Yuk Baca Apa Saja, 7 Manfaat Berenang untuk Anak

Manfaat 2BBerenang 2Buntuk 2Banak

Selain bermanfaat untuk orang dewasa, ternyata olahraga renang juga memiliki manfaat untuk anak-anak. Dan biasanya, hal tersebut dapat mudah dilakukan untuk diambil manfaatnya karena anak-anak cenderung lebih suka untuk bermain air. Sehingga, Anda sebagai orang tua atau pendamping dari anak-anak dapat menuangkan kesukaan anak tersebut dengan mengalihkannya pada kegiatan berenang. Akan tetapi, harus tetap dalam pengawasan ya…

Berenang merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan untuk mengolah pernafasan, membuat tubuh menjadi lebih rilekas, maupun hanya untuk sekedar melampiaskan hobi yang berkaitan dengan kegiatan berenang yang biasanya dimiliki oleh kebanyakan orang dewasa. Akan tetapi, keahlian serta hobi berenang juga ternyata banyak diminati oleh anak-anak yang tentunya juga memiliki dampak positif yang perlu Anda ketahui.

Nah, sebenarnya apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan berenang untuk anak-anak? Yuk baca apa saja manfaat berenang untuk anak berikut ini.

MANFAAT BERENANG UNTUK ANAK

1. Berenang dapat Mengatasi Depresi

Tahukah Anda bahwa berenang ternyata juga dapat memicu emosi positif pada anak sehingga mampu mengatasi depresi yang biasanya timbul akibat emosi negatif. Selain itu, sebagai orang tua atau pendamping tentunya sangat dianjurkan untuk mendorong anak dan mendampinginya dalam melakukan kegiatan berupa kegiatan renang karena hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan mental serta emosionalnya.

Kenapa demikian, Anda juga perlu tahu bahwa daya apung alami yang dimiliki air lebih rileks dibandingkan jenis olahraga lainnya. Selain itu, berenang juga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan sehingga hal tersebut dapat menjadi salah satu alasan kenapa berenang dapat dikatakan sebagai olahraga yang mampu mengatasi depresi. Bukankah hal tersebut sangat baik untuk kesehatan si buah hati?

2. Dijadikan Sebagai Bekal Keselamatan 

Perlu diketahui bahwa manfaat mengajarkan anak berenang hingga mahir bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya saja. Akan tetapi dapat pula menjadikan si anak sebagai perenang handal dan dapat dijadikan pula sebagai bekal keselamatan nantinya.

Nah, dengan mengajarkan si buah hati berenang hingga mahir, maka dapat mengurangi risiko jika secara tidak sengaja jatuh ke dalam kolam yang tidak dijaga atau terseret ombak di pantai ketika bermain di sekeliling pantai.

Sehingga, hal tersebut dapat membuat orang tua akan merasa lebih tenang jika mengajak anak bermain di pantai atau di kolam renang. Akan tetapi, meskipun demikian, tetap saja harus didampingi dengan pengawasan orang tua atau pendamping ketika anak-anak sedang bermain di sekeliling pantai atau di kolam renang.

Pasalnya, meskipun si anak mahir berenang, bukan berarti mereka sudah tidak membutuhkan pengawasan lagi ketika bermain dengan air apa lagi yang berkaitan dengan kegiatan selam menyelam.

3. Berenang dapat Menjaga Jantung Anak Supaya Tetap Sehat

Ternyata, dengan berenang dapat menimbulkan peningkatan kesehatan jantung dan juga paru-paru bagi siapa saja yang melakukannya. Termasuk anak-anak. Selain itu, dengan berenang juga dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibelitas pada anak.

Bahkan, jika anak rutin melakukan olahraga jenis ini, maka dipercaya mampu meningkatkan keseimbangan serta postur tubuh dari si anak yang melakukannya secara teratur. Dan menurut beberapa ahli, bahwa berenang merupakan salah satu jenis olahraga latihan kordiovaskuler yang sangat baik untuk dilakukan.

Perlu Anda ketahui lagi bahwa ternyata berenang merupakan salah satu cara untuk mencegah obesitas pada anak. Secara kita tahu bahwa yang namanya anak-anak merupakan masa di mana mereka berada dalam fase menyukai berbagai hal dan tidak suka dilarang. Termasuk makan makanan yang dapat menimbulkan obesitas bagi anak. Dengan berenang, Anda dapat menghapus kekhawatiran obesitas pada anak.

4. Berenang Dapat Mengatasi Radang Sendi

Kenapa berenang dapat mengatasi radang sendi pada tubuh seseorang? Hal tersebut dikarenakan ketika berenang semua aktifitas yang dilakukan mampu membantu mengurangi kekakuan serta ketidaknyamanan saat seseorang mengalami radang sendi yang mungkin diakibatkan dari berlari dan melompat. Sedangkan dengan berenang, maka adanya air di kolam renang tersebut membuat tubuh mengapung, mendukung berat badan, tulang belakang, sendi, dan juga otot pada seseorang termasuk anak-anak.

Manfaat Berenang untuk anak
liputan6.com

Bukan hanya itu, air juga berperan penting dalam memberikan ketahanan yang sangat baik untuk daya tahan otot serta untuk latihan kekuatan pada tubuh pula. Sehingga tidak heran jika berenang juga mampu mengatasi radang sendi yang dialami oleh kebanyakan orang pada umumnya yang jarang melakukan aktifitas berupa olahraga renang tersebut.

5. Berenang dapat Membantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Meskipun berenang merupakan olahraga yang mampu melatih seluruh tubuh karena seluruh anggota tubuh digerakan, akan tetapi olahraga yang satu ini mampu melatih kebugaran seluruh tubuh tanpa membuat stres pada sendi dan juga otot. Sehingga hal tersbeut membuktikan bahwa berenang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bahkan terdapat peneliti yang sudah menerbitkan hasil risetnya di jurnal internasional juga mengungkapkan bahwa berenang dapat memperpanjang usia. Pasalnya, pada umumnya perenang memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan para pelari, pejalan kaki, serta mereka-mereka yang memiliki gaya hidup statis atau begitu-begitu saja.

Bagaimana tidak, bahwa gaya hidup yang tidak aktif merupakan gaya hidup yang dapat meningkatakan risiko terjangkitnya penyakit jantung, diabetes, bahkan sampai pada penyakit membahyakan lainnya seperti kanker.

6. Berenang dapat Melatih Disiplin Anak

Sadarkah Anda bahwa mulai dari Anda mengajarkan renang pada anak, ternyata secara tidak langsung Anda juga melatih anak untuk mau tidak mau mendengarkan instruksi yang diberikan sehingga anak akan belajar mengikuti instruksi yang diberikan tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ saja, dengan mengikuti instruksi yang diberikan, maka nantinya anak juga akan belajar untuk mengikuti aturan yang diberikan bukan? Sehingga dengan demikian kedisiplinan juga akan dilatih secara tidak langsung.

Perlu kita semua ketahui, bahwa melatih kedisiplinan pada si buah hati sejak dini akan membuat anak semakin terbiasa dengan pola hidup disiplin. Maka dari itu, berikan instruksi serta peraturan yang baik dan benar ketika membimbing anak dalam berenang ya…

7. Berenang Mampu Melatih Keberanian Pada si Anak

Beberapa orang entah dewasa atau remaja masih ada yang takut dengan air. Dan hal tersebut juga salah satu sebab yang memicu seseorang tidak bisa berenang. Dengan demikian, jika sejak kecil seorang anak sudah diajari untuk berenang dan bermain air dengan cara berenang, maka si anak akan tumbuh tanpa disandingi dengan fobia air atau pun takut untuk berenang.

Dengan melatih keberanian anak sejak dini tentunya akan membuat anak akan tumbuh dengan mental kuat serta berani untuk menghadapi tantangan.

Bagaimana, apakah manfaat berenang untuk anak yang dijabarkan di atas masih mengurungkan niat Anda dalam membimbing anak belajar renang? Yuk ajari anak berenang supaya dapat menyerap berbagai macam manfaat yang ditimbulkan.

Leave a Reply