akan sangat bermanfaat untuk kebersihan kolam. Prosedur vacuum yang tidak dikerjakan dengan benar, bisa menjadi pekerjaan yang sia-sia.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti ulasan kami terkait cara-cara melakukan vakum kolam renang berikut.

Mengapa Kolam Renang Perlu Untuk di Vacuum?

Kolam renang merupakan suatu tempat yang harus selalu dibersihkan. Kolam ini diisi oleh air dan mungkin dipakai oleh Anda sekeluarga untuk berenang, sehingga tidak aneh jika kemudian cepat kotor dan menjadi sarang bakteri.

Penyebab kolam renang kotor ini bisa beragam, mulai dari penggunaan manusia, terkena debu, dimasuki oleh hewan, daun-daun yang berjatuhan, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pembersihan harus rutin dilakukan. Salah satu cara pembersihan yang ampuh adalah dengan melakukan vacuum.

Vacuum kolam renang bertujuan untuk mengangkat kotoran yang mengendap pada bagian bawah kolam, agar kotoran tersebut terangkat dan kolam renang menjadi bersih kembali.

Air kolam renang yang baik selalu mengalami filtrasi atau penyaringan sehingga kebersihan air kolam renang tersebut menjadi lebih baik. Anda tak perlu khawatir akan resiko air yang kotor dan penuh bakteri. Permasalahan tersebut akan mudah diatasi. Salah satunya dengan melakukan vacuum kolam renang.

Manfaat Melakukan Vacuum Kolam Renang

Melakukan vacuum kolam renang ternyata memberikan banyak manfaat. Tak heran jika kini banyak orang yang mulai menyadarinya dan melakukan pembersihan dengan menggunakan vacuum. Berikut ini adalah manfaat dari melakukan vacuum kolam renang :

1. Kolam Akan Bersih Maksimal

Sistem dari penggunaan vacuum kolam renang ini akan menyedot berbagai kotoran yang terdapat didalam air kolam. Hal ini akan berdampak baik karena kolam akan menjadi bersih maksimal.

Dulu, pembersihan kolam dilakukan secara manual oleh manusia. Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya teknologi maka pembersihan kolam bisa dilakukan dengan mudah dan memberikan hasil yang jernih, bersih maksimal dengan menggunakan vacuum.

2. Tidak Akan Ada Lagi Kotoran yang Mengendap

Kotoran yang mengendap tidak hanya bersumber dari kotoran-kotoran seperti debu, tanah, dan lain sebagainya. Lumut merupakan salah satu tanaman yang kerap kali dianggap sebagai kotoran pada kolam renang. Lumut senang tumbuh pada kolam renang, karena terdapat air yang merupakan habitat tumbuhnya.

Biasanya, lumut akan mengendap pada dasar kolam, sehingga sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itu, penggunaan vacuum kolam renang akan bermanfaat sekali untuk mengangkat berbagai kotoran yang mengendap. Untuk mendapatkan hasil ini, Anda perlu menerapkan prosedur cara vacuum kolam renang yang benar.

3. Air Kolam Akan Tersaring Dengan Baik

Air kolam renang tidak hanya akan disedot saja ketika proses vacuum sedang berlangsung. Namun juga akan dilakukan proses filtrasi. Proses filtrasi dilakukan untuk menyaring air dari kotoran-kotoran yang terdapat didalamnya. Dengan adanya filtrasi pada vacuum, maka akan membuat air kolam menjadi tersaring lebih baik.

4. Air Kolam Akan Menjadi Lebih Jernih

Ketika sudah dilakukan proses vacuum, air kolam akan menjadi lebih jernih. Hal ini dikarenakan air kolam sudah melewati proses fiterisasi, sehingga sudah dipisahkan dari kotoran-kotoran yang ada didalamnya. Hal ini akan berdampak pada air yang akan menjadi lebih jernih dibanding sebelum dilakukan proses vacuum.

5. Mengurangi Resiko Terjadinya Gatal-Gatal

Pernahkah Anda mengalami gatal-gatal ketika sudah selesai berenang? Hal tersebut disebabkan oleh air kolam yang kotor sehingga kotoran-kotoran bebas mengendap bersama dengan air dan menjadi tempat favorit untuk tumbuhnya bakteri.

Dengan melakukan vacuum, kolam renang akan menjadi bersih maksimal. Berbagai kotoran akan hilang sehingga bakteri tidak akan suka tumbuh pada suasana yang bersih. 

6. Tidak Perlu Menggunakan Penjernih Air Kolam Renang

Ada sebagian orang yang memilih untuk menggunakan bahan penjernih air untuk bisa mendapatkan air kolam renang yang jernih. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya baik untuk dilakukan.

Hal ini dikarenakan bahan penjernih air biasanya menggunakan bahan kimia, misalnya saja kaporit. Padahal, Anda bisa mendapatkan air kolam yang jernih dengan cara yang alami yaitu menggunakan vacuum kolam renang. Dengan menggunakan vacuum kolam renang teratur, Anda tidak perlu terlalu sering untuk menambahkan zat kimia penjernih kolam renang. Dengan melakukan vakum rutin jelas mengurangi biaya belanja chemical kolam renang.

7. Waktu Pembersihan yang Singkat

Kerap kali orang merasa malas membersihkan kolam renang karena dianggap menyita waktu, apalagi jika kolam renangnya luas. Hal ini tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan vacuum kolam renang.

Waktu pembersihan yang singkat merupakan salah satu manfaat luar biasa dari penggunaan vacuum ini. Sehingga, Anda akan menjadi lebih leluasa dalam melakukan pembersihan kolam.

Prosedur Dalam Pelaksanaan Vacuum Kolam Renang

Prosedur dalam pelaksanaan vacuum kolam renang ternyata mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mempersiapkan alatnya terlebih dahulu dan langsung saja lakukan penyedotan pada air kolam.

Prosesnya cepat sehingga Anda bisa langsung mendapatkan air kolam yang jernih serta terbebas dari kotoran. Apabila kolam sudah bersih, maka akan menjadi lebih aman untuk digunakan.

Persiapan Untuk Melakukan Vacuum Kolam Renang

Vacuum kolam renang biasanya terdiri dari beberapa bagian. Untuk menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda persiapkan ketika akan melakukan proses vakum pada kolam renang, diantaranya :

1. Vacuum Head

Sesuai dengan namanya, vacuum head merupakan kepala dari vakum itu sendiri sehingga terdapat pada bagian atas dari vacuum. Fungsi dari vacuum head adalah untuk membantu vacuum untuk bisa mencapai dasar kolam renang. Dengan adanya vacuum head, maka memudahkan vacuum untuk menyedot kotoran lebih banyak.

2. Telescopic Handle

Telescopic handle juga tak kalah penting dalam melakukan vacuum. Telescopic handle difungsikan untuk bisa menjadi tongkat pegangan, sehingga Anda bisa menarik sekaligus mengulur alat vacuum.

3. Vacuum Hose

Vacuum hose berbentuk seperti selang spiral yang nantinya akan dihubungkan dengan pipa vacuum. Sehingga, bisa menuju mesin dan menjadi konektor vacuum head dan telescopic handle yang sudah disebutkan sebelumnya.

4. Pool Brush

Pool brush berupa sikat yang berfungsi untuk menyikat kolam renang. Dengan adanya penggunaan pool brush maka kolam renang akan menjadi lebih bersih ketika sudah di vacuum.

5. Leaf Skimmer

Jangan lupa untuk menyiapkan leaf skimmer untuk bisa menyerok daun-daun yang kerap kali berjatuhan pada air kolam. Daun perlu dibuang karena bisa mengotori kolam.

6. Test Kit

Ini merupakan alat tambahan yang bisa digunakan untuk mengukur pH sekaligus kadar chlorine yang terdapat di dalam air kolam renang. Penggunaan test kit bisa membantu mengetahui keadaan air kolam, apakah sudah aman atau belum.

Cara Melakukan Vacuum Kolam Renang yang Benar

1. Persiapkan Peralatan

alat perawatan kolam renang

Untuk membersihkan kolam renang dengan menggunakan vacuum, persiapkanlah berbagai alat perawatan kolam renang yang dibutuhkan. Peralatan-peralatan ini terdiri dari bagian vacuum seperti vacuum head, telescopic handle, vacuum hose, pool brush, leaf skimmer, dan test kit apabila diperlukan.

Peralatan-peralatan tersebut nantinya akan dihubungkan untuk menjadi satu kesatuan vacuum (terkecuali test kit).

2. Lakukan Instalasi Vacuum

instalasi vacuum kolam renang
menyambungkan vacuum head dengan vacuum hose

Alat-alat yang sudah disebutkan sebelumnya perlu dilakukan instalasi. Proses instalasi ini dapat dilakukan dengan mudah karena Anda hanya perlu menggabungkan masing-masing alat tersebut untuk menjadi kesatuan vacuum. Langkah-langkah penyambungannya sebagai berikut:

  1. Sambungkan vacuum head dengan vacuum hose (lihat gambar di atas)
  2. Sambungkan vacuum head dengan telescopic handle (lihat gambar di bawah)
  3. Sambungkan dengan lubang hisap (vacuum fitting)

Bila Anda merasa kebingungan, biasanya alat vacuum kolam renang akan dilengkapi dengan buku manual ketika pembeliannya.

menyambungkan vacumm head dengan telescopic handle
menyambungkan vacumm head dengan telescopic handle
vacuum hose disambungkan ke lubang hisap
vacuum hose disambungkan ke lubang hisap (vacuum fitting)

3. Matikan Mesin Kolam Renang

Sebelum melakukan proses vacuum, Anda perlu untuk mematikan mesin kolam renang. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu proses vacuum.

Kotoran akan diam ditempat atau mengendap sehingga akan mudah untuk dibersihkan dengan menggunakan vacuum.

Apabila mesin masih dinyalakan, ada kemungkinan kotoran-kotoran tersebut akan terus mengalir di kolam renang bersama dengan air.

4. Lakukan Pembersihan Permukaan Kolam

Untuk melakukan pembersihan permukaan kolam renang, Anda bisa menggunakan alat yang bernama leaf skimmer. Biasanya, kotoran yang terdapat pada permukaan berupa daun yang mengambang.

Dengan menggunakan leaf skimmer, kotoran yang terdapat pada permukaan akan lebih mudah untuk diambil dalam jumlah banyak sekaligus. Lakukan pembersihan permukaan kolam secara merata.

5. Lakukan Pembersihan Dasar Kolam

pembersihan dasar kolam
melakukan vacuum dasar kolam secara merata

Dasar kolam kerap kali dianggap sebagai bagian yang paling kotor. Hal ini wajar saja karena banyak sekali kotoran yang mengendap dan menempel pada bagian dasar kolam.

Penggunaan vacuum bisa membersihkan dengan maksimal kotoran-kotoran yang terdapat pada dasar kolam. Anda bisa memanfaatkan bagian vacuum yang bernama vacuum head untuk bisa menjangkau dasar kolam renang. Lakukan dengan perlahan pada bagian dalam dan pastikan dikerjakan dengan merata.

Untuk pembersihan bagian dasar kolam, bagian sudut-sudut dan bagian kolam yang sulit terjangau oleh vacuum head, Anda bisa bersihkan dengan menggunakan alat lainnya yang bernama pool brush.

Pool brush akan menyikat habis kotoran yang menempel pada dasar dinding kolam. Dengan begitu, kotoran-kotoran tersebut bisa diangkat dan dibersihkan dengan baik.

6. Kembalikan Penyetelan Ulang Mesin Kolam

penyetelan ulang pompa filter kolam renang

Apabila pembersihan permukaan dan dasar kolam sudah dilakukan hingga bersih dengan menggunakan vacuum, maka langkah selanjutnya disarankan untuk melakukan penyetelan ulang pada mesin kolam renang.

Mesin kolam renang sebelumnya dimatikan ketika proses vacuum sedang berlangsung. Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu menutup bagian pemipaan dan kemudian membuka balancing tank dan main drain.

7. Nyalakan Mesin

Apabila semua proses vacuum sudah dilakukan, Anda bisa menyalakan kembali mesin kolam renang. Dengan begitu, kini kolam renang Anda akan menjadi lebih bersih daripada sebelumnya.

Berbagai jenis kotoran sudah terangkat dengan baik. Tak hanya itu saja, air kolam renang pun akan menjadi lebih jernih karena ketika proses vacuum, air akan sekaligus dilakukan filtrasi.

Video Panduan Cara Vacuum

Bagaimana Bila Tidak Memiliki Peralatan Untuk Proses Vacuum Kolam Renang?

Meskipun proses pembersihan kolam renang dengan vacuum mudah, namun kerap kali beberapa orang belum bisa melakukannya sendiri karena keterbatasan alat.

Jika Anda tidak memiliki berbagai peralatan yang sudah disebutkan dan merasa tidak ada waktu untuk melakukan vacuum kolam renang sendiri, maka tak perlu khawatir.

Kini, sudah banyak penyedia jasa vacuum untuk kolam renang. Alat-alat yang dimiliki oleh penyedia jasa tentunya sudah lengkap dan mereka lah yang akan langsung mengerjakannya secara profesional.

Untuk memberikan hasil yang terbaik, pastikan untuk selalu memilih penyedia jasa vacuum kolam renang yang sudah terpercaya dan mempunyai reputasi yang bagus. Cara vacuum kolam renang yang benar akan diterapkan dengan baik oleh penyedia jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *