Waterproofing Kolam Renang

waterproofing kolam renang


Proses pekerjaan waterproofing kolam renang menjadi poin penting sebagai langkah antisipasi terjadinya kebocoran / rembesan. Kolam renang memang memang rentan dengan masalah kebocoran.

Kolam renang yang bocor bisa dengan mudah diketahui dengan melihat debit airnya. Air kolam renang yang mengalami pengurangan bisa jadi sebagai tanda bahwa kolam tersebut mengalami kebocoran.

Anda bisa memastikan kolam renang bocor dengan melihat apa yang menjadi penyebabnya. Dengan menemukan apa yang menjadi penyebab kebocoran, akhirnya kita akan lebih efektif untuk mengatasinya.  

Penyebab Kolam Renang Bocor

Kolam renang yang mengalami kebocoran/rembesan bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Penyebab yang paling umum, biasanya dikarenakan cara pengenatan dinding dan lantai yang tidak mengikuti standar prosedur. Pekerja tidak berpengalaman, tidak teliti dan tidak mengikuti petunjuk menjadikan hasil pekerjaan yang kurang baik.

Dinding dan lantai kolam renang dengan material keramik atau mozaik, sebaiknya lebih jeli dalam memperhatikan proses pengenatan dan cara aplikasi lapisan antio bocor (waterproof). Karena keramik satu dengan yang lainnya memang sangat perlu pengenatan.

Jika penerapan semennya kurang padat, maka bisa berpotensi menjadi menyebabkan terjadinya rembesan/kebocoran. begitu juga sebaliknya. jika semen nat terlalu cair, bisa menghasilkan nat tyang berongga dan berpotensi menjadi penyumbang faktor rembesan.

Untuk itu, pekerjaan pengenatan memang harus dilakukan dengan benar. Harus teliti sehingga tidak terjadi kebocoran. Anda bisa membaca tulisan kami tentang cara nat kolam renang yang baik dan benar.

Pada saat proses konstruksi bagian dasar kolam, waterproofing kolam renang harus dilakukan dengan salah satu tujuan untuk memastikan agar kolam renang tersebut tidak akan mengalami kebocoran dikemudian hari.

Proses waterproofing bisa dilakukan beberapa kali. Anda bisa mengaplikasikan waterproof setelah melakukan pengecoran atau setelah proses tes rendam beton. Biasanya proses tes ini dilakukan selama kurang lebih 5 hari berturut – turut dengan catatan selama prosesnya tidak terjadi hujan. 

Jenis Waterproofing kolam renang bisa dibedakan berdasarkan dengan bahan dasar yang digunakan. Diantaranya adalah bahan dasar semen, polimer hingga aspal. Masing – masing jenis Waterproofing ini memiliki kegunaan dan manfaatnya sendiri – sendiri.

Kebutuhan waterproofing kolam renang sebenarnya disarankan dengan bahan semen. Bahan ini bisa dikatakan cukup cocok, karena bisa tahan lebih lama terhadap tekanan air. 

Apa itu Waterproofing kolam renang?

Waterproofing kolam renang adalah salah satu proses pembuatan struktur kedap air yang mana dibuat sebagai bentuk penahan agar air tidak masuk dalam kondisi tertentu.

Dalam proses penerapannya di kolam renang, waterproofing ini memiliki peranan yang sangat vital. Diantaranya untuk mencegah terjadinya rembesan / kebocoran pada bagian dinding dan lantai kolam renang. 

Aplikasi waterproofing kolam renang diperlukan dengan tujuan untuk membuat lapisan dinding kolam renang jauh lebih kuat dari tekanan air. Ini dijadikan sebagai penambal dari keretakan cor pada lantai serta dinding kolam renang.

Bahkan tak jarang di kolam renang juga banyak yang menggunakan Waterproofing dengan tujuan selain menghindari kebocoran juga untuk menghambat pertumbuhan lumut, jamur dan flek hitam lainnya. 

Mengapa sangat penting melakukan Waterproofing kolam renang?

Pekerjaan waterproofing kolam renang merupakan tahapan yang sangat penting dalam pembuatan kolam renang.

Tidak hanya dibutuhkan pada kolam renang saja, waterproofing juga digunakan untuk bangunan mulai dari gedung perkantoran, hotel hingga tempat tinggal.

Selain itu, beberapa area pembangunan seperti toilet, balkon, saluran air, atap hingga basement juga banyak yang menggunakannya. 

Ada banyak sekali alasan mengapa waterproofing kolam renang sangat penting dilakukan. Yang utama adalah sebagai tindakan pencegahan agar tidak terjadi kebocoran.

Kita semua tahu bahwa biaya pembuatan kolam renang tidaklah murah, sehingga menerapkan langkah preventif sangat diperlukan. Salah satunya dengan mangaplikasikan pekerjaan waterproof ini.

Secara umum ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika bangunan tersebut sudah menggunakan waterproofing diantaranya adalah : 

  • Waterproofing sendiri bisa meningkatkan nilai bangunan atau properti. Ketika bangunan tersebut sudah tahan air, aman dan tidak mengalami kebocoran (rembes), tentu saja nilai bangunan ini akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tidak dilapisi lapisan anti bocor. Hal ini juga berlaku pada kolam renang
  • Waterproofing kolam renang sebenarnya membantu dalam memperpanjang usia dari bangunan. Dengan memanfaatkan waterproofing, setidaknya Kita bisa memiliki kolam renang yang lebih awet. Usia pemakaiannya jauh lebih panjang karena tidak mengalami kebocoran. Dengan tidak ada rembesan, tentu saja aliran jalur sirkulasi airnya berjalan dengan baik.
  • keuntungan lain yang bisa diperoleh ketika menggunakan waterproofing kolam renang ini adalah bisa menjaga dan mambah kekuatan struktur bangunan. 
  • Dengan adanya aplikasi waterproofing pada kolam renang, juga akan membantu dalam menjaga kolam renang agar bisa terhindari dari mudahnya tumbuh jamur dan kondisi yang lembab. Karena jamur dan lembab bisa menyebabkan bau tak sedap. Jelas memicu timbulnya beragam jenis penyakit. 

Jenis Waterproofing kolam renang

Jika melihat dari bahan utamanya, jenis waterproofing kolam renang dibagi menjadi tiga jenis. Diantaranya yaitu:

1. Waterproofing Polimer

Ini adalah salah satu jenis waterproofing yang dibuat dari bahan polimer tertentu. Waterproofing ini cocok untuk diaplikasikan pada lingkungan eksterior.

Kelebihan dari waterproofing jenis polimer ini adalah memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi dan bisa diterapkan secara umum. Tahan terhadap sinar ultraviolet dan memiliki banyak jenis warna.

Jenis waterproofing polimer ini sangat kurang cocok jika digunakan untuk waterproofing kolam renang karena waterproof jenis ini tidak kuat jika diterapkan pada area yang selalu terkena air.

2. Waterproofing Semen

Jenis waterproofing semen merupakan jenis waterproof yang paling banyak digunakan pada kolam renang. Sifat waterproofing ini memiliki kelebihan yang sangat cocok jika digunakan untuk area yang  selalu tergenang oleh air.

Biasanya, waterproofing semen ini dicampur dengan menggunakan bahan tambahan lainnya terlebih dahulu baru kemudian digunakan. Setelah dibuat dengan takaran yang tepat, waterproofing  semen ini bisa diterapkan di permukaan kolam renangnya. 

3. Waterproofing Aspal

Waterproofing Aspal merupakan jenis waterproofing yang sangat praktis karena bisa langsung digunakan. Kono waterproofing ini juga bisa di aplikasikan pada permukaan kolam renang. Bahkan bisa juga digunakan untuk dinding dan lantai dasar.

Perlu diketahui bahwa kami tidak pernah menggunakan waterproofing jenis ini dan tidak yakin dengan kekuatannya.

Waterproofing Aspal ini tidak disarankan untuk digunakan pada lingkungan yang outdoor karena waterproofing ini sama sekali tidak tahan terhadap paparan sinar ultraviolet.

Nah jika terpapar sinar UV dalam waktu yang lama biasanya akan menyebabkan waterproofing aspal ini mudah meleleh. Selain itu, warna waterproofing ini hitam pekat sehingga jarang yang menggunakannya.

Pada dasarnya, waterproofing kolam renang dilakukan dengan cara sistem coating. Ini menjadi solusi yang cocok untuk kolam renang yang bocor. Dengan pelapisan ini akan menjadi pelapis anti bocor terutama pada beton.

Proses waterproofing dengan sistem ini hanya bisa meminimalisir rembesan / kebocoran.

Panduan waterproofing kolam renang dengan Coating

Ada beberapa panduan yang harus anda lakukan untuk aplikasi waterproofing kolam renang dengan sistem coating diantaranya adalah :

  • Bersihkan seluruh permukaan kolam renang dengan kain lap atau spons basah. Jika diperlukan, bisa menggunakan kompresor untuk menyemprot bagian sela kolam renang yang sulit dijangkau sehingga hasilnya akan lebih bersih maksimal
  • Jika sudah bersih, selanjutnya biarkan agar kondisi area bear benar kerting, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan area sekitar 1 hingga 3 jam. Ini tergantung dengan kondisi lahan dan cuaca.
  • Jika area sudah kering, selanjutnya bisa mengaplikasikan bahan  waterproofing coating ini dibagian permukaan. Pastikan juga sudah memilih jenis waterproofing yang sesuai dengan spesifikasi dan karakter dari kolam renang tersebut.
  • Proses untuk pekerjaan waterproofing ini sangat mudah dilakukan. Penerapannya hampir sama dengan pekerjaan mengecat. Anda bisa menerapkannya dengan roller dan kuat. Jika ingin mendapatkan hasil waterproofing yang maksimal, aplikasikan dalam dua kali lapisan (2 kali penerapan).
  • Untuk proses pelapisan yang kedua, pastikan dikerjakan setelah lapisan pertama sudah dalam keadaan kering atau setengah kering lebih baik. Khusus untuk bagian sudut kolam renang diperlukan penebalan, boleh diberikan 3 kali waterproofing.

Sangat disarankan untuk mengaplikasikan screeding. Dengan tujuan untuk mendukung waterproofing agar bisa menahan tekanan dari air kolam. Proses screeding ini bisa dilaksanakan jika kondisi waterproofing sudah kering. Dengan demikian hasilnya akan lebih bagus. 

Memilih jasa waterproofing kolam renang?

Jika Anda merasa kesulitan dalam aplikasi waterproofing kolam renang sendiri, saat ini sudah tersedia banyak jasa waterproofing yang bisa dipilih. Saat memilih jasa ini ada baiknya untuk dilakukan pengecekan dengan melakukan beberapa tips berikut diantaranya adalah :

  1. Lakukan pengecekan harga yang ditawarkan
  2. Lakukan pengecekan berapa lama proses pekerjaan pelapisan anti bocor ( waterproofing ) dilakukan
  3. Jika memungkinkan minta mereka untuk melakukan proses survei lokasi bidang yang akan di kerjakan.
  4. Tanyakan kepada meraka, apakah mereka memberikan garansi untuk pekerjaan waterproofing ini. Misalnya jika kolam renang bocor lagi atau ada masalah lain terkait pekerjaan. Pastikan mereka memberikan layanan garansi yang jelas.

Waterproofing kolam renang adalah salah satu solusi yang bisa dipilih untuk mengatasi rembesan/kebocoran kolam renang. Tidak harus diakukan sendiri untuk melakukannya. Perusahaan jasa waterproofing kolam renang saat ini sudah menjamur. Anda hanya perlu memilih yang terbaik, sehingga tidak salah pilih dan hasilnya memuaskan. 

Banyak pilihan jenis meterial waterproofing yang bisa menjadi pilihan. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Waterproofing kolam renang sangat disarankan untuk menggunakan jenis semen dan dengan coating jika memang ada rembesan/kebocoran.

Jika Masih ada kesulitan terkait proses aplikasi waterproofing, silahkan diskusikan dengan tim ahli dari kami. Berikut ini kami tambahkan satu video dari kami terkait aplikasi waterproof kolam renang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply